Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Cara Mengatakan 'I Love You' dalam Bahasa Jepang

Sering disebut dalam dorama dan film Jepang

Anatasia Anjani

Sering kali kita mengekspresikan cinta dengan ungkapan I Love You, namun dalam bahasa Jepang, mengatakan hal itu tidak semudah yang terlihat, terutama jika dibandingkan bahasa lain seperti bahasa Inggris.

Mengatakan "aku mencintaimu" di Jepang merupakan hal yang sulit, dan orang Jepang pada umumnya sangat jarang mengekspresikan cinta mereka secara verbal. Mereka memilih untuk menunjukkan cinta melalui tindakan dan isyarat.

Meski begitu, tetap penting untuk menguasai berbagai cara berbeda dalam mengekspresikan cinta secara verbal. Jadi, tanpa basa-basi lagi, berikut cara mengatakan ‘I Love You’ dalam bahasa Jepang.

1. Aishiteru (愛してる) – ‘I love you’

Pexels/ Mikhail Nilov

Salah satu cara paling umum untuk mengatakan 'Aku mencintaimu' dalam bahasa Jepang adalah dengan istilah ai shiteru (aye-shee-teh-ru). Istilah ini menggunakan karakter (ai), yang menunjukkan bentuk cinta yang penuh gairah.

Jika diterjemahkan secara kasar dalam bahasa Indonesia berarti aku sangat mencintaimu. Frasa ini sering kali hanya digunakan ketika orang tersebut benar-benar yakin dengan perasaannya. Jadi, orang Jepang menggunakan kata-kata ini ketika sudah sangat yakin.

2. Ai shiteimasu (あい しています) – ‘I love you (formal)’

Pexels/ Nguyễn Thanh Tùng

Dari semua cara untuk mengatakan 'aku mencintaimu' dalam bahasa Jepang, ai shiteimasu mungkin yang paling formal. Biasanya kata ini digunakan saat di pesta pernikahan ketika kedua mempelai bertukar janji dan mengungkapkan pengabdian mereka.

3. Suki yanen (好きやねん) – ‘I love ya’

Pexels/ cottonbro studio

Suki Yanen adalah cara lain yang fantastis untuk mengatakan 'aku mencintaimu' dalam bahasa Jepang. Kata ini jauh lebih informal dan termasuk bahasa gaul. Kamu bisa menggunakan kata ini saat menyatakan perasaanmu kepada si dia dengan cara yang lucu.

Lucunya lagi, Suki Yanen adalah nama merek mie yang populer di Jepang. Jadi jika muncul dalam percakapan di meja makan, jangan terlalu terkejut, ya! Nanti bisa salah arti maksudnya.

4. Koishii desu (恋しいです) – ‘I miss you’

Pexels/ Dương Nhân

Cara lain yang bagus untuk mengatakan ‘aku mencintaimu’ dalam bahasa Jepang adalah Koishii desu, yang secara kasar berarti ‘aku merindukanmu’. Seperti yang tersirat dalam terjemahannya, kata ini sangat romantis dan biasanya digunakan dalam hubungan yang serius.

5. Sugoku ai shiteru (すごくあいしてる) – ‘I love you so much’

Pexels/ Quyn Phạm

Sugoku ai shiteru adalah istilah indah lainnya untuk mengungkapkan cinta kepada seseorang, yang artinya adalah 'Aku sangat mencintaimu.' Kata ini juga sangat romantis dan sering diungkapkan kepada seseorang ketika menjalin hubungan.

6. Suki Da (愛してる) – ‘I like you’

Pexels/ Ryutaro Tsukata

Selain kata ‘I love you’, untuk mengungkapkan rasa suka dengan seseorang juga bisa menggunakannya dengan ungkapan ‘I like you’. Dalam bahasa Jepang berarti Suki Da (愛してる). Meskipun ini tidak berarti bahwa kamu sedang jatuh cinta dengan seseorang, kata ini menyiratkan bahwa kamu tertarik pada situasi seperti kencan.

Frasa ini paling sering digunakan ketika kamu telah mencapai tahap nyaman dan mengungkapkan ketertarikan satu sama lain. Perlu diingat untuk tidak menggunakan kata-kata ini dalam tahap yang terlalu awal karena mungkin akan membuat orang lain takut.

7. Daisuki (大好き) – ‘I really like you’

Pexels/ Nguyen Hung

Daisuki mengandung kanji, yang berarti "besar". Jadi, terjemahan secara bahasa Indonesianya bisa jadi 'cinta yang besar', atau 'cinta yang berlimpah'. Namun, untuk mengungkapkan kalimat ini, sangat bergantung pada konteks dan tak boleh diucapkan sembarangan.

Daisuki biasanya digunakan ketika suatu hubungan, romantis atau lainnya, telah terjalin dan kuat.

8. Aita (会いたい) – ‘I want to see you/I miss you’

Pexels/ Fran Tobi Nagashi

Aita digunakan saat kamu merindukan seseorang. Biasanya rasa rindu itu juga menunjukkan keinginan untuk bertemu dengannya. Meskipun ini bukan cara paling langsung untuk memberi tahu seseorang bahwa kamu mencintainya, ini adalah cara yang bagus untuk mengungkapkan bahwa kamu merindukan kehadirannya.

Itulah 8 cara mengatakan ‘I love you’ dalam bahasa Jepang. Ada lagi yang kamu tahu, Bela?

IDN Channels

Latest from Dating