Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Tips Agar Kamu Bisa Jatuh Cinta Lagi

Ternyata nggak sesulit yang kamu bayangkan!

Putri Rahayu

Sulit untuk jatuh cinta kerap kali membuatmu awet dalam menjomblo. Kamu masih belum bisa menemukan sosok yang bisa memenuhi kriteriamu atau mungkin kamu masih trauma dengan kegagalan hubungan di masa lalu.

Beberapa kali lawan jenis mendekatimu, kamu justru menghindar atau beberapa kali berkencan tapi nggak pernah berlanjut sampai ke tahap pacaran.

Mungkin kamu bingung, kenapa dirimu merasa sulit untuk jatuh cinta. Namun sebenarnya, kamu bisa menemukan solusi atas perasaanmu ini. Salah satu solusi atas perasaanmu yang sulit jatuh cinta ini adalah dengan melakukan berbagi tips di bawah ini. 

1. Lupakan kegagalan hubungan di masa lalu

Pexels.com/Miriam Alonso

Sulit jatuh cinta bukanlah perasaan yang begitu saja muncul, karena pastinya kamu memiliki alasan dan penyebab tertentu. Salah satunya punya hubungan yang buruk di masa lalu. Entah kamu dikhianati, dibohongi, atau diperlakukan kasar oleh pasanganmu dulu. 

Semua itu bisa jadi penyebab hingga munculnya rasa takut dan tak mau lagi jatuh cinta. Namun, perasaan tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan cara memaafkan semuanya. Maafkan dan lupakan kejadian yang membuatmu hancur. Terima dirimu apa adanya, berdamailah dengan masa lalu, dan jalani hari yang baik ke depannya.

2. Realistis saat mencari pasangan

www.themodernman.com

Kamu mungkin merasa belum menemukan sosok yang sesuai dengan kriteriamu. Namun coba lihat lagi, apakah kriteria yang kamu miliki itu realistis? 

Buang jauh-jauh pikiran tentang sosok yang sempurna itu harus tampan, mapan, dan romantis. Ada banyak hal-hal lainnya yang sebenarnya lebih penting dari itu. Contohnya saja, dia harus nyambung saat diajak ngobrol, punya pekerjaan, tanggung jawab, dan bisa mencintaimu dengan baik. Jangan semuanya dilihat dari fisik atau materi semata, karena itu nggak menjamin kebahagiaanmu kelak. 

3. Mencari persamaan biar kamu nyaman dengannya

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Carilah persamaan biar bisa membuatmu nyaman bersama dia yang sedang dekat, atau mendekatimu. Pasalnya, jatuh cinta itu dimulai dari rasa nyaman saat kamu bersama dengannya. 

Membuat nyaman harus ada hal yang membuatmu tertarik darinya dan kalian harus punya persamaan satu sama lain dalam satu hal. Misalnya saja, kalian suka bermain games online atau suka bersepeda. Membicarakan tentang hobi akan membuat kalian nggak kehabisan kata dan persamaan ini akan membuatmu tertarik, lalu nyaman bersamanya. 

4. Lakukan PDKT lebih lama

unsplash.com/Jarritos Mexican Soda

Jangan terburu-buru hanya, karena kamu ingin jatuh cinta dan menjalin hubungan dengannya. Jatuh cinta itu masalah proses dan nggak bisa dimunculkan secara tiba-tiba. 
Solusinya adalah dengan melakukan pendekatan yang lama. 

Nikmati momen bersama dengan lawan jenis dan lakukan hal-hal yang menyenangkan. PDKT atau pendekatan dalam waktu yang lama, perlahan bisa menumbuhkan rasa cintamu padanya. 

5. Yakinkan dirimu sendiri

Pexels.com/Khoa Vo

Jika semua hal di atas sudah kamu lakukan dengan benar, maka yang terakhir adalah meyakinkan dirimu sendiri. Kamu harus yakin kalau kamu itu bisa untuk jatuh cinta dan mencintai orang lain lagi setelah sekian lama. 

Kayakinan akan mengirimkan sinyal pada otak agar semuanya bisa berjalan sesuai apa yang kamu inginkan. Kamu bisa mencintai orang lain lagi dan nggak memandang semua lawan jenis itu sana seperti mantan yang telah menyakitimu dulu. 

Tips di atas sebenarnya cukup mudah kamu lakukan asalkan kamu mau. Yang terpenting untuk membuatmu jatuh cinta adalah dirimu sendiri. Jangan menutup hati dan dirimu bila ada lawan jenis yang suka dan dekat denganmu.

Disclaimer: Artikel ini sudah terbit di laman IDN Times dengan judul "5 Cara Mudah Biar Kamu Bisa Jatuh Cinta Lagi, Gak Sulit Kok!"

IDN Channels

Latest from Single