Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Hempas Was-was, Ini 4 Hacks Belanja Online

Sudah tahu fitur Return-Refund?

Lazada

Siapa sih yang nggak pernah belanja online? Saat ini kayaknya sudah jadi budaya. Nyaman dan mudah jadi keuntungan. Tapi, ada juga pengalaman buruk saat belanja online seperti barang yang tidak sesuai keinginan, kejahatan siber seperti penipuan dan pencurian data pribadi. 

Nah, kamu juga harus waspada nih Bela kalau berbelanja di e-commerce kesayanganmu. Selain itu banyak platform sekarang juga telah mengantisipasi dan meminimalisir kejadian-kejadian negatif seperti itu. Apa saja sih Bela? Keep scrolling

1. Selalu pahami hak dan kewajiban konsumen

123rf.com/alexskopje

Ini penting banget, Bela. Kamu harus paham hak dan kewajiban kamu sebagai konsumen. Pada dasarnya sih setiap e-commerce memiliki aturan yang sama. Mungkin yang bikin berbeda adalah fitur-fiturnya.

Di era digital, konsumen seperti kita wajib hak dan kewajiban seperti yang diatur dalam UU No. 8 Tahun 1999. Dan sebenarnya sangat menguntungkan konsumen kok. Apalagi perkembangan layanan dan fitur e-commerce saat ini makin bikin konsumen punya pengalaman yang praktis dan efisien belanja online

2. Hubungi call center jika ada keraguan dan tidak bertransaksi di luar platform

123rf.com/peopleimages12

Tapi memang kadang ada beberapa kondisi yang bikin kamu ragu-ragu saat bertransaksi dengan seller di platform. Bela bisa lho hubungi call center, menanyakan berbagai hal yang relate dengan transaksimu atau belanjamu. 

Dan yang paling penting saat kamu diajak untuk bertransaksi di luar platform, please jangan mau ya. Udah pasti itu scam atau penipuan yang bisa merugikan kamu. Pastikan Bela bertransaksi di dalam platform. Oke?   

3. Selalu memahami update terbaru dari platform

123rf.com/mkstudio1

Sebagaimana aplikasi pada umumnya, platform belanja online kesayanganmu juga pasti selalu update. Entah untuk update tampilan, fitur, atau bahkan diskon dan kebijakan terbaru. 

Untuk mewujudkan ekosistem ekonomi digital yang sehat, penting buat Bela mendapatkan informasi yang tepat mengenai peraturan serta update terbaru ketika berbelanja online. Biasanya akan ada notifikasinya kok. Wajib dibuka, dibaca, dan dipahami ya, Bela!

4. Pahami fitur platform, seperti Return-Refund

Dok. Lazada

Salah satu contoh fitur platform yang wajib Bela tahu adalah sistem layanan pengembalian produk (return refund) di platform e-commerce Lazada, di mana layanan tersebut dapat menjadi contoh layanan yang mengutamakan kemudahan bertransaksi bagi konsumen dan penjual yang terlibat. 

Peraturan pengembalian produk ini juga telah diperbarui di mana periode pengembalian  diperpanjang dari 15 ke 30 hari untuk LazMall dan kini berlaku untuk penjual di luar LazMall, dimana pengembalian barang bisa dilakukan dalam kurun waktu 7 hari.

Jadi, Bela bisa kembalikan produk atau barang yang telah dibeli. Bahkan setelah mengkonfirmasi barang telah diterima. Pengembalian barang hasil belanja online bermanfaat karena bisa membantu kamu membuat pilihan yang paling tepat untuk mereka dan menjawab kekurangan platform online yang tidak bisa melihat barangnya secara fisik.

Meski fitur ini hadir untuk memuaskan konsumen, fitur ini juga tidak sepatutnya sampai merugikan penjual, di mana pihak platform juga pasti sudah memikirkan benar sebelum memperkenalkan fitur ini. Kita sebagai konsumen juga memiliki kewajiban untuk membaca dan mengikuti petunjuknya, ya! 

Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut kamu bisa cek di sini, ya! Ingat selalu untuk menjadi konsumen yang cerdas dan memahami berbagai hak dan kewajiban. (WEB/BAP)

IDN Channels

Latest from News