Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Tempat Wisata di Kediri Jawa Timur, Pilihannya Beragam!

Wisata alam hingga edukasi ada semua di sini!

Zikra Mulia Irawati

Kamu sedang butuh rekomendasi tempat wisata di Kediri? Dalam artikel ini, Popbela akan memberikan daftar tujuh destinasi yang patut masuk itinerary liburan kamu di wilayah yang terletak di provinsi Jawa Timur ini.

Kediri bakal jadi kota tujuan yang cocok kalau kamu mengincar wisata edukasi atau wisata alam. Kira-kira destinasi mana saja yang bisa kamu kunjungi? Lanjut scroll untuk cari tahu, Bela!

Kampung Inggris Pare

Google Maps/Halim Asyari

Kampung Inggris Pare sudah lama jadi destinasi wisata incaran di Kediri. Tempat ini yang berlokasi di Kecamatan Pare ini disulap menjadi area wisata edukasi bahasa Inggris. Saking populernya, wisatawan yang datang tak cuma dari luar kota, tetapi juga luar negeri.

Sadar akan potensi wisata yang besar, Kampung Inggris Pare turut menyediakan pilihan tempat menginap dan kedai makanan dengan harga relatif terjangkau. Tak hanya itu, terdapat pula area taman yang gratis dikunjungi untuk menghirup udara segar.

Candi Tegowangi

kedirikab.go.id

Candi Tegowangi merupakan situs peninggalan Kerajaan Majapahit yang masih dilestarikan oleh warga Desa Tegowangi, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri. Bangunan candi ini dikelilingi oleh relief Sudamala yang menceritakan pengruwatan (pensucian) Dewi Durga menjadi Dewi Uma oleh Sadewa (Pandawa).

Mengutip dari situs resmi Pemerintah Kabupaten Kediri, candi ini berlatar belakang agama Hindu karena terdapat sejumlah arca dan Yoni di bagian bilik. Uniknya, kamu juga bisa menengok peternakan lebah saat berkunjung ke Candi Tegowangi. Warga sekitar yang tinggal di dekat gerbang masuk candi memang membudidayakan hewan penghasil madu tersebut.

Taman Brantas

Google Maps/Sultan Kediri

Warga Kediri memiliki ruang terbuka hijau bernama Taman Brantas. Area yang berlokasi di bantaran Sungai Brantas sekaligus pusat kota ini menyediakan berbagai spot ciamik yang cocok dijadikan sebagai tempat bersantai.

Tak hanya itu, Taman Brantas juga dimanfaatkan untuk menaungi komunitas sepeda BMX dan skateboard. Fasilitasnya pun lengkap, mulai dari area kuliner hingga musala. Di area ini juga pengunjung bisa bercengkrama langsung dan memberi pakan kepada burung merpati yang melintas.

Kediri's Photograph Museum

Google Maps/Kediri's Photograph Museum

Tertarik untuk mengulik sejarah Kediri lebih jauh? Kediri's Photograph Museum bakal jadi destinasi wisata yang paling pas. Koleksi tempat ini mencakup potret-potret bersejarah di kabupaten ini yang telah dikurasi oleh pengelolanya sejak dibuka pada 2010 lalu. 

Kediri's Photograph Museum berlokasi di Jl. Kapten Tendean No.60/160, Ngronggo, Kecamatan Kota, Kota Kediri. Menurut informasi dari pengelola, tidak ada biaya masuk untuk berkunjung ke sini. Hanya saja, calon pengunjung harus membuat reservasi terlebih dahulu melalui kontak yang tersedia di situs Google Maps resminya. 

Goa Selomangleng

Google Maps/Mang Kelin

Goa Selomangleng merupakan wisata alam dan sejarah yang berada di Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Tempat ini diyakini pernah menjadi lokasi pertapaan Dewi Kilisuci (Sanggramawijaya Tunggadewi), putri mahkota Raja Airlangga dari Kerajaan Kahuripan.

Kata Selomangleng diambil dari bahasa Jawa Selo yang artinya batu dan Mangleng yang artinya miring. Goa ini memang terletak di lereng bukit kira-kira 40 meter dari tanah terendah di kawasan. Di bebatuannya terdapat relief yang masih terlihat jelas. Di area kompleks ini, terdapat pula Museum Airlangga dan renang yang bisa menjadi daya tarik wisata.

Kawasan Wisata Besuki

Google Maps/Alya Adibba

Kawasan Wisata Besuki harus jadi tujuan utama di Kediri jika ingin berwisata alam. Di area yang berlokasi di Kecamatan Mojo ini, kamu bisa berkunjung ke Air Terjun Ironggolo, Air Terjun Dolo, Taman Langit, atau berkemah di pusat perkemahan yang tersebar di beberapa titik area ini.

Dengan lokasinya yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan, berwisata di sini akan jadi agenda liburan yang pas jika kamu butuh menghirup udara segar. Kamu bisa menuju ke sini dengan kendaraan pribadi karena akses jalannya yang sudah memadai.

Alun-alun Kediri

Google Maps/Isnan Wijarno

Berkunjung ke sebuah kota rasanya belum lengkap jika tak menyambangi alun-alun mereka. Di Alun-alun Kediri, kamu bisa berwisata kuliner dan religi sekaligus. Di area tersebut, berdiri Masjid Agung Kota Kediri yang nyaman digunakan untuk beribadah.

Alun-alun Kediri berlokasi di Jl. Panglima Sudirman, Kp. Dalem, Kecamatan Kota, Kota Kediri. Buat kamu yang ingin berburu kuliner dengan harga terjangkau, jangan sampai kelewatan mengunjungi destinasi yang satu ini, ya!

IDN Channels

Latest from Travel