Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Wisata di Sukabumi yang Lagi Hits, Mana Favoritmu?

Wisata ikonik dan terjangkau di Sukabumi

Nindi Widya Wati

Bila tengah berada di Jawa Barat, maka jangan lupa untuk mengunjungi wisata Sukabumi yang lagi hits belakangan ini. Bukan hanya menyuguhkan keindahan alam, akan tetapi tempat wisata di Kota Mochi ini juga menawarkan berbagai aktivitas seru dengan harga terjangkau.

Mulai dari wisata alam gunung, pantai, hingga curug di Sukabumi selalu berhasil menarik perhatian para wisatawan. Lantas, mana saja rekomendasi wisata di Sukabumi? Mari simak informasinya berikut ini, Bela! 

1. Situ Gunung

Dok. Istimewa

Saat berkunjung di Sukabumi, ada wisata tersohor Situ Gunung yang berlokasi di Desa Sukamanis, Kecamatan Kadudampit. Wisata ini dikenal karena beragam spot foto ikoniknya, salah satunya Situ Gunung Suspension Bridge yang berstatus sebagai jembatan gantung di tengah hutan terpanjang di Asia Tenggara.

Untuk masuk ke Situ Gunung saat hari biasa pengunjung cukup membayar tiket dari Rp16 ribu, lalu untuk weekend tiketnya seharga Rp19 ribu per orang. Jam buka Situ Gunung pada hari biasa mulai pukul 07:00 WIB sampai 16:00 WIB, sedangkan saat weekend dan high season mulai pukul 07:00 WIB sampai 17:00 WIB. 

2. Wisata Alam Oasis

Dok. Istimewa

Berbicara mengenai wisata di Sukabumi yang lagi hits, wajib ke Wisata Alam Oasis, yang baru diresmikan pada tahun 2023. Tempat bermain yang menawarkan playground, waterpark, hingga wisata kuliner ini berlokasi di Jalan Mayor Mahmud, Desa Sukajaya, Kecamatan Sukabumi. 

Untuk bisa menikmati Wisata Alam Oasis, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp15 ribu per orang. Ada harga tiket terpisah untuk wahana waterpark yaitu Rp10 ribu per orang dan wahana perahu Rp10 ribu per orang. Mengenai jam buka Wisata Alam Oasis, mulai pukul 09:00 WIB sampai 22:00 WIB. 

3. Pantai Karang Hawu

Instagram com / _alix_ain_

Pantai Karang Hawu menjadi salah satu pantai yang terkenal di Sukabumi, karena keindahan tebing yang menjorok ke laut. Pantai yang banyak menarik wisatawan untuk olahraga surfing ini, berlokasi di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Harga tiket masuk Pantai Karang Hawu cukup ramah di kantong, karena hanya sebesar Rp2.500 per orang. Melalui wisata alam yang buka 24 jam ini, pengunjung bisa pula menikmati wisata kuliner seperti soto khas Sukabumi, nasi tutug oncom, hingga sekoteng. 

4. Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu

Instagram com / abdoil_gopur11

Bila ingin menikmati wisata alam sembari belajar keanekaragaman budaya, maka patut mengunjungi Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu. Wisata yang ditetapkan UNESCO pada tahun 2018 ini, mencakup delapan desa di Kecamatan Ciemas dan Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi. 

Sebagai wisata alam, Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu buka 24 jam dengan waktu kunjung terbaik saat pagi hingga sore hari. Dengan harga tiket masuk Rp280 ribu, pengunjung bisa menjelajahi Air Terjun Cimarinjung, Puncak Darma, Curug Cikanteh, Curug Sodong, sampai Pantai Palampang.

5. Pantai Cimaja

Instagram com / dennieramon

Wisata di Sukabumi yang lagi hits berikutnya, cocok untuk kamu yang suka atau mau belajar surfing. Jangan lupa kunjungi Pantai Cimaja yang berlokasi di Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak. 

Wisata pantai yang masuk kawasan Geopark Ciletuh ini, memiliki ombak ciamik yang kerap menjadi pilihan peselancar pemula hingga profesional. Pantai Cimaja memang buka 24 jam, namun waktu terbaik untuk mampir saat pagi hari karena keindahan pemandangan matahari terbitnya. 

6. Curug Lembah Purba

Instagram com / fathania_krna

Pengunjung bisa menjelajahi lembah purba dengan keindahan curug kembarnya, yang berlokasi di Jalan Sukamaju, Kecamatan Kadudampit. Untuk menuju ke Curug Lembah Purba, wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari Kota Sukabumi.

Tarif masuk Curug Lembah Purba sebesar Rp400 ribu, sudah mencakup tiket masuk Taman Wisata Nasional Gunung Gede Pangrango, tiket masuk Jembatan Suspensions Bridge, didampingi pemandu, serta mendapat makan siang. Jam buka Curug Lembah Purba pada hari Senin-Jumat pukul 07:00 WIB-16:00 WIB, sedangkan hari Sabtu dan Minggu pukul 07:00 WIB-17:00 WIB.

7. Rafting Citarik

Instagram com / rajnanjar

Kalau ingin menguji adrenalin untuk wisata di Sukabumi yang lagi hits, maka cobalah menjajal wisata arung jeram di Sungai Citarik. Rute arung jeram dengan arus cukup deras dan kuat ini, berlokasi di Taman Nasional Gunung Halimun, Kecamatan Cikadang, Kabupaten Sukabumi.

Wisata yang kerap disebut Rafting Citarik ini, buka setiap hari 24 jam. Mengenai tarif arung jeram di Sungai Citarik dengan rute 17 kilometer berkapasitas 10 orang dikenakan biaya Rp475 ribu per orang. Harga tersebut sudah termasuk perlengkapan arung jeram, pemandu, makan dan minum, transportasi, asuransi, serta e-certificate.

8. Curug Cikaso

Instagram com / mariaqmar

Mari bergeser ke Curug Cikaso yang tersohor karena memiliki tiga titik aliran dengan kolam bening berwarna biru kehijauan di dasarnya. Curug Cikaso berlokasi di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi.

Curug dengan lebar 100 meter dan tinggi sekitar 30 meter ini, buka setiap hari mulai pukul 06:00 WIB sampai 17:00 WIB. Untuk menikmati keindahan Curug Cikaso, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk Rp5 ribu per orang. Sedangkan, kalau ingin naik perahu menuju anak sungai cukup membayar Rp10 ribu per orang.

9. Gua Buniayu

Instagram com / paramatours

Bila tengah berada di Sukabumi, maka ada Gua Buniayu yang bisa menjadi wisata alam seru. Gua Buniayu yang berjarak sekitar 28 kilometer dari pusat Kota Sukabumi atau beralamat di Kertaangsana, Kecamatan Nyalindung.

Gua Buniayu hanya buka setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu setiap pukul 08:00 WIB sampai 16:00 WIB. Hanya dengan membayar Rp25 ribu per orang, pengunjung bisa menyusuri Gua Buniayu lengkap dengan taman bermain, rumah bambu, outbound, hingga rumah singgah.

Itulah, 9 tempat wisata di Sukabumi yang lagi hits. Jadi, mana wisata yang akan masuk daftar liburanmu, Bela? 

IDN Channels

Latest from Travel