Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini 5 Makanan yang Menjadi Penyebab Munculnya Ketombe 

Mulai dari makanan cepat saji hingga olahan susu.

Aulia Fitria

Ketombe adalah serpihan pada kulit kepala berwarna putih dan kerap kali muncul disertai oleh rasa gatal. Selain karena kerap mengganti produk perawatan rambut, jarang keramas, terlalu sering keramas, keramas tidak bersih, dan stres, masalah rambut yang satu ini bisa disebabkan oleh makanan yang kamu konsumsi, lho, Bela.

Mengonsumsi makanan cepat saji, makanan yang berlemak, pedas, tinggi akan gula, dan produk olahan susu ternyata berkontribusi terhadap timbulnya ketombe. Untuk mencari tahu informasi selengkapnya, simak artikel di bawah ini!

1. Makanan cepat saji

Healthyfish.com

Makanan cepat saji kerap digemari lantaran rasanya yang enak dan gurih. Namun, mengonsumsi makanan cepat saji bisa meningkatkan resiko seseorang mengidap obesitasi, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Tak hanya berdampak pada kesehatan tubuh, makanan cepat saji juga menjadi salah satu penyebab ketombe, lho, sebab makanan cepat saji ini umumnya tinggi akan gula dan garam.

2. Makanan berlemak

instagram.com/beachroadcurryrice.id

Selain makanan cepat saji, makanan yang kaya akan lemak juga menjadi penyebab munculnya ketombe. Hal ini terjadi lantaran makanan yang berlemak ini memicu kelenjar bernama sebaceous untuk memproduksi minyak berlebih.

Seperti yang kamu ketahui ketika terjadi produksi sebum yang jumlahnya berada di batas ambang normal, maka kulit kepala akan berketombe.

3. Makanan pedas

sandiegorestaurantweek.com

Meskipun menambah cita rasa pada makanan yang tengah kamu konsumsi, makanan pedas ini memicu kemunculan ketombe. Sebab, ketika kamu mengonsumsi makanan pedas, tubuh akan mengeluarkan keringat.

Lebih dari itu, mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan juga bisa berdampak pada kesehatan pencernaan dan hal ini tentunya mengganggu kamu saat beraktivitas.

4. Makanan tinggi gula

taste.com.au

Mengonsumsi makanan yang tinggi gula menyebabkan kehadiran ketombe pada kulit kepala. Alih-alih mengonsumsi makanan yang tinggi gula, kamu bisa mensubstitusi keinginan mengonsumsi gula dengan buah-buahan.

5. Produk olahan susu

Dairy Food Magazine.com/fat loss adalah

Produk olahan susu, seperti es krim, keju, yogurt, es krim, dan custard diketahui dapat memicu timbulnya ketombe pada kulit kepala bahkan memperparahnya. 

Untuk itu, mulailah perbaiki pola makanmu dengan membatasi asupan makanan cepat saji, makanan berlemak, makanan pedas, makanan yang tinggi akan gula, serta produk olahan susu.

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Hair