Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Profil Sinéad O' Connor, Musisi Irlandia yang Wafat di Usia 56 Tahun 

Seorang aktivis dan mualaf 

Reyhan Putri

Musisi dan aktivis asal Irlandia, Sinead O' Connor, meninggal dunia di usia 56 tahun pada Rabu, (26/07). Kabar itu disampaikan langsung oleh pihak keluarga Sinead melalui siaran dari BBC dan RTE. Hingga saat ini, belum diketahui penyebab kematian dari musisi tersebut dan keluarga juga meminta privasi dalam masa berduka ini.

Meski mencetak prestasi gemilang selama berkarier sebagai musisi, Sinead juga sangat vokal terhadap isu perempuan, Hak Asasi Manusia (HAM), kekerasan terhadap anak, serta isu politik. Beberapa kali namanya juga menjadi perbincangan publik lantaran kontroversi yang menjerat namanya. Simak profil Sinead O' Connor yang sudah Popbela rangkum di sini.

1. Bernama asli Sinéad Marie Bernadette O'Connor, Ia lahir di Dublin, 8 Desember 1966 dan merupakan anak ketiga dari lima bersaudara.

Associated Press/AP Photo

2. Sinéad memiliki masa kecil yang sulit. Setelah mencuri dan bolos saat umur 15 tahun, ia ditempatkan di Grianán Training Centre. Dari sana ia belajar bermain gitar dan menulis lagu.

cbc.ca/Reuters: Shannon Stapleton

3. Di tahun 1987, album perdananya, The Lion and The Cobra berhasil menarik perhatian publik. Bahkan Sinéad juga mendapatkan nominasi Best Female Rock Vocal Performance di Grammy Awards.

commons.wikimedia.org/Man Alive!

4. Nama Sinéad semakin melambung setelah merilis album keduanya, I Do No Want What I Haven't Got. Salah satu lagunya yang bertajuk "Nothing Compares 2 U" meraih posisi satu di tangga lagu dunia.

5. Di samping merilis karya musik, Sinéad merupakan seorang aktivis yang vokal terhadap isu perempuan dan anak-anak, HAM, dan politik

cbc.ca/The Associated Press: Collin Reed

6. Ia pernah terjerat kontroversi usai merobek foto Paus John Paul II saat tampil di acara TV Saturday Night Live. Akibatnya, Sinéad dilarang tampil di acara tersebut seumur hidup

apnews.com/AP Photo

7. Di tahun 2018, ia masuk Islam dan menjadi seorang mualaf. Gaya penampilannya pun berubah drastis. Sinéad mengubah namanya menjadi Shuhada' Sadaqat. Namun, ia masih menggunakan nama aslinya saat manggung.

apnews.com/AP Photo

8. Sinéad harus kehilangan anak remajanya, Shane yang meninggal usai dinyatakan hilang selama dua hari. Akibat insiden ini, ia harus membatalkan semua penampilannya di tahun 2022.

cbc.ca/The Associated Press: Marilia Ogayar

9. Melalui laporan yang disampaikan oleh pihak keluarganya, Sinéad O' Connor dikabarkan meninggal dunia di usia 56 tahun pada Rabu, (26/07). Hingga saat ini, belum diketahui penyebab kematian sang musisi.

apnews.com/Casper Dalhoff

Popbela turut berduka cita atas wafatnya musisi Sinéad O' Connor. Semoga karyanya bisa terus melegenda dan dinikmati masyarakat.

IDN Channels

Latest from Working Life