Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Mencairkan Kutek yang Kering, Anti Gagal!

Simpel dan bisa dilakukan di rumah aja

Shavira Annisa

Ternyata, setiap kali kamu mengoleskan kutek pada kuku, udara akan masuk ke dalam botol kutek. Nah, lama-kelamaan hal tersebut akan membuat kutek menjadi cepat kering dan tidak bisa digunakan lagi. Tentu saja bikin bete, apalagi jika ini terjadi kepada warna kutek favoritmu. 

Tapi tenang aja, lewat artikel ini Popbela akan spill cara mencairkan kutek yang kering dan bisa kamu lakukan di rumah saja. Penasaran gimana? Langsung scrolling, yuk! 

1. Gulingkan botol di antara kedua telapak tangan

id.wikihow.com

Jangan kocok kutek karena bisa menyebabkan cat menempel di bagian atas botol, sehingga meninggalkan noda lengket yang mengeras. Selain itu juga menyebabkan gelembung udara yang buat kutek kian keras. 

Untuk itu, coba menggulingkan botol di antara kedua telapak tangan. Suhu hangat dari kelopak tangan kamu akan membuat konsistensi kutek menjadi lebih encer, sehingga muda dioleskan pada kuku.

2. Rendam kutek ke air hangat

stylecraze.com

Jika cara diatas belum ampuh, kamu bisa coba aplikasikan cara mencairkan kutek yang kering selanjutnya, yakni merendam kutek di air hangat. Air hangat ini bisa membuat cat kuku yang sudah membeku menjadi cair lagi, sehingga bisa kamu gunakan kembali. Sebelum itu, pastikan botol kutek dalam keadaan tertutup rapat. 

3. Gunakan nail polish thinner

etsy.com/Cara Mencairkan Kutek yang Kering

Kini sudah ada produk pengencer kutek yang bisa kamu coba. Selain lebih efektif, produk pengencer kutek ini efektif mengembalikan tekstur cat kuku.

Caranya cukup masukkan 2-3 tetes pengencer cat kuku ke dalam botol kutek, lalu gulingkan botol dengan kedua telapak tangan. Setelah ini, kutek kamu akan kembali seperti semula. 

4. Teteskan nail polish remover ke dalam botol kutek

nypost.com/Cara Mencairkan Kutek yang Kering

Meski ditujukan untuk menghapus kutek, namun banyak yang menyebutkan bahwa nail polish remover juga bisa mengembalikan tekstur, lho. Kandungan aseton di dalam produk ini dipercaya mampu mencairkan kutek yang sudah kering. Tentu caranya juga mudah sekali, masukan nail polish remover sebanyak 2-3 tetes, lalu gulingkan botol kutek. 

5. Gunakan hair dryer

pexels.com/Element5 Digital

Hair dryer rupanya tidak hanya berfungsi sebagai pengering rambut saja, namun juga membantu dalam mencairkan kutek yang kering. Kamu bisa mengarahkan hair dryer ke kutek selama beberapa menit. Cara ini dianggap lebih mudah dan cepat dalam melelehkan kutek daripada lainnya.

Pastikan kamu menggunakan hair dryer dengan suhu yang rendah dan tidak terlalu lama. Penggunaan hair dryer yang terlalu panas dan lama dapat membuat botol kutek pecah.

6. Gunakan alkohol sebagai pengganti aseton

pexels.com/Anna Shvets

Cara mencairkan kutek yang kering selanjutnya ialah menggunakan alkohol. Jika kamu tidak punya aseton, alkohol bisa menjadi alternatif lain. Sayangnya, tidak semua alkohol bisa kamu gunakan. Pilihlah alkohol isopropil yang biasanya digunakan untuk produk-produk hand sanitizer.

Alkohol memiliki sistem kerja seperti etil asetat yang mampu melarutkan sesuatu, termasuk kutek. Meskipun begitu, tidak semua jenis kutek bisa larut hanya dengan alkohol. Hal ini biasanya tergantung pada formula dan pelarut yang digunakan di awal.

7. Selalu tutup botol kutek dengan rapat

paxels.com

Cara terakhir ini terkesan simpel, namun seringkali diabaikan. Udara yang masuk akan membuat kutek mudah kering. Agar hal tersebut tak terjadi, pastikan selalu menutup botol kutek dengan benar dan rapat. Selain itu, letakan kutek di tempat yang tidak terpapar sinar matahari, ya. 

Nah, itu dia berbagai cara mencairkan kutek yang kering dengan mudah dan efektif. Jadi, nggak perlu buru-buru beli kutek baru ya, Bela! 

IDN Channels

Latest from Make Up