Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Menurut Karakter MBTI, Begini Cara Laki-Laki Tunjukkan Ketertarikannya

Apakah dia menyukaimu?

Puspita Ramadhani

Myers–Briggs Type Indicator atau yang lebih dikenal MBTI sebenarnya nggak hanya digunakan untuk mengetahui bagaimana caramu bergaul di lingkungan sosialmu. Tes kepribadian ini juga bisa digunakan untuk mengetahui bagaimana cara seseorang menyukaimu, lho. 

Yup, dengan mengenal kepribadiannya lewat MBTI, sedikit banyaknya kamu bisa membaca bagaimana cara orang yang kamu sukai menunjukkan ketertarikannya padamu.  Penasaran seperti apa 'kode' setiap MBTI saat mereka jatuh cinta? Lihat jawabannya di sini! 

1. The “Architect” (INTJ)

pexels.com/burst

Meskipun punya sifat jujur dan to the point, namun adakalanya INTJ juga akan menyulitkanmu. Pasalnya, mereka akan mengajukan beberapa pertanyaan aneh untuk mencari kecocokan antara kalian. Seperti, "Apakah kamu ingin memiliki anak?" atau "Di usia berapa kamu siap menikah?".

Pertanyaan-pertanyaan semacam itu mungkin bisa mengagetkanmu bila kamu tak paham apa maksud di balik pertanyaan tersebut. Untuk para The 'Architect', hubungan jangka panjang adalah tujuan utama mereka. Sehingga, mereka harus memastikan apakah kamu benar-benar cocok untuk mereka.

2. The “Logician” (INTP)

pexels.com/luis-quintero

Jika sosok INTP menyukaimu, maka sisi pemalunya akan lebih sering kamu lihat. Mereka akan tersipu saat kamu memujinya, merasa malu saat berada di sekitarmu, dan melakukan beberapa 'kode' agar kamu berinisiatif lebih dulu. 

3. The “Commander” (ENTJ)

pexels.com/azra-tuba-demir

Kecenderungan ENTJ mengambil peran utama dalam hubunganmu bisa menandakan bahwa ia merasa tertarik denganmu. Dia akan sering mengajakmu kencan dan sangat mungkin akan menyatakan perasaannya secara terang-terangan.

4. The “Debater” (ENTP)

pexels.com/mariamna-popova

Sebagai seseorang yang suka dunia intelektual, mengajakmu mengikuti seminar atau menemani kamu eksplorasi pelajaran favoritmu bisa jadi tanda jika mereka menyukaimu. Meskipun hal tersebut terlihat tidak romantis bagi kebanyakan orang, tapi bagi ENTP tumbuh dan sukses bersama adalah bentuk kasih sayang yang sesungguhnya. 

5. The “Advocate” (INFJ)

pexels.com/karolina-grabowska

Dengan INFJ, kamu tidak bisa terburu-buru. Sebab, bagi pribadi yang senang memberi anjuran, suatu hubungan harus memiliki kedalaman dan makna. 

Si dia akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengenalmu sebelum memutuskan apakah ia ingin menjalin hubungan denganmu atau tidak. Jadi, tanda kalau ia tertarik denganmu adalah keinginan untuk terlibat dalam topik serius dan menjurus ke perencanaan masa depan.

6. The “Mediator” (INFP)

pexels.com/phil-nguyen

Selain INFJ, kamu juga akan merasa sedikit kesulitan menebak perasaan yang dimiliki para INFP. Hal ini karena INFP punya fantasi yang sangat tinggi soal hubungan asmara bagi mereka. 

Karena belum tahu pasti bagaimana hubungan yang mereka inginkan, mereka juga akan sulit menemukan belahan jiwa pada orang lain. Jika mereka saja kesulitan menerjemahkan perasaannya sendiri, bagaimana kamu bisa menebaknya, Bela? 

Namun yang pasti, saat mereka mulai yakin dengan perasaannya kepadamu, maka kamu bisa menandainya dengan cara-cara yang dilakukannya. Umumnya, INFP akan bertindak romantis untuk perempuan yang dicintainya.

7. The “Protagonist” (ENFJ)

pexels.com/andrea-piacquadio

Tidak terlalu sulit membaca rasa suka ENFJ. Mereka akan menunjukkannya secara jelas kepadamu. Hanya saja, kamu harus sedikit bersabar menunggu mereka untuk mengajakmu kencan. Soalnya, para ENFJ harus mencari tahu lebih dulu apa saja kesamaan di antara kalian berdua agar bisa memikirkan kencan seperti apa yang harus dilakukan. 

