Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Pakai Vitacid agar Tidak Purging, Kulit Tetap Mulus

Perhatikan dosisnya, ya!

Ridho Agung Pangestu

Banyak perempuan yang mengusahakan berbagai cara untuk memiliki kulit wajah yang mulus dan terawat. Termasuk dengan menggunakan Vitacid yang diketahui dapat mengatasi jerawat pada kulit wajah. Namun bukan rumor semata, kalau penggunaan Vitacid yang tidak tepat dapat menyebabkan purging, lho.

Buat kamu yang belum tahu, purging adalah kondisi kulit mengalami break out yang ditandai dengan muncul banyak jerawat di wajah. Ada yang mengalami kondisi ini dalam waktu yang singkat dan ada juga yang mengalami dalam waktu lama.

Supaya hal tersebut nggak terjadi, berikut cara pakai Vitacid agar tidak purging. Perhatikan, ya.

1. Mulai dengan frekuensi dan dosis rendah

freepik.com/valuavitaly

Pertama-tama, sangat penting untuk memulai penggunaan Vitacid dengan frekuensi dan dosis yang rendah. Misalnya, untuk pemakaian awal, pilih Vitacid 0,025% sebagai dosis terendah. Lalu, gunakan produk ini 2-3 kali seminggu.

Penggunaan Vitacid dosis rendah memberikan waktu bagi kulit untuk beradaptasi dengan tretinoin, tanpa terlalu cepat memicu reaksi purging yang berlebihan. Setelah beberapa minggu atau bahkan bulan, baru naikkan frekuensi penggunaan sesuai dengan toleransi kulit kamu.

Kesalahan banyak pemula adalah menggunakan Vitacid dengan frekuensi yang tinggi. Hal ini tidak jarang membuat kondisi kulit menjadi kaget dan mengalami purguing tersebut. Hindari terjadinya hal itu dengan meningkatkan frekuensi penggunaan secara perlahan, ya.

2. Gunakan jumlah produk yang tepat

freepik.com/prostock-studio

Saat mengaplikasikan Vitacid, pastikan untuk menggunakan jumlah produk yang tepat. Sebagai panduan umum, gunakan sebanyak ukuran kacang polong untuk seluruh wajah.

Hindari penggunaan berlebihan karena bisa meningkatkan risiko iritasi dan purging. Jangan terlalu bernafsu untuk cepat-cepat mendapatkan kulit wajah mulus sampai tidak memperhatikan risiko penggunaannya, ya.

3. Gunakan pelembap yang cocok

Pexels.com/Cottonbro

Tretinoin seperti yang terkandung dalam Vitacid bisa membuat kulit menjadi kering dan mengelupas, terutama pada tahap awal penggunaan. Guna mengurangi risiko iritasi dan purging, pastikan untuk menggunakan pelembap yang cocok untuk jenis kulit kamu.

Pilih pelembap yang ringan dan tidak mengandung bahan-bahan yang bisa menyumbat pori-pori. Apabila sudah punya pelembap andalan, maka jangan pindah ke merek lain. Merek pelembap lain belum tentu cocok dengan jenis kulit wajah kamu dan apabila sering berganti, yang ditakutkan adalah terjadinya iritasi pada kulit wajah.

4. Hindari produk skincare dengan bahan aktif yang kuat

freepik.com

Saat memulai penggunaan Vitacid, sebaiknya hindari penggunaan produk skincare lain yang mengandung bahan aktif yang kuat seperti AHA, BHA, atau benzoyl peroxide. Kombinasi beberapa bahan aktif yang kuat bisa meningkatkan risiko iritasi dan purging pada kulit. Nggak ada salahnya untuk fokus dulu dengan Vitacid yang sedang digunakan.

Jadi, ketika sedang rutin memakai Vitacid, jangan dikombinasikan dengan produk skincare berbahan aktif yang kuat terlebih dulu, ya. Apalagi kalau mengingat kondisi purging bisa terjadi kapan saja dan menyebabkan efek yang serius ke depannya.

5. Gunakan sunscreen dan produk mengandung SPF

freepik.com/lookstudio

Tretinoin meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari, sehingga sangat penting untuk menggunakan tabir surya setiap hari. Pilih tabir surya dengan SPF minimal 30 dan aplikasikan secara merata di seluruh wajah setelah penggunaan Vitacid pada pagi hari. Ini membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan juga membantu mengurangi risiko pigmentasi yang dapat dipicu oleh tretinoin.

Nah, sekarang sudah tahu kan, cara pakai Vitacid agar tidak purging untuk menjaga kulit tetap mulus. Mengingat Vitacid termasuk golongan obat keras, kamu harus memperhatikan dosisnya dan selalu konsultasi terlebih dahulu ke dokter kulit sebelum memakainya, ya.

IDN Channels

Latest from Health