Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Manfaat Glycolic Acid dalam Skincare untuk Kulit, Bisa Mencerahkan!

Banyak manfaatnya

Nafi' Khoiriyah

Glycolic acid adalah jenis Alpha Hidroxy Acid yang merupakan asam alami yang ditemukan dalam makanan. Glycolic acid berasal dari tebu yang berguna untuk membuang lapisan atas sel kulit mati. 

Manfaat glycolic acid untuk kulit cukup banyak, di antaranya bisa membantu mengatasi kerusakan kulit akibat sinar matahari. Untuk mengetahui manfaat glycolic acid selengkapnya, simak pembahasan di bawah ini. 

1. Menyamarkan garis halus

pexels.com/cottonbro studio

Salah satu manfaat utama dari glycolic acid adalah bisa mengurangi garis halus dan kerutan. Cara kerja zat ini adalah dengan mengelupas lapisan atas kulit. Konsentrasi glycolic acid yang konsisten bisa meminimalkan tampilan kulit yang menua akibat sinar matahari. 

Menurut studi klinis, formula glycolic acid dengan konsentrasi 8% menunjukkan perbaikan signifikan pda keseluruhan kulit yang rusak akibat sinar matahari. Formula tersebut bisa secara signifikan memperbaiki garis halus setelah 22 minggu. 

2. Membantu mengatasi jerawat

freepik.com/freepik

Pemilik kulit berjerawat bisa mengatasi permasalahannya dengan menggunakan glycolic acid. Manfaat glycolic acid untuk kulit yang berminyak dan rentan berjerawat itu bisa mengelupas sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat. 

Penelitian menunjukkan efek pengelupasan terjadi dengan cepat dan memperbaiki semua jenis jerawat. Jerawat yang bisa terkelupas dengan cepat antara lain adalah jerawat komedo yang terjadi karena pori-pori tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. 

3. Memudarkan bekas jerawat

freepik.com/freepik

Dikarenakan glycolic acid bisa mengatasi jerawat dan menembus jaringan kulit dalam, noda hitam yang mengganggu akibat jerawat pun bisa memudar secara perlahan dengan bahan tersebut. Studi menunjukkan kalau kandungan glycolic acid dan retinoic acid untuk memudarkan bekas jerawat. 

Hasilnya menunjukkan bahwa kedua zat tersebut bisa mengurangi bekas jerawat yang signifikan pada hampir seluruh pasien yang mengikuti uji coba. Sebab, kandungan di dalam glycolic acid bisa mempercepat pergantian sel. 

4. Membersihkan pori-pori

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kandungan skincare memang tidak ada yang bisa benar-benar mengecilkan pori-pori. Namun, manfaat glycolic acid ini adalah membuat kulit tidak tersumbat minyak maupun sel kulit mati. Pori-pori pun akan tampak lebih kecil karena kandungannya membuang sel kulit mati yang terperangkap di dalamnya. 

Artinya, glycolic acid pun juga bisa mencegah timbulnya jerawat karena jerawat biasanya timbul akibat tersumbat oleh minyak atau kotoran. Asam ini bahkan bisa membantu mencegah rambut tumbuh ke dalam kulit yang tersangkut di dalam sel kulit. 

5. Melembapkan kulit

pexels.com/Anna Tarazevich

Penggunaan glycolic acid juga bisa melembapkan karena zat ini dikategorikan sebagai humektan yang menarik molekul air ke dirinya sendiri. Maka dari itu, pemakaiannya bisa membuat kulit terasa terhidrasi. Kandungannya juga dapat mengencangkan kulit dan mencegah kulit kering. 

6. Memudarkan hiperpigmentasi

freepik.com/lookstudio

Terakhir, manfaat lainnya dari glycolic acid bisa memudarkan hiperpigmentasi. Hal itu bisa memudarkan bintik hitam yang disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari. Hiperpigmentasi terjadi karena permukaan kulit berubah warna menjadi gelap. 

Nah, glycolic acid akan membantu menghilangkan sel kulit yang lebih gelap dari permukaan untuk memperlihatkan lapisan kulit yang baru. Namun, manfaat tersebut bisa diwujudkan dengan penggunaan glycolic acid secara teratur. 

Itu dia manfaat glycolic acid yang bisa mengatasi berbagai masalah kulit. Kamu mungkin menemukannya dalam produk perawatan kulit sehari-hari.

Semoga menjawab pertanyaanmu ya, Bela!

IDN Channels

Latest from Skin