Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Rekomendasi Wisata Malam di Solo Untuk Referensi Nongkrong Bareng

Makin malam makin seru!

Audia Natasha Putri

Kota Solo dikenal punya suasana budaya Jawa yang kental dan menghasilkan batik yang cantik. Bukan hanya itu, kota yang terletak di Jawa Tengah ini terkenal istimewa karena kaya akan keberagamannya, mulai wisata, sejarah, kuliner, hingga budaya.

Kalau liburan ke Solo, jangan lupa untuk menjajal wisata malamnya yang meriah. Kebanyakan tempat wisata malam di Solo berada di daerah alun-alun kota, dengan banyak atraksi seru dan dan punya ragam kuliner otentik yang lezat.

Berikut ini adalah rekomendasi tempat wisata malam di Solo yang patut kamu kunjungi.

1. Taman Sriwedari

Betanews.com

Rekomendasi wisata malam Solo yang pertama adalah Taman Sriwedari. Tempat ini rutin menyelenggarakan hiburan atraktif yang menampilkan pertunjukan wayang setiap malamnya.

Destinasi wisata ini selalu buka setiap hari dari jam 10.00 hingga 22.00. Dulunya, Taman Sriwedari difungsikan sebagai tempat rekreasi dan peristirahatan bagi keluarga kerajaan. Namun, kini dialihfungsikan menjadi pusat perkembangan kesenian dan kebudayaan di Kota Solo.

Catatan sejarah menuliskan bahwa taman hiburan di Solo ini dibangun pada masa Kolonial Belanda di tahun 1887. Kata Wedari sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti taman bunga. Sementara Sri bermakna cantik, elok, dan menawan.

Alamat: Jl. Brigjend Slamet Riyadi, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta

2. Balai Kota Solo

Solo Balapan

Balai Kota Solo sebenarnya difungsikan sebagai kantor pemerintahan daerah setempat. Sebelum dibuka untuk umum, dulunya kantor ini dikhususkan untuk pegawai pemerintah saja.

Namun karena punya halaman yang luas, pemerintah setempat pun memperbolehkan Balai Kota Solo menjadi destinasi wisata malam. Banyak masyarakat dan turis mampir ke sini untuk kongkow atau sekadar duduk santai sambil melihat keindahan Balai kota Solo pada malam hari.

Terlebih lagi banyak jajanan di sekitaran seperti telur gulung, jagung rebus, sempol, hingga berbagai camilan lainnya yang membuat tempat ini selalu ramai dipadati.

Alamat: Jl. Jend. Sudirman No.2, Kp. Baru, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta

3. Alun-Alun Kidul Surakarta

Dok. Wikipedia

Alun-Alun Kidul Surakarta terletak di pelataran atau halaman belakang dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Biasanya warga sekitar dan turis menghabiskan malam di sini untuk mencicip kuliner khas Solo atau sekedar berkumpul bersama.

Destinasi malam ini buka dari pagi hingga malam, serta bebas tiket masuk alias gratis. Aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sini di antaranya adalah menikmati suasana alun-alun, menaiki becak modifikasi, atau melihat atraksi hiburan di malam hari. 

Alamat alun-alun ini terletak di Jl. Gading, Gajahan, Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

4. Pasar Malam Ngarsopuro

Dok. Dinas Pariwisata Jawa Tengah

Namanya juga pasar malam, pasti selalu menjadi tujuan tempat hiburan favorit banyak orang di malam hari. Sama seperti kota kebanyakan, Solo punya pasar malam bernama Pasar Malam Ngarsopuro.

Uniknya, pasar malam ini tercipta dari peraturan car free night di Kota Solo. Pasar ini buka setiap hari mulai pukul 19.00 hingga 23.00. Di sinilah, kamu bisa membeli aneka ragam pakaian, makanan, dan oleh-oleh khas Solo dengan harga terjangkau.

5. Wedangan Pendopo

Dok. Wisata Indonesia

Kalau ingin menikmati nuansa kuliner Solo yang kental di malam hari, datanglah ke Wedangan Pendopo. Sama seperti tempat angkringan pada umumnya, Wedangan Pendopo menjadi tempat nongkrong malam favorit para warga. Banyak makanan tradisional murah dan enak di sini. Seperti baceman, aneka bakar-bakaran, atau makanan khas Jawa Tengah.

Tak hanya kenyang, kamu juga turut larut dalam suasana budaya yang kental di sini. Mengingat angkringan ini mengusung konsep interior budaya Jawa dengan menyediakan kursi dan meja jadul, wayang, alat musik tradisional sebagai pajangannya.

Lokasinya berada di Jl. Srigading I No. 7, Mangkubumen, Banjarsari, Kota Surakarta. Kamu bisa mengunjungi wedangan ini setiap hari mulai pukul 15.00 – 22.00 

6. Galabo Solo

Kalau ke Solo, jangan lupa untuk kulineran malam di Galabo Solo.  Buka mulai pukul 17.00 WIB hingga menjelang pagi, Gelabo Solo merupakan pusat wisata kuliner malam di kota Solo. Wisata kuliner malam ini merupakan singkatan dari Gladag Langen Bogan.

Tersedia berbagai jenis kuliner yang menggiurkan, mulai dari makanan kekinian hingga khas tradisional Solo, seperti gudeg ceker, rawon, hingga timlo.

Kalau penasaran, kamu bisa mendatanginya di Jalan Timur Bundaran Gladag, tepatnya di Jalan Kapten Mulyadi, Desa Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta. 

7. Pasar Gede

Dok. Travel Tempo

Pasar Gede merupakan highlight wisata malam Solo yang tak boleh dilewatkan. Pasar tradisional terbesar di Kota Solo ini sudah ada sejak tahun 1927.  Selain merupakan pusat perbelanjaan, pasar ini juga menjadi surga kuliner bagi wisatawan yang ingin jajan dan menikmati makanan khas Solo.

Banyak jajanan tradisional yang bisa kamu temukan di sini, mulai dari gempol pleret, tahok, cabuk rambak, es dawer. Lokasinya ada di Jl. Jend. Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kec. Jebres, Kota Surakarta. Tempatnya luas dan bersih, sehingga pengunjung akan merasa nyaman saat sedang berbelanja di sini.

Itu tadi rekomendasi  tempat wisata malam di Solo yang bisa menjadi referensi liburanmu. Semoga bisa menjadi inspirasi liburan kamu selanjutnya ya!

IDN Channels

Latest from Travel