Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Tempat Wisata di Banda Aceh Terbaik dengan Panorama Alam

Dari wisata air hingga perbukitan yang rindang, penasaran?

Mariana Politton

Keindahan panorama alam di Daerah Istimewa Aceh dapat dikatakan seperti permata yang bersinar di ujung jalan. Tidak heran, letaknya memang berada di ujung Pulau Sumatera dan menampilkan berbagai pilihan tempat wisata yang menakjubkan.

Mulai dari perbukitan rimbun hingga lanskap laut yang mempesona. Semua ini dapat kamu rasakan sambil mencicipi aneka ragam makanan khas Aceh yang istimewa. Kamu pun akan semakin tertarik untuk mempelajari budaya dan kehidupan penduduk lokal yang harmonis.

Sudah tidak sabar untuk merasakan pengalaman wisata tersebut di Aceh? Kamu pasti penasaran juga dengan tempat-tempat wisata apa saja yang paling memikat di Aceh, bukan?

1. Pantai Lhok Mee

atourin.com

Lokasi: Desa Lamreh, Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar

Berjarak sekitar 35 kilometer dari Banda Aceh, Pantai Lhok Mee menghadirkan pesona laut yang spektakuler dan khas Aceh. Selain hamparan pasir putih yang memikat, pantai ini juga memamerkan kejernihan air laut yang memantulkan warna cahaya langit di atasnya.

Sambil menyaksikan pemandangan tersebut, kamu juga dapat menikmati aneka ragam makanan dan minuman khas Aceh di sekitar lokasi. Pasalnya, terdapat sejumlah warung lokal yang memungkinkan pengunjung untuk berinteraksi dengan penduduk lokal yang ramah.

2. Danau Laut Tawar

yopiefranz.com

Lokasi: Takengon, Kabupaten Aceh Tengah

Berada di atas Daratan Tinggi Gayo, Danau Laut Tawar memamerkan panorama alam yang megah serta memadukan keindahan danau yang luas, langit yang bersinar, dan perbukitan hijau yang mempesona. Tak terkecuali, binatang-binatang yang dapat menampakkan diri.

Sebagai rekomendasi, kamu dapat menikmati keindahan alam di Danau Laut Tawar ini dengan menyewa kapal untuk berlayar di tengah danau. Hal ini akan menjadi pengalaman eksklusif dan berbeda dari biasanya, memberikan kesan liburan yang tak terlupakan.

3. Air Terjun Pria Laot

safariwisata.co.id

Lokasi: Gampong Batee Shok, Sabang

Untuk mencapai Air Terjun Pria Laot, kamu memang harus melewati batuan terjal dan menyeberangi sungai terlebih dahulu. Namun, pengalaman ini akan terbayarkan seketika sampai di lokasi karena Air Terjun Pria Laot menghadirkan wisata air terbaik.

Bayangkan saja! Di Air Terjun Pria Laot ini, terdapat sebuah kolam dengan luas sekitar 10 meter persegi di bawah derasnya air terjun yang menakjubkan. Diketahui kedalamannya mencapai sekitar satu sampai satu setengah meter, sehingga tidak cukup berbahaya tetapi wajib mengawasi satu sama lain, khususnya anak kecil.

4. Pulau Rubiah

getlost.id

Lokasi: Sabang

Sebuah surga tersembunyi di antara bentangan laut luas dapat kamu temukan di Pulau Rubiah. Berada di ujung atas Pulau Sumatera, tempat ini masuk dalam wilayah Kota Sabang yang terkenal akan pemandangan bawah lautnya serta perpaduannya dengan cahaya langit yang memikat.

Tempat ini diketahui telah menjadi rumah dari setidaknya 14 biota laut yang dilindungi. Kamu pun dapat menikmati keindahannya dengan melakukan kegiatan menyelam di mana tersedia penyewaan alat-alat menyelam di Pulau Rubiah seharga mulai dari Rp400.000 per orang.

5. Goa Sarang

pariwisataindonesia.id

Lokasi: Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Kabupaten Aceh Besar

Goa Sarang dapat menjadi pilihan terbaik untuk wisata alam yang memberikan kesan menemukan permata tersembunyi. Dengan lanskap alam yang memukau, mulut goa menghadap laut untuk memamerkan keindahan alamnya yang mempesona.

Sebagai informasi, Goa Sarang adalah tempat yang dipenuhi sarang burung walet sesuai namanya sehingga memberikan penampakan yang unik. Sisanya, kamu dapat menikmati kejernihan air laut serta pepohonan hijau dan bebatuan yang mengelilingi tempat ini dengan sempurna.

6. Gunung Jaboi

bengkuluekspress.disway.id

Lokasi: Desa Jaboi, Kecamatan Sukajaya

Gunung Jaboi siap memberikan pengalaman liburan yang menyatu dengan alam sekaligus kegiatan pendakian yang tidak cukup berat. Pasalnua, Gunung Jaboi memiliki ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut (mdpl) yang menjadikannya tidak begitu tinggi tetapi tetap menantang.

Dalam perjalanan pendakian, pemandangan alam khas Aceh yang mempesona akan kamu saksikan secara langsung. Lalu, tidak ada salahnya jika kamu mempertimbangkan kunjungan ke Gunung Leumo di Desa Berawang yang terhubung langsung dengan Gunung Jaboi.

7. Buntul Rintis

kumparan.com

Lokasi: Desa Tensaren, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah

Mengunjungi destinasi wisata perbukitan tentu akan memamerkan pemandangan alam yang asri dan menyejukkan. Namun, Buntul Rintis memberikan pengalaman lain yang unik, yakni beberapa wahana menarik serta spot foto dengan ragam konsep.

Spot favorit bagi para pengunjung yang sudah menikmati wisata Buntul Rintis, antara lain sepeda gantung, replika kincir angin khas Belanda, dan spot kupu-kupu yang tidak kalah menarik. Masing-masing memamerkan hasil foto terbaik sekaligus menciptakan kesan yang berbeda.

Dengan demikian, kamu sudah mengetahui tempat-tempat wisata di Aceh. Kamu pun ingin segera mengunjungi masing-masing tempat tersebut, bukan? Dengan doa dan perencanaan yang matang, wisata impianmu di Aceh pasti akan terwujud di waktu yang tepat.

IDN Channels

Latest from Travel