Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Pesona Wisata Sumber Sirah Kediri: Lokasi, Harga, dan Wahana Seru 

Penghilang penat ada di Kediri

Nindi Widya Wati

Kediri kini tak hanya dikenal sebagai kota tahu, namun juga makin diketahui masyarakat luas karena memiliki keindahan alam berupa wisata Sumber Sirah. Keberadaan destinasi berupa kolam alami ini, rupanya menjadi potensi lokal yang coba dikenalkan Pemerintah Kediri. 

Keberadaan destinasi wisata kiranya bisa mengembangkan perekonomian warga sekitar. Mereka yang berkunjung ke wisata Sumber Sirah tak hanya datang untuk berlibur, namun beberapa di antaranya datang untuk pertemuan komunitas seperti otomotif, pencinta burung, hingga kegiatan touring.

Ingin tahu informasi lebih lengkap mengenai wisata Sumber Sirah di Kediri? Selengkapnya, simak dalam artikel berikut ini, Bela!

Lokasi wisata Sumber Sirah

Dok. Internet

Wisata Sumber Sirah secara rinci berlokasi di Desa Kerkep, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri. Jika kamu berangkat dari pusat kota Kediri, akan menempuh jarak sekitar 14 km dengan jam buka setiap hari mulai pukul 08.00 - 06.00 WIB. 

Menurut pantauan Google Maps, saat mengendarai mobil akan menempuh waktu sekitar 29 menit dengan lalu lintas lancar. Sedangkan, jika kamu naik motor akan sampai di wisata Sumber Sirah dengan waktu sekitar 25 menit, jadi keduanya sama-sama hampir setengah jam.

Wahana bermain anak kecil – dewasa

Instagram.com / sumbersirah_kerkep

Saat tiba di lokasi, kamu dapat memilih area wahana. Di antaranya, ada kejernihan kolam renang dewasa yang airnya bersumber langsung dari sumber mata air. Saat ingin seru-seruan bersama si kecil, maka bisa mencoba area outbond yang memang tersedia untuk anak-anak. Jangan khawatir bagi kamu yang gemar memancing, wisata Sumber Sirah juga menyediakan tempatnya.

Instagram.com / sumbersirah_kerkep

Jika tak ingin basah-basahan, kamu bisa menikmati keseruan tempat karaoke yang ternyata memiliki pula tempat cukup lega, ataupun berkeliling ke rumah kelinci. Wisata alam ini terbilang jadi tempat yang cukup nyaman untuk melepas penat. Lantaran, lokasinya masih asri dikelilingi pepohonan berusia ratusan tahun dengan ukuran batang yang terlihat cukup besar.

Pohon rindang yang mengelilingi wisata Sumber Sirah, antara lain jenis pohon Abar, Trembesi, Bendo, Krau, Pule dan Ketepeng. Pepohohan berdiameter besar ini ternyata mampu memberi dampak baik guna menjaga kelestarian sumber airnya.

Harga tiket masuk sangat terjangkau

Dok. Internet

Tempat wisata yang resmi dibuka untuk umum pada awal tahun 2021 ini, menawarkan harga tiket masuk yang cukup ramah di kantung seharga Rp3.000 saja. Kalau kamu pergi ke sana membawa sepeda akan kena tarif parkir Rp2.000, jika naik motor Rp3.000, sedangkan naik mobil sebesar Rp5.000.

Wisata Sumber Sirah tak hanya memiliki sumber mata air yang bisa dinikmati paronama alamnya. Namun, sumber mata air di Sumber Sirah juga sedari lama mampu mengairi lahan pertanian warga hingga 30 hektar.

Bahkan meski musim kemarau, aliran air di Sumber Sirah tetap bisa menghidupi kebutuhan warga sekitar. Menyusul keberadaan wisata Sumber Sirah yang disambut baik olah masyarakat, dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Kerkep juga merencanakan beberapa area wisata sekitar akan dikembangkan. Nah, jika ingin mengetahui informasi lainnya, bisa mengunjungi laman Instagram @sumbersirah_kerkep.

Itulah, informasi terkait wisata Sumber Sirah yang kini jadi salah satu daya tarik pariwisata kota Kediri. Kamu pernah pula berkunjung ke sana, Bela? Tulis lewat kolom komentar, ya!

IDN Channels

Latest from Travel