Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Penyebab Hasil Test Pack Samar, Sudah Tahu?

Pernah mengalaminya?

Wahyu Fitri Utami

Tes kehamilan atau lebih dikenal dengan sebutan test pack merupakan alat yang umum digunakan untuk mengetahui apakah seseorang sedang hamil atau tidak. Tidak selalu langsung terlihat jelas, hasil test pack terkadang bisa menjadi samar atau ambigu, sehingga menimbulkan kebingungan dan ketidakpastian bagi penggunanya.

Kira-kira apa saja penyebab hasil test pack menjadi samar? Yuk, simak 8 penyebab hasil test pack samar berikut ini.

1. Kadar hormon yang rendah

freepik.com

Salah satu penyebab utama hasil test pack samar adalah kadar hormon hCG human chorionic gonadotropin yang rendah. Menurut Cleveland Clinic, hCG merupakan hormon yang diproduksi oleh plasenta selama masa kehamilan dan berfungsi menguatkan hasil positif pada test pack.

Pada awal kehamilan, produksi hCG kemungkinan belum mencapai tingkat yang cukup tinggi untuk terdeteksi dengan jelas oleh test pack, sehingga hasilnya dapat menjadi samar.

2. Penggunaan test pack terlalu dini

freepik.com

Ketika melakukan test pack terlalu dini setelah melakukan hubungan intim atau waktu ovulasi, hasilnya juga bisa menjadi samar. Test pack biasanya memiliki tingkat sensitivitas tertentu dalam mendeteksi keberadaan hCG dalam urine.

Jika tes dilakukan terlalu cepat, bahkan sebelum tingkat hCG mencapai ambang batas yang dapat dideteksi oleh test pack hasilnya kemungkinan akan samar.

3. Kondisi medis yang mempengaruhi produksi hCG

freepik.com

Beberapa kondisi medis tertentu dapat berpengaruh terhadap sistem endokrin yang bertanggung jawab dalam memproduksi dan mengatur hormon. Kondisi-kondisi tersebut dapat menyebabkan hasil test pack samar, bahkan memberikan hasil yang salah.

Hal ini dikarenakan test pack dapat mendeteksi seseorang memiliki hCG atau tidak di dalam tubuhnya. Oleh karena itu, penting mempertimbangkan kemungkinan kondisi medis lain yang dapat mempengaruhi hasil test pack.

4. Test pack yang rusak

freepik.com

Meskipun jarang terjadi, ada kemungkinan bahwa test pack itu sendiri mengalami gangguan atau kerusakan yang menyebabkan hasil yang tidak akurat.

Gangguan bisa disebabkan oleh penyimpanan yang tidak tepat, masa kedaluwarsa yang sudah terlewati, atau produksi yang tidak memenuhi standar kualitas yang diperlukan. Jika mengalami kasus seperti ini, disarankan untuk melakukan tes ulang dengan test pack yang baru.

5. Terlalu lama dalam membaca hasil test pack

freepik.com

Umumnya, test pack akan menunjukkan hasilnya dalam beberapa menit saja. Jika kamu mendiamkannya lebih dari 15 menit, hasil yang ditunjukkan pun akan sering berubah.

Test pack berfungsi dalam mengukur dan memeriksa keberadaan hormon hCG dalam urine. Jika kamu terlalu lama mendiamkannya, urine kemungkinan sudah menguap sehingga akan memunculkan garis samar.

6. Sampel urine encer

pexels.com/Nataliya Vaitkevich

Ketika seseorang mengonsumsi cairan dalam jumlah yang sangat besar sebelum melakukan test pack, urine yang dihasilkan bisa menjadi sangat encer. Hal ini dapat mengurangi konsentrasi hCG dalam urine sampel sehingga test pack bisa gagal dalam mendeteksi atau memberikan hasil yang samar.

7. Tanda keguguran

freepik.com

Siapa sangka, hasil test pack samar ternyata juga bisa menjadi tanda keguguran. Hasil yang samar ini biasanya dapat terlihat dalam 12 minggu pertama karena sel telur yang dibuahi berada di dalam rahim sehingga mendorong hormon kehamilan. Meskipun begitu, di beberapa kasus, keguguran bisa saja terjadi setelah sel telur tertanam dalam rahim.

Kondisi tersebut dikenal dengan sebutan kehamilan ektopik. Test pack menjadi samar tentunya karena masih ada sisa hormon kehamilan pada tubuh. Kamu bisa juga tidak sadar mengalami keguguran dengan munculnya pendarahan atau kram seperti saat menstruasi.

8. Konsumsi obat subur

freepik.com

Obat subur bekerja dengan cara memicu ovulasi pada perempuan. Bagi para perempuan yang memiliki masalah dengan kesuburan, obat subur ini dapat menjadi salah satu cara efektif pengobatan yang bisa dilakukan.

Sayangnya, sebagian besar obat subur mengandung hCG. Hal inilah yang mempengaruhi test pack karena dapat terbaca positif hamil padahal kenyataannya tidak.

Itulah delapan penyebab hasil test pack samar, dari kadar hormon hCG yang rendah hingga kondisi medis tertentu. Setiap faktor memiliki potensi untuk menyebabkan hasil yang samar. Pastikan untuk selalu berkonsultasi ke dokter kandungan untuk hasil yang lebih pasti, ya.

IDN Channels

Latest from Health