Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Complexion Makeup adalah Kunci Riasan yang Sempurna, Ini Tipsnya

Tips memilih produk complexion makeup yang cocok

Wahyu Fitri Utami

Salah satu tren kecantikan paling populer yang tak lekang oleh waktu adalah penggunaan complexion makeup. Tingginya antusiasme perempuan terhadap tren ini mendorong berbagai brand kecantikan untuk berlomba-lomba meluncurkan produk complexion makeup terbaiknya.

Menurut laman Cosmetics and Skin, istilah complexion berasal dari bahasa Latin, yaitu con dan plectare. Con memiliki arti “bersama-sama” atau “dengan” sedangkan plectare memiliki arti “benang” atau “anyaman”.

Pada awalnya, kata ini digunakan untuk menggambarkan interaksi antara berbagai bagian dalam tubuh manusia. Namun, seiring perkembangan zaman, makna complexion mengalami perluasan. Pada abad ke-17, istilah ini mulai dikaitkan dengan produk kosmetik yang dipercaya dapat memberikan tampilan yang lebih segar pada wajah perempuan.

Apa itu complexion makeup?

freepik.com

Menurut Cambridge Dictionary, complexion makeup adalah suatu istilah yang mengacu pada penampilan alami kulit wajah seseorang, terutama terkait kualitas dan warnanya. Dengan kata lain, complexion makeup dapat diartikan sebagai riasan yang bertujuan untuk memberikan tampilan natural pada wajah seseorang.

Tren complexion makeup muncul karena adanya keinginan perempuan untuk tampil lebih natural dan tanpa kesan "berlebihan". Di masa lalu, laki-laki sering merasa was-was karena perempuan yang menggunakan riasan terlalu tebal. Hal ini karena perempuan pada zaman itu menggunakan bedak putih atau cat untuk menutupi noda atau bekas luka cacar di wajahnya.

Mereka khawatir riasan tebal tersebut digunakan sebagai topeng oleh perempuan yang lebih tua untuk menyembunyikan usia sebenarnya. Bahkan, kekhawatiran tersebut masih ada hingga sekarang.

Maka dari itu, tren complexion makeup masih populer hingga saat ini. Tren ini menuntut perempuan untuk tampil senatural mungkin sehingga teknik pengaplikasian complexion makeup yang tepat sangatlah penting.

Tips mengaplikasikan complexion makeup

freepik.com

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengaplikasikan complexion makeup bagi pemula yang dikutip dari laman Maybelline New York.

1. Pilih foundation yang sesuai dengan warna kulit

Untuk mendapatkan tampilan yang natural, pilih foundation yang benar-benar cocok dengan warna kulitmu. Hindari warna yang terlalu terang atau terlalu gelap. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesan alami dan tidak terlihat seperti mengenakan topeng.

Selain itu, penting bagimu untuk mempertimbangkan jenis kulit sebelum memilih foundation. Bagi pemilik kulit wajah berminyak, foundation bedak atau cair berbahan dasar air bisa menjadi pilihan terbaik.

Sementara itu, bagi kamu yang memiliki kulit kering, foundation yang memberikan finishing look berupa tampilan wajah dewy dan glowing akan terlihat lebih cocok.

2. Pertimbangkan tingkat coverage

Selain pemilihan warna foundation, coverage foundation juga penting untuk mendapatkan hasil makeup yang flawless atau natural. Pada umumnya, foundation menawarkan tingkat coverage yang bermacam-macam, mulai dari medium coverage hingga high.

Jika kamu menginginkan foundation dengan coverage ringan, BB Cream bisa menjadi alternatif pilihan yang baik. Namun, jika kamu membutuhkan foundation dengan coverage yang lebih tinggi, pilihlah cushion foundation.

3. Gunakan bedak untuk mengunci riasan

Bedak berfungsi untuk mengunci complexion makeup, membuat riasan lebih tahan lama, dan tidak mudah luntur sepanjang hari. Bedak juga dapat memberikan coverage tambahan yang akan menunjang tampilan wajah agar terlihat semakin natural.

Kamu bisa memilih antara bedak tabur atau bedak padat untuk mengunci complexion makeup. Pilihlah jenis bedak yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit wajahmu agar makeup lebih optimal.

Jadi, complexion makeup adalah inti dari kesempurnaan tampilan makeup bagi perempuan. Dengan mengikuti tips-tips pengaplikasian complexion makeup yang tepat, makeup sehari-hari kamu akan terlihat semakin flawless dan natural.

TOPIC

IDN Channels

Latest from Make Up