Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Manfaat Tidur Tidak Menggunakan CD dan BH untuk Perempuan

Nyaman dan menyehatkan

Nafi' Khoiriyah

Banyak pro dan kontra tentang tidur tidak menggunakan celana dalam (CD) dan BH atau bra. Bagi orang awam, tidur dengan keadaan seperti ini memang belum begitu lazim. Padahal, banyak bukti yang menunjukkan manfaat tidur tidak menggunakan CD dan BH. 

Kebanyakan manfaat yang sering muncul bisa memberi kenyamanan dan beberapa manfaat kesehatan. Buat kamu yang masih penasaran, dalam artikel ini akan dibahas mengenai manfaat tidur tidak menggunakan CD dan BH

1. Membantu tertidur lebih cepat

freepik.com/jcomp

Manfaat tidur tidak menggunakan CD dan BH yang pertama bisa membuatmu tidur lebih cepat. Salah satu faktor yang memengaruhi cepat atau lambat seseorang tidur antara lain adalah karena suhu tubuh. 

Suhu tubuh itu merupakan bagian dari ritme sirkadian dan ritme biologis yang bisa mengatur waktu tubuh tertidur. Nah, apabila seseorang tidur tanpa menggunakan BH dan celana dalam, mereka berarti membiarkan suhu tubuh turun. Hal itulah yang akan berpengaruh untuk membuat seseorang tidur lebih cepat. 

2. Membuat kualitas tidur jadi lebih baik

freepik.com/stockking

Selain bisa membuat tidur lebih cepat, suhu tubuh yang menurun karena tidak menggunakan CD dan BH juga bisa meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan. 

Studi menunjukkan bahwa suhu ruangan juga salah satu faktor untuk membuat kualitas tidur lebih baik. Jangan biarkan suhu terlalu dingin atau terlalu panas karena bisa membuat otak aktif.

Nah, tidur dengan tanpa CD dan BH juga menjadi cara untuk tetap sejuk meski di balik selimut.

3. Mengurangi infeksi bakteri dan jamur

freepik.com/freepik

Bakteri penyebab infeksi jamur tumbuh di lingkungan yang hangat dan lembap. Lingkungan yang lembap juga bisa muncul jika kita mengenakan pakaian dalam yang ketat atau tidak terbuat dari bahan yang menyerap keringat. 

Maka dari itu, tidur tanpa menggunakan celana dalam bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah munculnya bakteri. Kalaupun harus menggunakan celana atau bra saat tidur, maka disarankan untuk menggunakan pakaian dalam berbahan katun yang longgar dan menyerap keringat. 

4. Meningkatkan kesehatan vagina

pexels.com/karolina-grabowska

Manfaat tidur tidak menggunakan CD dan BH selanjutnya bisa melindungi kesehatan vagina. Sebab, celana dalam yang ketat dan lembap bisa meningkatkan risiko infeksi pada vagina. 

Tidur tanpa mengenakan celana dalam juga bisa membiarkan vagina bernapas. Dengan begitu, maka vagina akan tetap sehat.

Kalaupun harus memakai celana dalam, maka pastikan celana dalam yang digunakan tidak terlalu ketat dan menyerap keringat seperti yang sudah disarankan sebelumnya. 

5. Melancarkan sirkulasi darah

freepik.com/jcomp

Terakhir, BH yang terlalu ketat juga bisa memberikan tekanan tinggi dan menyebabkan rasa tidak nyaman. Melepaskan BH saat tidur juga akan membuat perempuan menjadi lebih lega saat tidur. 

Tidak mengenakan BH juga akan membuat tubuh mempertahankan suhu yang sesuai untuk membantu memperbaiki kualitas tidur. Bernapas pun akan lebih lancar jika kamu melepaskannya saat tidur.

Demikian manfaat tidur tidak menggunakan CD dan BH yang ternyata cukup berpengaruh. Setelah ini, jangan lupa kamu menerapkannya kalau ingin mendapatkan manfaat di atas, ya!

IDN Channels

Latest from Health