Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Makanan Khas Kalimantan Selatan yang Unik tapi Lezat

Menggugah selera

Nafi' Khoiriyah

Sebagai rumah bagi suku Banjar, Kalimantan Selatan memiliki berbagai kuliner khas yang menarik untuk dicoba. Mulai dari makanan berat hingga camilannya, semuanya sayang untuk dilewatkan. 

Salah satu kawasan yang terkenal di Kalimantan Selatan adalah Banjarmasin. Sementara kuliner yang mungkin sudah dikenal sampai keluar daerah adalah soto Banjar. 

Namun bukan hanya itu saja, ada banyak makanan khas Kalimantan Selatan lain yang menarik untuk dicoba berikut ini. 

1. Soto Banjar

wikipedia.org

Kuliner pertama ini mungkin sudah pernah kamu coba di wilayah lainnya. Namun, kurang afdal rasanya jika belum menjajal soto Banjar di tempat makanan ini berasal. 

Soto Banjar merupakan hidangan khas suku Banjar di Kalimantan Selatan yang dibuat dengan bahan daging ayam suwir, rebusan telur, dan potongan ketupat. Kemudian, bumbunya adalah aneka rempah-rempah, seperti pala, cengkih, dan kayu manis sehingga membuatnya sangat lezat dan menggugah selera.

2. Pundut

wikipedia.org

Makanan khas Kalimantan Selatan selanjutnya biasanya disajikan untuk sarapan dan disantap dengan lauk tertentu. Pundut merupakan makanan yang berasal dari beras dan dikukus dengan santan dan kuah merah, lalu dibungkus dengan daun pisang. 

Cita rasanya yang khas berasal dari lemak santan yang ada di dalamnya. Biasanya, pundut disajikan dengan lauk telur bebek, ikan haruan, atau ikan papuyu.

3. Ketupat Kandangan

wikipedia.org

Di Kalimantan Selatan memang banyak makanan khas yang menggunakan ketupat, termasuk ketupat kandangan ini. Seperti namanya, ketupat ini berasal dari daerah Kandangan. 

Namun perbedaannya dengan ketupat lainnya adalah dengan penggunaan ikan haruan atau gabus sebagai menu pelengkapnya. Ikan tersebut dipanggang dulu sebelum dimasak dengan santan dan disiram pada ketupat. 

4. Iwak pekasam

wikipedia.org

Iwak pekasam sebenarnya merupakan makanan khas Kalimantan Selatan yang dibuat dengan cara diawetkan. Jadi, ikan hasil tangkapan nelayan kemudian dicuci bersih lalu ditaburi garam. 

Setelah itu, ikan yang sudah diperam kemudian dicampur dengan taburan beras dan digoreng. Ikan yang dijadikan pekasam itu bisa jenis apa saja, tetapi yang paling banyak dipakai adalah pekasam anakan ikan dan pekasam papuyu. 

5. Mandai

wikipedia.org

Makanan yang selanjutnya dibuat dari kulit buah cempedak yang digoreng atau ditumis. Cara membuatnya adalah dengan mengambil kulit cempedak di bagian dalamnya yang berwarna putih. 

Setelah itu, kulit cempedak dibersihkan dan direndam dengan air garam. Setelah direndam kemudian dicuci lagi, diperas, dan dipotong kecil sebelum digoreng. Cita rasanya asam dan asin membuatnya banyak digemari. 

6. Gangan humbut

yummy.co.id

Sering dijadikan sebagai menu wajib saat hajatan, makanan khas Kalimantan Selatan ini merupakan sayur tradisional yang punya cita rasa manis, asin, dan gurih. 

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat hidangan ini adalah labu dan batang kelapa muda atau humbut. Labu dan humbut tersebut kemudian diolah dengan ikan gabus yang dipanggang di atas arang. 

7. Sate tulang

cookpad.com

Mendengar nama makanan khas Kalimantan Selatan yang satu ini mungkin membuatmu bertanya-tanya. Namun, sate ini sebenarnya bukan dari tulang melainkan dari bagian ayam yang tidak terpakai seperti leher, lemak, dan kulit. 

Bagian ayam itu lalu ditusuk dan dipanggang dengan metode masak habang khas Kalimantan Selatan. Tak ketinggalan, cabai menjadi bumbu utama dalam makanan ini. 

8. Kalangkala

wikipedia.org

Kalangkala merupakan buah yang berasal dari Kalimantan berbentuk bulat mirip dengan terong. Buah tersebut kemudian dibuat menjadi makanan khas Kalimantan Selatan yaitu sayur kalangkala. 

Cara pembuatan sayur ini sangat mudah. Terlebih dahulu buah direndam dalam air hangat. Setelah itu, buah kemudian diolah dan diberi dengan garam, cabai, dan penyedap rasa sebelum dinikmati. 

9. Amparan tatak

endeus.tv

Beralih dari makanan berat, kali ini ada kue tradisional amparan tatak yang berbuat dari pisang. Kue ini dibuat dengan tepung beras, santan, gula, dan pisang. 

Bukan hanya manis saja, cita rasa amparan tatak juga gurih sehingga makin lezat. Hampir mirip dengan nagasari, tetapi amparan tatak disajikan dalam loyang besar atau dipotong segitiga. 

10. Lontong Banjar

cookpad.com

Terakhir, lontong Banjar adalah makanan khas Banjarmasin yang menjadi favorit wisatawan. Lontong di sana berbeda dengan lontong di daerah lainnya karena disajikan dengan potongan nangka muda dan habang. 

Untuk bumbunya, hidangan ini dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, dan gula. Salah satu lontong Banjar legendaris yang bisa kamu temukan adalah Lontong Orari. 

Masing-masing makanan khas Kalimantan Selatan di atas menawarkan cita rasa unik yang menggugah selera. Kalau melihat deskripsi dan gambarnya di atas, mana makanan yang paling bikin kamu penasaran? 

IDN Channels

Latest from Food