Roblox merupakan salah satu game online di Android dan iOS yang semakin digemari anak-anak, terutama bagi kalangan gamer muda di bawah usia 18 tahun. Game online gratis ini memungkinkan para pemainnya untuk merancang permainan mereka sendiri, sekaligus memainkan kreasi permainan dari pemain lain.
Game yang tersedia dalam banyak bahasa ini juga memungkinkan pemainnya untuk berkolaborasi dengan para pemain lain di seluruh dunia untuk merancang permainan.
Melansir dari CNBC, CEO Roblox, David Baszucki, menyatakan bahwa sejak berdirinya Roblox pada tahun 2004, ia telah menerapkan konsep metaverse ketika merancang game tersebut, yang melibatkan dunia virtual interaktif untuk mengumpulkan para pemain sekaligus perancang game di seluruh dunia.
Pendiri Roblox ini kerap menerapkan berbagai perubahan untuk menghasilkan game online terbaik yang disukai anak-anak. Berikut adalah sederetan fakta pembuatan Roblox yang jarang diketahui, salah satunya tentang sejarah berdirinya perusahaan Roblox Corporation.
1. Berawal dari mendirikan perusahaan 'Knowledge Revolution'
Melansir dari blog resminya, ide pembuatan Roblox muncul pertama kali ketika David Baszucki mendirikan sebuah perusahaan bernama Knowledge Revolution. Perusahaan tersebut kemudian diakuisisi oleh MSC.Software.
Transisi ini juga memberikan David Baszucki dan rekan-rekannya sebuah kebebasan untuk menghasilkan ide-ide baru, menarik dan inovatif. Bersama dengan rekan bisnisnya bernama Erik Cassel, ia akhirnya mampu menciptakan terobosan baru. Inilah kisah di balik penciptaan konsep game Roblox.
2. Konsepnya juga dikembangkan di dalam kantor yang terletak di Menlo Park, California
Erik Cassel dan David Baszucki tetap bersahabat untuk waktu yang lama. Menjelang beberapa tahun berkontribusi bagi MSC. Software, mereka memiliki visi untuk menangani proyek baru. Kegemaran mereka terhadap mata pelajaran Fisika membawanya mencitakan sebuah permainan yang menyenangkan bagi anak-anak.
Inspirasi menciptakan permainan ini muncul pada tahun 1997, ketika mereka sedang bekerja keras di sebuah kantor yang berlokasi di Menlo Park, California. Kantor tersebut merupakan 'markas' tempat mereka memantapkan konsep gamenya sebelum diluncurkan dan dibawakan ke dunia nyata.
3. Awalnya diluncurkan pada tahun 2004 sebagai 'Dynablocks'
Roblox pertama kali dirilis pada tahun 2004 sebagai Dynablocks. Namun, masih sebagai beta yang hanya terbuka bagi pemain tertentu termasuk pengembangnya sendiri untuk mengumpulkan kritik dan saran. Setahun setelah itu, mereka akhirnya menerima lebih banyak orang untuk bermain game tersebut.
Sehingga, beberapa saat setelah mengumpulkan kritik dan saran, mereka menyimpulkan bahwa nama game 'Dynablocks' tidak mudah diingat oleh para pemain, terutama bagi pengguna anak-anak. Maka, mereka pun memutuskan untuk mengubah namanya menjadi Roblox pada akhir tahun.
4. Resmi diluncurkan pada tahun 2006
Roblox akhirnya resmi diluncurkan pada tahun 2006 dan bebas dimainkan siapapun. Kebebasan merancang game juga diberikan kepada para pemain, tidak hanya bagi para pengembang game yang bertanggung jawab atas pembuatannya.
Kebebasan ini yang merupakan salah satu alasan mengapa Roblox bisa begitu populer, karena membuka pintu bagi para pemain muda untuk mentransformasi imajinasi mereka menjadi kenyataan.
5. Logonya sering diubah
Salah satu perubahan yang dilakukan perusahaan Roblox Corp. adalah transformasi logo secara berkala. Mulai dari warna font, jenis font, hingga nama gamenya pun diubah seiring berjalannya waktu.