8. The “Campaigner” (ENFP)

pexels.com/andrea-piacquadio

Walaupun tipe kepribadian ini sangat senang menunjukkan banyak kasih sayangnya padamu di awal hubungan, namun cara mereka kencan sedikit berbeda. Dibanding makan malam romantis atau jalan-jalan ke taman hiburan, ENFP lebih suka mengajak orang yang disukainya menikmati sekitar secara intim. Sangat mungkin ia akan mengajakmu mendaki gunung atau menikmati pantai di kala sepi. 

9. The “Logistician” (ISTJ)

pexels.com/andrea-piacquadio

Permasalahan yang sering dihadapi ISTJ adalah kepribadian yang sulit mengekspresikan emosi. Jadi, kamu akan sering merasa bingung saat harus menebak perasaan laki-laki yang kamu sukai itu. Namun yang pasti, sebaiknya kamu menunggu mereka untuk mendekatimu dan membiarkannya menjadi lebih dekat apabila mereka menginginkannya. 

10. The “Defender” (ISFJ)

Pexels/ Moose Photos

ISFJ cenderung sangat pemalu, sehingga mereka akan sedikit kesulitan untuk mengatakan kapan mereka menyukaimu. Dia ingin mengenalmu lebih baik dan berharap kamu bisa bekerja sama dengan waktu yang mereka perlukan. 

Ketahuilah, bahwa kepribadian pembela ini hanya mau mengambil risiko pada hubungan yang punya kemungkinan bertahan seumur hidup.

11. The “Executive” (ESTJ)

pexels.com/irakli-tskipurishvili

Dibandingkan dengan MBTI lain, ESTJ adalah salah satu kepribadian yang sangat mudah dibaca. Hal ini tidak lain karena sosok ESTJ sangat menghargai kejujuran. 

Dengan bersikap jujur ​​​​dan terus terang, kemungkinan besar ia akan mengajakmu berkencan jika dia menyukai kamu. Sebaliknya, jika mereka tidak melakukan tindakan apa pun, maka bisa dipastikan laki-laki ESTJ itu tidak tertarik padamu. 

12. The “Consul” (ESFJ)

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Ketika seorang ESFJ tertarik kepada kamu, dia mungkin ingin mengenalmu lebih dalam sebelum mengajakmu kencan. Soalnya, bagi ESFJ nggak ada hubungan yang berhak untuk dipermainkan dan disia-siakan. 

Jadi, saat mereka sudah siap dan yakin atas perasaannya padamu, mereka akan mulai mengirim pesan gombal dan juga mengajakmu bepergian.

13. The “Virtuoso” (ISTP)

pexels.com/andrea-piacquadio

Hidup untuk masa kini membuat ISTP sedikit sulit untuk ditebak. Mereka cenderung melakukan banyak aktivitas secara spontan.

Kendati demikian, spontanitas para ISTP bisa menjadi indikator apakah mereka menyukaimu atau tidak. Biasanya, ISTP akan mengajakmu untuk masuk ke dalam aktivitas-aktivitas spontannya jika memang mereka menyukaimu.

14. The “Adventurer” (ISFP)

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Membaca ISFP bisa sedikit menantang karena mereka cenderung menjadi pendengar daripada berbicara. Mereka juga memilih untuk menyimpan emosi mereka sendiri sampai yakin bahwa kamu adalah orang terdekatnya. 

Oleh karena itu, bila kamu melihat sosok ISFP leluasa untuk membagikan pikirannya padamu, itu artinya mereka punya perasaan tulus kepadamu. Apalagi, ISFP akan berbicara sambil menatap dalam orang yang mereka sukai, lho! 

15. The “Entrepreneur” (ESTP)

unsplash.com/Andi Rieger

ESTP punya beragam hobi dan aktivitas menyenangkan yang mereka sukai. Jadi, tanda yang jelas bahwa dia menyukaimu adalah saat si dia mengajakmu pergi bersamanya dan menikmati aktivitas tersebut hanya berduaan.

16. The “Entertainer” (ESFP)

unsplash.com/Jonas Jaeken

Menjadi tipe kepribadian yang spontan, ESFP biasanya cukup jelas tentang niat yang mereka miliki. Dengan menggoda dan mengajakmu melakukan hal-hal menyenangkan adalah tanda yang jelas jika mereka menyukai. Ingatlah kalau ESFP adalah tipe kepribadian yang berjiwa bebas dalam hal apa pun.

Jadi, apakah sekarang kamu bisa mulai menebak jika laki-laki yang dekat denganmu saat ini tertarik padamu, Bela?

IDN Channels

Latest from Dating