Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Tempat Outbound di Semarang, Seru dan Mengasyikkan!

Mana yang jadi tujuanmu?

Wahyu Fitri Utami

Semarang sebagai ibu kota Provinsi Jawa Tengah, tidak hanya dikenal dengan budaya dan sejarahnya yang unik, namun juga beragam destinasi wisata seru. Ada berbagai tempat wisatanya yang bisa kamu jadikan tempat outbound.

Mengisi waktu libur dengan melakukan outbound bersama teman maupun keluarga tentu menjadi hal yang menyenangkan. Berikut ini ada 7 pilihan tempat outbound di Semarang dengan aktivitasnya yang seru. Yuk, simak!

1. Little Ranch Sidomukti

instagram.com/jonathan.gabriello.supriyanto

Lokasi: Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang (satu kawasan dengan Umbul Sidomukti).

HTM: Rp20.000.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00–18.00 WIB.

Mengusung konsep wisata berbasis edukasi, Little Ranch Sidomukti hadir dengan tempat wisatanya yang khas pegunungan di New Zealand. Lokasinya masih satu kawasan dengan Umbul Sidomukti.

Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, kamu bisa melihat suasana peternakan khas Eropa yang sangat menarik. Di sini pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seru, mulai dari memberi makan hewan ternak, berkuda, mengendarai ATV, archery, E-cycle, dan bermain di wahana playground lainnya.

2. Umbul Sidomukti

instagram.com/umbul.sidomukti

Lokasi: Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

HTM: Rp5.000 (belum termasuk wahana permainan).

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00–18.00 WIB.

Di antara berbagai obyek wisata di Semarang, Umbul Sidomukti merupakan destinasi wisata yang populer. Lokasinya berada di lereng Gunung Ungaran sehingga udaranya cukup dingin dan sejuk. Daya tarik tempat ini sebenarnya terletak pada kolam renang dari mata air alaminya yang segar.

Ada beragam aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini, mulai dari berenang, wahana pacu adrenalin, playground, outbound, camping, dan lainnya. Kamu bisa outbound di tempat ini sambil menikmati pemandangan alam yang ditawarkan pada ketinggian 1200 mdpl. Adapun wahana pacu adrenalin yang bisa dicoba, seperti flying fox, marine bridge, triangle, sepeda awang, dan ATV.

3. Kopeng Treetop Adventure Park

instagram.com/zaskiyasa

Lokasi: Jalan Raya Kopeng, Dusun Selo Ngisor, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

HTM: Rp80.000.

Jam operasional: Selasa-Minggu, pukul 09.00-17.00 WIB.

Mencari tempat outbound di Semarang yang lokasinya di dalam hutan? Kamu bisa coba datang ke Kopeng Treetop Adventure Park.

Destinasi ini menghadirkan konsep wisata adventure dengan beragam aktivitas seru dan menantang, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Mulai dari outbound treetop, zipcoaster, skiban, caving, hingga ATV.

Ada juga fasilitas camping yang terdiri dari tiga jenis, yakni Star Camp, Glamping, dan Wood Cabin Camp. Kamu dapat mencoba wahana permainan yang ada mulai dari harga Rp60.000 hingga Rp440.000.

4. Green Valley Bandungan

instagram.com/zam.zamair

Lokasi: Jalan Ampel Gading, RT 05/RW 06, Dusun Ampel Gading, Desa Kenteng, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Harga: Rp494.628 per malam/kamar.

Green Valley Bandungan merupakan hotel bintang 3 yang terletak di pegunungan. Tak hanya menawarkan penginapan, Green Valley juga menjadi tempat outbound di Semarang dengan suasana yang tenang dan sejuk. Panorama Gunung Ungaran juga menambah cantik tempat ini.

Ada berbagai fasilitas yang disediakan, seperti restoran, aula, area outbound, kolam renang, lapangan futsal, paintball, meja ping-pong, VIP karaoke, playground, dan lainnya. Letaknya yang tak jauh dari jalan utama Bandungan, cukup memudahkan pengunjung untuk menemukan lokasi tempat wisata ini.

5. Dusun Semilir

instagram.com/dusunsemilir

Lokasi: Jalan Soekarno-Hatta No.49, Ngemplak, Bawen, Kabupaten Semarang.

HTM: Rp30.000 di weekdays dan Rp40.000 di weekend.

Jam operasional: Senin–Jumat, pukul 09.00–17.00 WIB dan Sabtu–Minggu, pukul 08.00–18.00 WIB.

Main ke Semarang, tentu kamu tak asing lagi dengan tempat ini. Apalagi lokasinya berada persis di jalan utama. Tempat ini menawarkan destinasi leisure park yang menggabungkan antara wahana permainan dengan penginapan, spot foto menarik, perbelanjaan, wisata kuliner, dan area outbound dalam satu kawasan wisata.

Tersedia 6 paket outbound, seperti tanam padi, tangkap ikan, berenang, tank-tank group, dan lainnya. Selain itu, one stop destination yang diusung oleh tempat wisata ini akan membuat kamu betah berlama-lama.

6. Kampoeng Banyumili

instagram.com/karismodityo

Lokasi: Jalan Raya Salatiga Muncul No. Km 3, Dusun Bandungan, Desa Gedangan, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang.

HTM: Gratis, kecuali untuk kegiatan camping, outbound, dan meeting.

Jam operasional: Selasa-Minggu, pukul 09.00–17.00 WIB.

Kampoeng Banyumili sebenarnya merupakan sebuah resto yang dilengkapi dengan area outbound. Tempat ini menawarkan destinasi wisata dengan latar belakang pemandangan Gunung Merbabu dan Telomoyo.

Wahana permainan yang ditawarkan di tempat ini beragam, mulai dari flying fox, water outbound, low ropes, dan lainnya. Bahkan kamu bisa seru-seruan dengan naik jeep di sini. Jika lapar, bisa langsung mendatangi resto yang disediakan di tempat ini.

7. Eling Bening

instagram.com/heidi_handayani

Lokasi: Jalan Sarjono, Kelurahan Bawen, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang.

HTM: Rp30.000 di weekdays dan Rp35.000 di weekend.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00–19.00 WIB.

Mencari tempat untuk menikmati keindahan Rawa Pening? Eling Bening jawabannya. Tempat ini dilengkapi dengan fasilitas kolam renang dan restoran untuk pengunjungnya.

Tak hanya bisa digunakan sebagai tempat outbound, Eling Bening juga menyediakan area untuk berkemah. Tempatnya yang berada di atas bukit membuat wisata ini diminati oleh pengunjung karena pemandangannya yang indah.

Demikian, beberapa tempat outbound di Semarang. Mana yang kamu pilih, Bela? 

IDN Channels

Latest from Travel