Perubahan terbaru di tahun 2017 hadir untuk menyajikan tampilan dan nuansa yang lebih modern untuk mengikuti perkembangan zaman. Warnanya yang awalnya mengikuti nuansa pelangi Google, diubah menjadi warna merah dan hitam tunggal.
6. Dimulai dari ketertarikan David Baszucki dengan mainan konstruksi
Ketertarikan David Baszucki dengan mainan konstruksi sejak kecil juga berperan dalam pembuatan Roblox. Maka, konsep dunia virtual Roblox pun terinspirasi dari mainan konstruksi seperti Lego, dan digabungkan dengan fitur-fitur media sosial untuk berkomunikasi dengan sesama pemain.
David Baszucki pada dasarnya memiliki visi untuk menciptakan sebuah permainan yang memungkinan pemainnya untuk menggunakan imajinasi mereka sendiri untuk membangun, dan menghabiskan waktu bersama teman-teman mereka di dunia virtual.
7. Konsep Roblox juga berasal dari simulator Fisika
David Baszucki yang menciptakan game tersebut awalnya merancang sebuah program fisika untuk mendukung pembelajaran di kelas. Programnya adalah sebuah game 2D yang disebut Interactive Physics and Working Model, tetapi mereka memperhatikan bahwa para pelajar yang bermain game tersebut menganggapnya lebih dari sebuah permainan.
Berbagai pencerahan pun akhirnya didapatkan para pendiri Roblox. Mereka memutuskan untuk mengubah konsep fisika yang sama menjadi sebuah game yang mampu menghasilkan keuntungan, sehingga terciptalah game Roblox.
8. Pekerja perusahaan banyak yang berasal dari 'Knowledge Revolution'
Para pekerja yang menghasilkan ide-ide baru dan berkontribusi bagi peluncuran Roblox kebanyakan berasal dari Knowledge Revolution. David Baszucki merekrut beberapa mantan karyawan Knowledge Revolution, dan dari lingkaran pertemanannya untuk mencari lulusan terbaik yang menjanjikan. Pendiri Roblox ini begitu disegani sebagai sosok yang mampu membawa ide-ide terbaik menjadi kenyataan.
9. Anak-anak menemukan hal-hal yang sebelumnya tidak diketahui para pendiri game
Salah satu fakta unik tentang pengembangan game Roblox adalah, anak-anak yang bermain tampaknya lebih memahami gamenya dibandingkan pengembangnya. Melalui blog resminya, Erik Cassel menyatakan bahwa ketika edisi multiplayer pertama kali dirlis, anak-anak menemukan sebuah fakta bahwa mereka dapat saling 'menggendong' karakter lain ketika berjalan ke suatu tempat di dalam gamenya. Para pengembang awalnya tidak memahami aspek permainan ini sebelumnya.
10. Roblox terus dikembangkan
Roblox terus berkembang menjadi game yang lebih baik. Awalnya hanya tersedia melalui Xbox dan PC, namun sekarang Roblox sudah tersedia untuk diunduh melalui Play Store di Android dan App Store di iOS.
Mereka juga memberikan kesempatan bagi para content creator untuk mempromosikan Roblox dan menghasilkan pendapatan. Sehingga, kita bisa menemukan banyak video-video YouTube para gamer yang bermain Roblox, salah satunya Thinknoodles yang memiliki sekitar 8 juta subscribers. Strategi ini menunjukkan bahwa para pendiri akan terus mengembangkan Roblox menjadi game yang lebih baik bagi para pemain di seluruh dunia.
Itulah 10 fakta mengenai pembuatan game Roblox yang jarang diketahui. Perusahaan sepatu Nike bahkan telah menggaet Roblox dan merancang sebuah ruangan digital yang bernama 'Nikeland'. Ini memungkinkan para pemain untuk melengkapi avatar mereka dengan produk-produk Nike. Apakah kamu pernah bermain Roblox sebelumnya, Bela?