Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Pantai Drini Gunung Kidul: Lokasi, Tiket, dan Daya Tarik

Masuk daftar itinerary-mu nggak nih?

Wahyu Fitri Utami

Main ke Gunung Kidul kurang afdal rasanya jika tidak berkunjung ke pantai-pantainya yang indah. Salah satu pantai yang wajib kamu kunjungi yaitu Pantai Drini.

Pantai berpasir putih ini menawarkan birunya air laut berpadu dengan perbukitan karst indah di sekelilingnya. Penamaan Drini sendiri sebenarnya berasal dari pohon drini yang dahulu tumbuh mendominasi di tempat ini.

Jika kamu sedang mencari pantai dengan pemandangan indah di Gunung Kidul, Pantai Drini bisa dimasukkan ke dalam list itinerary-mu. Apalagi pantai ini menawarkan suasana tenang yang jauh dari hiruk-pikuk kehidupan kota sehingga cocok sebagai tempat healing-mu. Sebelum ke sana yuk, simak informasi lengkap seputar Pantai Drini Gunung Kidul berikut ini.

1. Lokasi dan rute menuju Pantai Drini

instagram.com/arif_hidayah16

Pantai Drini terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Perjalanan menuju pantai ini membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam dari pusat kota. Jika datang dari arah Kota Yogyakarta, kamu bisa melajukan kendaraanmu menuju Jalan Nasional III. Ikuti jalan tersebut hingga sampai di Jalan Mataram dan lanjutkan ke arah Muja Muju.

Dari Muja Muju lurus terus ke arah Jalan Playen Paliyan, Jalan Raya Panggang Wonosari, dan belok kiri ke Jalan Pantai Selatan Jawa. Setelah itu, ikuti jalur tersebut dan belok kanan menuju Jalan Drini Timur.

Lanjutkan perjalananmu kurang lebih sekitar 550 meter lagi hingga sampai ke lokasi. Akses menuju Pantai Drini Gunung Kidul sudah beraspal sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi akan medan jalan.

2. Harga tiket dan jam operasional

instagram.com/ayu.bagja

Harga tiket masuk ke destinasi wisata yang satu ini masih cukup terjangkau. Kamu hanya perlu membayar tiket sebesar Rp10.000 saja untuk dapat menikmati keindahan Pantai Drini. Sementara itu, bagi kamu yang membawa kendaraan, pihak pengelola mematok biaya parkir sebesar R 2.000 (motor), Rp5.000 (mobil), dan Rp20.000 (bus).

Harga tiket yang relatif murah ini memungkinkan pengunjung dapat menikmati keindahan pantai tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. Untuk jam operasional, pantai ini memiliki akses 24 jam lho, Bela!

3. Daya tarik Pantai Drini

instagram.com/nonawinda.w2

Pantai Drini Gunung Kidul memiliki daya tarik tersendiri yang berbeda dengan pantai lain di kabupaten ini. Selain menawarkan keindahan yang tiada tara, Pantai Drini menawarkan dua sisi pantai yang seakan terbelah karena keberadaan pulau kecil di tengahnya.

Sisi timur pantai menyajikan pemandangan cantik berupa hamparan pasir putih dipadukan dengan perbukitan hijau yang menyegarkan mata. Pantainya yang bersih dan tenang, cocok untuk kamu yang ingin bersantai di tengah kepenatan duniawi. Sementara itu, sisi barat biasanya digunakan oleh para nelayan sebagai tempat berlabuh dan menjual ikan.

Pantai ini menjadi tempat ideal untuk menikmati matahari terbenam. Pemandangan matahari terbenam yang indah dengan langit berwarna merah jingga tentu menciptakan suasana romantis dan menenangkan.

4. Aktivitas seru yang bisa dilakukan

instagram.com/afifah_alzam

Berkunjung ke Pantai Drini Gunung Kidul, tidak cukup jika hanya menikmati pemandangannya saja. Ada beragam aktivitas seru yang bisa kamu coba selama berada di pantai ini, di antaranya:

  • Berswafoto di spot instagramable

Pantai Drini punya beragam sudut yang bisa dieksplor untuk foto cantikmu. Salah satu spot yang tidak boleh kamu lewatkan ialah berfoto di atas tebing area pantai. Dari tebing ini kamu bisa sekaligus melihat pemandangan memukau dari pantai ini.

Selain tebing, kamu bisa berswafoto di dekat kapal, jembatan, hingga puncak Pantai Drini. Latar belakang alam yang indah, menjadi tempat sempurna untuk hasil foto instagramable-mu.

  • Snorkeling dan bermain kano

Tak lengkap rasanya, jika kamu tidak mencoba snorkeling di pantai ini. Apalagi Pantai Drini punya air laut yang biru dan jernih. Kamu bisa melihat biota laut dan terumbu karang yang masih terjaga dengan baik.

Menikmati keindahan pantai dengan menggunakan kano juga bisa menjadi hal yang menyenangkan di tempat ini. Apalagi ombak pantainya tidak terlalu besar. Kamu bisa menyewa kano dan alat snorkeling di kawasan pantai dengan harga Rp50.000.

  • Kuliner di warung pinggir pantai

Di sekitar Pantai Drini terdapat beberapa warung makan yang menyajikan berbagai hidangan laut segar dan makanan lokal. Kamu pun tidak perlu repot-repot menyiapkan bekal.

  • Berkemah

Bagi kamu yang hobi camping, pantai ini juga bisa digunakan untuk area berkemah. Menghabiskan malam di pantai dengan suara ombak menenangkan dan langit penuh bintang tentu menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Pastikan kamu membawa perlengkapan kemah dan mematuhi aturan setempat untuk menjaga kebersihan lingkungan ya, Bela.

Pantai Drini Gunung Kidul menawarkan kombinasi sempurna antara keindahan alam, ketenangan, dan berbagai aktivitas serunya. Daya tarik pantai ini menjadi pilihan yang tepat untuk liburan bersama keluarga, teman, maupun pasangan. Selamat liburan!

IDN Channels

Latest from Travel