Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Cara Bikin Hubungan Tanpa Drama Supaya Langgeng

Komunikasi secara terbuka adalah kunci utamanya

Astri Amalia

Membuat hubungan romantis yang sehat alias tanpa drama memang gampang-gampang susah. Sebab, dibutuhkan komitmen dari masing-masing pasangan untuk mewujudkannya.

Namun, kamu bisa menjadi inisiator supaya hubungan romantismu dengan pasangan jadi bebas drama. Tapi pertanyaannya, gimana cara untuk melakukannya?

Untuk menjawabnya, berikut 9 cara bikin hubungan tanpa drama yang wajib kamu ketahui. Gulir terus artikelnya sampai habis ya, Bela!

1. Berkomunikasi secara terbuka

Pexels.com/Vera Arsic

Cara bikin hubungan tanpa drama yang pertama adalah belajar berkomunikasi secara terbuka dengan pasanganmu. Meski terdengar klise, tapi nyatanya komunikasi yang baik adalah kunci hubungan romantis yang bebas drama.

Setiap ada konflik dalam hubunganmu, hindari untuk mendiamkan pasangan dengan harapan ia mampu membaca pikiranmu, atau bertindak agresif terhadapnya.

Sebaiknya, cobalah untuk refleksi diri terlebih dahulu, barulah menyampaikan perasaanmu dan keinginanmu terkait penyelesaian konflik dengan kepala dingin.

2. Hindari berpikiran negatif tentang pasangan

Pexels.com/Timur Weber

Saat pasanganmu lama membalas pesan lalu kamu berpikir negatif tentangnya, maka sadarilah untuk menghilangkan 'kebiasaan' tersebut demi membuat hubungan asmara yang lebih sehat.

Yes, kalau kamu mudah membuat prasangka buruk pada pasangan kemudian memercayainya, kendati dia nggak berbuat hal negatif di luar sana, yang ada nantinya kamu bakal membuat konflik yang mengada-ngada, alias menyabotase hubunganmu, Bela.

3. Hargai perbedaan pendapat

Unsplash.com/unsplash.com

Di dalam hubungan asmara, perbedaan pendapat akan selalu terjadi di antara pasangan. Daripada memaksakan pendapatmu pada pasangan, hubungan tanpa drama bisa tercipta ketika kamu mau menerima sudut pandangnya. Bukan berarti kamu harus menyetujui pendapatnya ya, Bela, hanya saja kamu perlu memvalidasi apa yang ia pikirkan dan juga rasakan.

4. Lakukan aktivitas yang seru dan positif bersama

Freepik.com/freepik

Hubungan tanpa drama juga bisa dibangun jika kamu dan pasangan kerap meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas positif bersama. Karena, hal ini dapat menghasilkan dampak yang positif di dalam hubunganmu.

Beberapa contoh aktivitas seru dan positif yang bisa kamu lakukan ialah olahraga, menjadi sukarelawan, mengikuti kelas bahasa asing bersama, dan lain sebagainya.

5. Beri dukungan satu sama lain

Pexels/Jasmin Wedding Photography

Memberikan dukungan antar pasangan nyatanya dapat membuat hubungan menjadi lebih kuat. Sebab dengan adanya dukungan, setiap pasangan akan merasa aman dan juga nyaman di dalam hubungannya.

Jadi, mulai sekarang cobalah untuk memberi dukungan pada pasanganmu. Baik itu dukungan terkait pekerjaannya atau mimpi yang ingin ia capai. Hindari memberikan kritik menjatuhkan atau bahkan meremehkan pasangamu.

6. Hargai batasan personal masing-masing

Freepik.com/freepik

Mampu menghargai batasan personal antar pasangan merupakan hal paling penting untuk membuat hubungan romantis yang sehat dan anti drama. Selain itu, menetapkan batasan yang sehat juga mendorong pertumbuhan diri.

Beberapa contoh menghargai batasan ini meliputi, menghargai waktu sendiri pasanganmu, memvalidasi perasaan pasangan, serta tidak memaksakan pendapatmu kepadanya.

7. Jadilah bahagia dengan dirimu sendiri

freepik.com

Cara bikin hubungan tanpa drama selanjutnya adalah menjadi bahagia dengan dirimu sendiri. Kalau kamu merasa bahagia dari dalam diri, akan semakin mudah bagimu untuk menebarkan kebahagiaan dalam hubungan romantismu, Bela.

Jadi, mulailah mengenali kebutuhan apa saja yang perlu untuk kamu penuhi, serta melakukan perawatan diri yang baik, semisal makan makanan yang sehat, berolahraga, tidur cukup, dan lain sebagainya.

8. Berhenti mengungkit kesalahan pasangan di masa lalu

Pexels.com/timur-weber

Ketika sedang menghadapi konflik dengan pasangan, terkadang cukup mudah untuk mulai mengungkit kesalahan pasangan di masa lalu. Tujuannya tentu saja untuk memenangkan ego salah satu pihak.

Tapi, kalau kamu melakukan hal ini, tentunya nggak akan membuat konflik dalam hubunganmu mereda. Justru dengan mulai membawa hal-hal di masa lalu, hanya bikin hubunganmu makin runyam dan semakin dipenuhi drama nggak penting.

Oleh sebab itu, belajarlah menyelesaikan permasalahan secara lebih sehat. Tak perlulah menambah ‘bumbu-bumbu’ dari masa lalu yang sebenarnya sudah terselesaikan sebelumnya.

9. Banyak mendengar, sedikit memberi saran

freepik.com/freepik

Terakhir, demi membuat hubungan asmara yang bebas drama, kamu perlu belajar untuk lebih banyak mendengarkan dan lebih sedikit memberi saran. Karena faktanya, nggak semua orang ingin mendengarkan saran ketika mereka tengah bercerita.

Dengarkanlah pasanganmu secara aktif, dan bilang padanya kalau memang dia membutuhkan saran, sampaikanlah hal itu kepadamu.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat hubungan tanpa drama. Bagaimana menurutmu, Bela?

IDN Channels

Latest from Dating