Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Doa Menghadapi Orang Iri Dengki agar Jauh dari Penyakit Ain

Supaya kamu terlindungi dari orang iri dengki

Indah Utami

Iri dan dengki adalah salah satu penyakit hati yang harus dihindari oleh setiap orang. Sebab, ketika kita memiliki perasaan iri ataupun dengki, kita tidak akan bisa merasakan bahagia dalam hidup. Semua yang kita lihat di dunia akan membuat kita merasa tidak puas dan tidak cukup.

Tak jarang, justru perasaan itu membuat kita mempunyai banyak musuh atau bahkan memberikan rasa sakit hati baik untuk diri sendiri maupun untuk orang di sekitar kita. Namun, gimana kalau ternyata yang memiliki rasa iri hati justru salah satu orang di sekitar kita atau malah orang terdekat kita?

Untuk menghindari hal tersebut, ada doa-doa menghadapi orang iri dengki, lho. Yuk disimak, doa menghadapi orang iri dengki berikut ini.

Doa menghadapi orang iri dengki kepada kita

Freepik.com/freepik

Melihat salah satu dari orang di sekitarmu menaruh rasa iri dengki kepadamu, tentu hal ini akan membuatmu merasa sedih. Terkadang saat kamu tahu bahwa seseorang menaruh rasa iri dengki terhadapmu, kamu malah ingin membantu dia untuk menyembuhkan penyakit hatinya.  

Untuk itu, kamu bisa membaca doa ini:

اللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِحَاسِدِيْنَا فَإِنَّهُمْ لِمَا عِنْدَهُمْ مِنَ الضَّيْقِ لَا يَحْتَمِلُوْنَ رُؤْيَةَ النِّعَمِ الَّتِي عَلَيْنَا دُوْنَهُمْ، وَلَوِ اتَّسَعَتْ نُفُوْسُهُمْ لَمْ يَقَعُوْا فِي حَسَدِنَا

Allâḥummaghfir li hâsidînâ, fa innahum li mâ ‘indahum minadl dlaiqi lâ yaḫtamilûna ru’yatan ni‘amil latî ‘alainâ dûnahum. Wa law ittasa’at nufûsuhum lam yaq‘û fî hasadinâ

Artinya:

Ya Allah, ampunilah para pendengki kami karena mereka dalam kesempitan hatinya tidak kuat melihat nikmat-nikmat yang dianugerahkan pada kami, bukan pada mereka. Andai berhati lapang, mereka tentu takkan iri dengki kepada kami,” (Imam Abdul Wahab As-Sya’rani, Tanbihul Mughtarrin)

Doa menghadapi orang iri dengki dan meminta perlindungan

Pexels.com/Anastasia Shuraeva

Orang yang iri dan dengki terkadang tidak akan segan untuk berbuat jahat, mereka ingin menuruti hawa nafsu dan memuaskan rasa iri mereka. Meskipun kita sudah berbuat baik terhadap orang lain, tidak menutup kemungkinan jika ada sebagian di antaranya yang akan tetap iri dengki terhadapmu. 

Berikut salah satu doa yang diucapkan Rasulullah SAW: 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ خَلِيلٍ مَاكِرٍعَيْنَهُ تَرَانِي وَقَلْبُهُ تَرْعَانِي ، إِنْ رَأَى حَسَنَةً دَفَنَهَا ، وَإِذَا رَأَى سَيِّئَةً أَذَاعَهَا

Allahumma inni a’uudzubika min kholiilin maakir ‘ainahu taroonii wa qolbuhu tar’aanii in ro-aa hasanatan dafanaahaa wa idza ro-aa sayyi-atan adzaa’ahaa.

Artinya:

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari teman yang licik yang pandangannya tertuju padaku dan hatinya merencanakan sesuatu yang buruk padaku. Jika melihat kebaikanku ia menguburnya dan jika melihat keburukanku ia menyebarkannya.” (HR.Thabrani)

Doa menghadapi orang iri dengki lewat zikir pagi petang

pexels.com/Tayeb Mezahdia

Zikir pagi petang umumnya digunakan sebagai bentuk untuk melindungi diri dari berbagai macam keburukan, termasuk niat jahat orang lain hasil dari rasa iri dengkinya. 

Berikut zikir yang perlu kamu baca dan amalkan:

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Bismillahilladzi laa yadhurru ma’asmihi syai-un fil ardhi wa laa fis samaa’ wa huwas samii’ul ‘aliim.

Artinya:

“Dengan nama Allah yang bila disebut, segala sesuatu di bumi dan langit tidak akan berbahaya, Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” 

Cara mengamalkan zikir ini adalah dibaca sebanyak 3 kali setiap waktu pagi dan petang. Selain itu kamu juga harus mengikutkan bacaan ayat kursi, Al-Ikhlas 3 kali, Al-Falaq 3 kali, dan An-Naas 3 kali.

Doa menghadapi orang iri dengki lewat doa Nabi Musa

pexels.com/thirdman

Doa yang keempat adalah doa yang pernah diucapkan oleh Nabi Musa AS yang tercantum dalam surat Al-Qashash ayat 21:

رَبِّ نَجِّنِىۡ مِنَ الۡقَوۡمِ الظّٰلِمِيۡنَ

Robbi Najjinii Minal-Qoumizh-Zhalimiin

Artinya:

“Ya Allah, selamatkanlah aku dari kaum yang hendak menzalimiku.”

Doa menjauhkan rasa iri timbul dari diri kita

Pexels.com/Anna Tarazevich

Selain doa untuk menghadapi orang iri dengki di sekitar kita, penting juga untuk kamu mengamalkan doa untuk melindungi diri kita dari rasa iri agar tidak timbul di dalam diri kita sendiri. 

Berikut adalah salah satu doa yang perlu kamu amalkan:

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِاِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْاِيْمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ

Robbanagh firlanaa wa li ikhwaninaladziinaa sabaquuna bil iimaan wa laa taj’al fii qulubiinaa ghillan lil ladzinaa aamanu robbanaa rouufur roohiim.

Artinya:

"Ya Allah, ampunilah dosa‐dosa kami dan dosa‐dosa saudara kami yang telah mendahului kami dengan membawa iman, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang‐orang yang beriman. Ya Allah, sungguh Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang." (QS. Al‐Hasyr: 10)

Dikatakan dalam Alquran bahwa doa di atas pernah dibawakan oleh orang-orang beriman kalangan Muhajirin dan Anshar agar mereka bisa tetap meneladani kesalehan tanpa harus menghadapi rasa iri yang mungkin bisa timbul di hati mereka. 

Itulah kumpulan doa menghadapi orang iri dengki yang bisa kamu amalkan di kehidupan sehari-harimu. Jadi, dari doa-doa di atas, mana yang sudah pernah kamu amalkan?

IDN Channels

Latest from Single