Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Tempat Wisata di Jonggol yang Lagi Hits

Dari wisata alam sampai taman bermain ada semua di Jonggol

Aisyah Banowati

Kecamatan Jonggol di Kabupaten Bogor menyimpan banyak lokasi wisata yang nggak kalah hits dari kecamatan lain di Bogor, lho! Mulai dari wisata alam seperti curug, wisata edukasi, taman bermain, hingga lokasi untuk trekking ada semua di Jonggol. 

Lokasi kecamatan Jonggol yang tidak jauh dari Jakarta pun menjadi nilai plus untuk kamu yang ingin healing sejenak dari rutinitas yang membosankan. So, tertarik berwisata di Jonggol? Berikut referensi tempat wisata di Jonggol yang lagi hits buat kamu datangi.

1. Curug Country Jonggol

instagram.com/iwan_fauz0508

Curug Country Jonggol atau yang juga dikenal sebagai curug jodoh ini biasanya ramai dikunjungi kala weekend. Lokasinya yang masih alami dan asri membuat pengunjung betah berlama-lama di sini. 

Pengunjung juga diperbolehkan untuk berenang dan bermain air sepuasnya. Cukup membayar harga tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang, kamu dapat menghabiskan waktu seharian di sini. 

Di sisi lain, fasilitas yang disediakan pihak pengelola seperti toilet dan tempat parkir pun terbilang cukup memadai. Ditambah, daerah sekitar sekitar Curug Country Jonggol kini semakin ramai dengan pilihan penginapan serta rumah makan milik warga lokal. 

2. Taman Buah Mekarsari

instagram.com/mekarsari_fruitgarden

Taman Buah Mekarsari merupakan salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah-buahan tropika terbesar di dunia. Mekarsari juga dijadikan sebagai tempat penelitian budidaya, pemuliaan, dan perbanyakan bibit unggul sebelum disebarluaskan kepada petani dan masyarakat umum.

Selain berwisata edukasi di Taman Buah Mekarsari, pengunjung juga dapat menikmati serunya bermain di berbagai wahana permainan lain yang telah disediakan. Mulai dari Water Kingdom, Waterball, Istana Balon, area Kids Bound, mengendarai ATV, berkeliling dengan Perahu Naga, hingga berkuda. 

Melalui lama Instagram resminya, Taman Buah Mekarsari secara berkala mengupdate jadwal kalender wisata mereka. Jadi, pastikan kamu datang di saat mereka terbuka untuk umum, yap! Harap dicatat pula bahwa setiap area bermain memiliki harga tiket yang berbeda-beda, yakni mulai dari Rp15.000 sampai Rp100.000 (high season). 

3. Gunung Batu Jonggol

instagram.com/tamangunungbatu

Gunung Batu Jonggol—sama seperti namanya—punya jalur pendakian yang dipenuhi oleh bebatuan. Gunung yang satu ini cocok dikunjungi oleh para pendaki pemula sebab ketinggian gunung tidak mencapai 1000 mdpl. 

Setiap calon pendaki akan dikenakan tarif sebesar Rp20.000 saja. Untuk mencapai puncak, para pendaki akan melewati sungai, persawahan, serta bukit dengan pemandangan alam yang akan menyegarkan mata selama perjalanan kurang lebih satu setengah jam. 

4. Curug Cipamingkis

instagram.com/curugcipamingkisofficial

Curug Cipamingkis merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan di waktu weekend. Area sekitar Curug Cipamingkis yang masih alami dengan udara yang sejuk jadi alasan utama lokasi wisata yang satu ini selalu ramai. 

Fasilitas yang memadai seperti lahan parkir dan toilet membuat banyak pengunjung betah di sini. Bagi wisatawan yang tertarik untuk berlibur di Curug Cipamingkis hanya perlu membayar tiket sebesar Rp35.000 (weekday) dan Rp40.000 (weekend). 

Tidak jauh dari Curug Cipamingkis terdapat Taman Baratayudha yang apik dengan patung Kresna berserta kereta perang miliknya. Menariknya lagi, bagi pengunjung yang ingin bermalam di Curug Cipamingkis tersedia berbagai pilihan vila dan kamar dengan fasilitas dan harga yang beragam.

5. Villa Khayangan

instagram.com/villa_khayangan_bogor

Villa Khayangan merupakan spot liburan yang cocok untuk liburan bersama keluarga. Lokasi wisata yang satu ini punya beragam permainan yang dapat dinikmati anak-anak sampai orang dewasa seperti Ayunan Extream, Flying Fox, Bebek Air, Sepeda Gantung, Bioskop 3D, hingga Virtual Reality. 

Jika berkunjung di kala weekday pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk Rp35.000, sedangkan weekend akan dikenakan tarif Rp40.000 per orang. Harga yang dibayarkan sudah termasuk tiket untuk berenang dan masuk kolam terapi ikan. Perlu dicatat, khusus untuk weekday harga tiket kunjungan sudah termasuk nonton bioskop 3D.

Pengunjung yang ingin menginap bisa menyewa penginapan mulai dari Rp150.000 per malam untuk dua orang. Terdapat berbagai pilihan model kamar dan tenda yang dapat disesuaikan dengan jumlah orang yang menginap serta bujet liburan. Pengunjung pun diperbolehkan membawa tenda sendiri sehingga hanya perlu membayar tiket masuk saja.

6. Curug Cidulang

instagram.com/villa_khayangan_bogor

Curug Cidulang terletak di Jalan Puncak Dua, Sinarjaya, Kecamatan Jonggol. Sebelum sampai di Curug Cidulang, para pengunjung perlu trekking melewati aliran sungai dan hutan. 

Kolam air di bawah air terjun yang bersih memungkinkan para pengunjung untuk berenang. Fasilitas seperti kamar mandi dan tempat untuk salat pun telah disiapkan oleh pihak pengelola. Semua dapat dinikmati dengan membayar tiket masuk sebesar Rp15.000 per orang. 

7. Hutan Pinus Cipamingkis

instagram.com/ivanalexander_v.i.j

Hutan Pinus Cipamingkis terletak di kawasan hutan Perhutani Bogor yang tidak jauh dari tempat wisata Curug Cipamingkis. Lokasinya terletak diketinggian 1.200 meter DPAL dengan luas 16,5 hektar di petak 30C.

Selain menikmati alam yang asri dengan udara yang sejuk, pengunjung dapat menghabiskan waktu di Stone Garden, Kolam Bharatayuda, atau berfoto di Perahu Aspara. Di sini, para pengunjung juga diperbolehkan bermalam di area camping ground.

Itulah tujuh tempat wisata di Jonggol yang lagi hits. Kalau kamu ada waktu tertarik mengunjungi yang mana dulu, nih?

IDN Channels

Latest from Travel