Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ingin Merias Kuku? Ketahui Kegunaan 5 Alat Nail Art Pemula!

Mulai dari base coat hingga nail stencil

Aulia Fitria

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat penampilan tampak menarik, salah satunya dengan merias kuku. Kamu juga bisa menyesuaikan warna dan desain yang kamu inginkan sesuai dengan mood saat ini. Namun, sebelum mulai merias kuku penting bagi kamu untuk mengenal alat apa saja yang dibutuhkan saat merias kuku terlebih bagi kamu yang baru mulai belajar merias kuku.

Selain nail polish, kamu tentunya butuh base serta top coat, stamping kit, nail dotting tool, brush, hingga nail stencil agar riasan kukumu tampak begitu apik. Lantas, apa saja kegunaan dari alat-alat ini? Yuk, temukan jawabannya di bawah ini, Bela!

1. Base coat

Swirlster

Base coat merupakan lapisan pelindung yang diterapkan sebelum mengaplikasikan warna cat kuku. Base coat membantu melindungi kuku dari kerusakan hingga meningkatkan daya rekat cat kuku agar hasilnya lebih tahan lama. 

Namun, sebelum mengaplikasikan base coat ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan mulai dari membersihkan kuku dengan nail polish remover, kemudian kamu bisa melanjutkan mengaplikasikan base coat secara lembut dan merata.

2. Top coat

pexels.com

Tak hanya base coat saja yang perlu kamu aplikasikan saat ingin merias kuku, kamu juga perlu mengaplikasikan top coat. Top coat ini berfungsi melindungi kuku dari kerusakan sehingga daya tahan riasan kukumu menjadi semakin baik. Tak hanya itu, top coat juga bisa membuat kuku menjadi tampak berkilau.

Lantas, bagaimana cara mengaplikasikan top coat? Pertama-tama kamu harus tunggu hingga cat kukumu mengering terlebih dahulu, kemudian aplikasikan top coat secara merata agar kukumu terlindungi dengan sempurna.

3. Stamping kit

freepik.com/freepik

Stamping kit merupakan alat yang digunakan untuk membuat desain kuku dengan teknik stamping atau cetak pada kuku. Teknik ini memungkinkan kamu untuk mentransfer desain yang sudah dicetak pada sebuah lembaran ke area kuku dengan mudah dan cepat.

Perlu kamu ketahui bahwa stamping kit ini terdiri dari berbagai jenis alat seperti stamping plate, stamping stamper, scraper, serta cat kuku yang digunakan untuk stamping

4. Nail dotting tool

sarahscoop.com

Nail dotting tool merupakan alat dengan ukuran yang kecil kecil yang digunakan untuk membuat desain dengan bentuk polka dots pada kuku. Alat ini berguna untuk membuat berbagai pola dan detail pada riasan kuku, termasuk desain yang kompleks sekali pun. Lantas, bagaimana cara menggunakan nail dotting tool?

Pertama-tama pastikan cat kuku yang sudah kamu aplikasikan sebelumnya sudah kering, kemudian apabila sudah kamu bisa mulai menggambar bentuk polka dots pada kuku dengan cat kuku yang kamu inginkan.

5. Nail stencil

pexels.com/Maxi Leiva

Nail stencil merupakan alat bantu yang berfungsi membuat desain kukumu menjadi tampak begitu rapi. Nail stencil ini bekerja dengan cara menutupi sebagian kuku dan membiarkan cat kuku hanya menempel pada area yang tidak ditutupi oleh nail stencil saja, sehingga riasan kukumu terlihat lebih rapi dan teratur. 

IDN Channels

Latest from Make Up