Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Wisata di Pangalengan Bandung Terbaru 2024, Lagi Hits!

Pemandangannya indah

Nafi' Khoiriyah

Menjelajah wisata alam di Bandung rasanya tak ada habisnya. Di kawasan Bandung Selatan, ada wisata Pangalengan yang akhir-akhir ini sedang hits dan banyak dikunjungi. 

Kawasan Pangalengan ini sebenarnya dikenal sebagai salah satu penghasil susu sapi terbesar. Namun, di sekitarnya ternyata ada banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, dan kebanyakan adalah wisata alam. 

Supaya nggak penasaran, lihat deretan wisata di Pangalengan selengkapnya di bawah ini. 

1. Kampung Singkur

instagram.com/kampungsingkur

Pemandangan alam yang hijau dengan udara yang segar bisa kamu rasakan saat berkunjung ke Kampung Singkur. Lokasinya berada di tengah Hutan Pinus Rahong. 

Namun, di dalamnya terdapat banyak kegiatan yang bisa dilakukan, mulai dari camping, rafting, paintball, offroad, dan lain sebagainya. Para pengunjung nggak perlu bingung saat akan mencoba aktivitas karena semua tersedia dalam satu area.

Lokasi Kampung Singkur: Pulosari, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40378. 

2. Curug Penganten

instagram.com/curugpenganten

Seperti namanya, wisata di Pangalengan selanjutnya ini menawarkan pemandangan air terjun yang indah dan alami. Para pengunjung akan dibuat kagum dengan dua buah aliran air terjun yang saling berdampingan. 

Dikarenakan letaknya yang seperti berpasangan itulah mengapa air terjun ini disebut dengan Air Terjun Pengantin. Selain keindahannya, air terjun ini juga memiliki mitos yang menarik di baliknya. 

Lokasi Curug Penganten: Padaasih, Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat 40551. 

3. Perkebunan Teh Malabar

google.com/maps/Robert van Domburg Scipio

Perkebunan Teh Malabar menawarkan keindahan hamparan hijau kebun teh yang memiliki luas mencapai lebih dari 2000 hektare. Selain bisa menikmati pemandangan, pengunjung sekaligus bisa mendapatkan edukasi tentang proses pembuatan teh sampai siap minum. 

Tempat wisata ini juga merupakan peninggalan Bosscha, laki-laki asal Belanda yang mengelola perkebunan teh. Ada berbagai fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung saat berada di Perkebunan Teh Malabar, antara lain adalah tea tree walk, area permainan anak, dan kolam pemandian air panas alami. 

Lokasi Perkebunan Teh Malabar: Banjarsari, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40378. 

4. Situ Cileunca

google.com/maps/Rizky

Selain wisata pegunungan, kamu juga bisa menemukan wisata danau di Situ Cileunca. Pengunjung bisa bersantai di tepi danau, memancing, ataupun berlayar saat berada di destinasi ini. 

Daya tarik utama dari Situ Cileunca memang keindahan alamnya yang masih sangat asri. Danau ini juga dikelilingi oleh perbukitan hijau yang membuat pemandangannya makin indah. Fasilitas yang disediakan pun kini makin lengkap, ada river tubing, lake tour, hingga archery. 

Lokasi Situ Cileunca: Pulosari, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. 

5. Perkebunan Teh Cukul

google.com/maps/Rinnie Sutarto

Meski di Bandung ada banyak kawasan wisata kebun teh, tetapi Perkebunan Teh Cukul memiliki daya tarik tersendiri. Destinasi ini sedang hits karena suasananya yang indah, apalagi saat matahari terbit.

Jika kamu penggemar fotografi, maka wisata di Pangalengan yang satu ini tak boleh dilewatkan. Kamu bisa berburu foto sambil berjalan ke puncak bukit melewati pematang kebun teh di sini. 

Lokasi Perkebunan Teh Cukul: Jalan Cukul, Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40378.

6. Sungai Palayangan

google.com/maps/Fanti Ivy

Berada di kawasan objek wisata Situ Cileunca, Sungai Palayangan merupakan lokasi arung jeram yang paling populer di Bandung Selatan. Dibandingkan dengan sungai lainnya, air di Sungai Palayangan relatif stabil dan mengalir sepanjang tahun. 

Pemandangan di tepi Sungai Palayangan pun sangat indah karena dikelilingi oleh pegunungan. Sungai ini juga melewati kawasan wisata Danau Situ Cileunca, Kawasan Hutan Wisata Pinus Rahong, dan Perkebunan Teh Malabar. 

Lokasi Sungai Palayangan: Warnasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40378. 

7. Hutan Pinus Rahong

google.com/maps/Sirli Fitriani

Wisata di Pangalengan selanjutnya cocok dikunjungi bersama keluarga. Sebab, ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di Hutan Pinus Rahong. 

Aktivitas tersebut di antaranya adalah arung jeram, paintball, outbound, camping ground, dan flying fox. Selain itu, pengunjung juga bisa sekadar menikmati jejeran pohon pinus dan pemandangan kebun teh di Hutan Pinus Rahong. 

Lokasi Hutan Pinus Rahong: Pulosari, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40378.

8. Penangkaran Rusa Kertamanah

google.com/maps/Pratama Ryan

Jika kamu mengajak anak-anak saat berlibur ke Bandung, jangan lupa mampir ke Penangkaran Rusa Kertamanah. Di tempat ini, pengujung bisa bermain dengan rusa, mulai dari berfoto sampai memberi makan. 

Selain bermain bersama rusa, kamu pun bisa menikmati pemandangan alamnya yang indah di sepanjang perjalanan. Fasilitas yang tersedia pun sudah cukup lengkap untuk wisatawan yang ingin menghabiskan waktu di sini. 

Lokasi Penangkaran Rusa Kertamanah: Margamukti, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40378. 

9. Wayang Windu

google.com/maps/Agus Arip Nur Hidayat

Wayang Windu juga merupakan wisata alam yang berada di tengah hamparan kebun teh. Udara di sini sangat sejuk karena ketinggiannya yang berada di 1.800 meter di atas permukaan air laut. 

Nama wisata di Pangalengan tersebut diambil dari dua gunung yang mengitarinya, yakni Gunung Wayang dan Gunung Windu. Selain menikmati pemandangan, ada aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung lainnya, mulai dari berkemah, naik ATV, atau sekadar bersantai di gazebo.

Lokasi Wayang Windu: Tarumajaya, Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. 

10. Sunrise Point Cukul

google.com/maps/Sean Arden

Terakhir, Sunrise Point Cukul menjadi destinasi populer untuk melihat matahari terbit. Dari ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut, kamu bisa mengambil foto dari berbagai angle saat matahari terbit. 

Bukan hanya pemandangan matahari terbit saja, kamu juga bisa melihat pemandangan Galaksi Bima Sakti saat cuaca cerah di malam hari. Tak heran jika banyak orang yang camping di sekitar Sunrise Point Cukul. 

Lokasi Sunrise Point Cukul: Jalan Cukul, Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40378. 

Deretan tempat wisata di Pangalengan tersebut akan jadi tujuan liburan yang menyenangkan bersama keluarga dan kerabat. Kira-kira, destinasi mana saja yang akan kamu kunjungi? 

IDN Channels

Latest from Travel