Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Tempat Wisata di Jogja untuk Keluarga, Ramah Anak!

Suasananya menyenangkan

Nafi' Khoiriyah

Musim liburan tiba, kini saatnya untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dengan berwisata ke Jogja. Kota ini selalu menjadi destinasi yang menarik dengan berbagai spot yang tak ada habisnya. 

Mulai dari destinasi wisata alam, wisata sejarah, sampai wisata budaya bisa kamu jumpai di Kota Pelajar ini. Namun jika kamu berlibur bersama orang tua dan anak, tentunya jangan lupa pertimbangkan untuk memilih tempat wisata di Jogja untuk keluarga, seperti berikut ini.

1. Obelix Hills

instagram.com/obelixhills

Obelix Hills menjadi destinasi wisata Jogja pertama yang menarik dikunjungi bersama keluarga. Lokasinya berada di sebelah Timur Kota Jogja dengan daya tarik pemandangan sunset dari ketinggian. 

Kamu bisa sekadar bersantai sambil menikmati pemandangan atau mengabadikan foto di spot menarik yang ada di Obelix Hills. Ada pula restoran yang menyajikan aneka hidangan lezat untuk dinikmati. 

Lokasi Obelix Hills: Klumprit, Blok I & 2, Klumprit II, Wukirharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

2. Ledok Sambi

instagram.com/ledoksambiecopark

Tempat wisata di Jogja untuk keluarga selanjutnya ada di sisi utara Kota Jogja, yakni Ledok Sambi. Suasana tempat ini begitu asri dengan indahnya pemandangan sawah dan sungai yang mengalir. 

Pengunjung bisa merasakan suasana pedesaan sambil bermain di aliran sungai yang ada di dalamnya. Ada pula berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini, seperti flying fox, hingga outbound. 

Lokasi Ledok Sambi: KM. 19, Jl. Kaliurang No.2, Area Sawah, Pakembinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

3. Waterbom Jogja

instagram.com/waterboomjogja

Sementara jika kamu berlibur dengan anak-anak yang suka bermain air, Waterboom Jogja adalah destinasi yang tepat untuk dikunjungi. Di dalamnya terdapat beragam wahana menarik dan seru untuk dicoba. 

Wahana tersebut antara lain adalah Beki Adventure yang merupakan seluncuran tertinggi. Lalu ada pula Donte Wild River yang bisa kamu gunakan untuk bersantai. Terakhir adalah South Becah yang menarik perhatian dengan tujuh macam ombak di dalamnya. 

Lokasi Waterbom Jogja: Jalan Utara, Jenengan, Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

4. Museum Ullen Sentalu

google.com/maps/Nick Bauer

Belum lengkap rasanya kalau berwisata ke Jogja tanpa mengunjungi tempat bersejarah. Salah satu tempat sejarah yang menarik jadi tempat wisata di Jogja untuk keluarga adalah Ullen Sentalu. 

Berbeda dengan museum kebanyakan, Ullen Sentalu merupakan museum yang digagas oleh keluarga dengan gaya arsitek Jepang. Di dalamnya, kamu bisa melihat peninggalan budaya Mataram yang berupa lukisan, foto, hingga batik. 

Lokasi Museum Ullen Sentalu: Jalan Boyong No.KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582.

5. Hutan Pinus Mangunan

google.com/maps/Imamudin Ahmad

Nggak melulu harus ke utara, kamu pun bisa menemukan tempat yang cocok untuk liburan keluarga di daerah selatan, tepatnya Dlingo. Tempat wisata tersebut adalah Hutan Pinus Mangunan. 

Kamu dan keluarga bisa menikmati kesejukan hutan pinus yang asri dengan spot foto yang tak kalah memukau. Ada pula area outbound, camping ground, dan wisata lainnya yang tidak akan membuat pengunjung bosan saat berkelilng. 

Lokasi Hutan Pinus Mangunan: Jalan raya Jalan Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783. 

6. Gembira Loka Zoo

instagram.com/glzoojogja

Gembira Loka Zoo bukan hanya tempat wisata di Jogja untuk keluarga saja, tapi juga jadi wisata edukasi. Seperti kebun binatang pada umumnya, kamu bisa melihat berbagai jenis hewan di sini. 

Hewan-hewan tersebut terbagi dalam beberapa zona, di antaranya adalah zona burung, zona cakar, dan zona reptil. Selain melihat hewan, kamu juga bisa menikmati fasilitas kereta maupun kapal di dalamnya. 

Lokasi Gembira Loka Zoo: Jalan Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171.

7. Heha Ocean View

instagram.com/hehaoceanview

Seperti namanya, Heha Ocean View merupakan destinasi yang menawarkan pemandangan laut dari atas Kota Jogja. Di dalamnya terdapat beberapa area yang bisa dijelajahi pengunjung. 

Kamu bisa memesan makanan dan minuman serta mengabadikan pemandangan indah dari ketinggian. Waktu terbaik untuk berkunjung ke destinasi ini adalah sore hari supaya bisa melihat pemandangan sunset yang indah. 

Lokasi Heha Ocean View: Bolang, Girikarto, Panggang, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872.

8. Jeep Lava Tour Merapi

instagram.com/lavatourofficialmerapi

Menikmati keindahan alam Gunung Merapi dengan lebih dekat menggunakan mobil Jeep tentu akan lebih seru. Bukan hanya berkeliling di jalanan saja, menaiki Jeep Lava Tour Merapi juga bisa sekaligus mengunjungi beberapa objek wisata di sekitarnya. 

Beberapa aktivitas Jeep Lava Tour Merapi yang akan seru untuk diikuti antara lain adalah bermanuver di Kali Kuning, melihat Bunker Kaliadem, sampai off road trip yang menantang. 

Lokasi penyewaan Jeep Lava Tour Merapi antara lain: Jalan Boyong, Bojong, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582. 

9. The Lost World Castle

instagram.com/thelostworldcastle

Tempat wisata di Jogja untuk keluarga selanjutnya ini cukup baru sehingga menarik untuk dijelajahi. Di The Lost World Castle, kamu akan diajak untuk menjelajah ke dunia lain dengan bangunan yang tampak seperti di negeri dongeng. 

Selain bangunannya yang indah, lokasi The Lost World Castle yang ada di kaki gunung juga membuat suasananya sejuk. Ada pula berbagai spot foto menarik yang sangat instagramable

Lokasi The Lost World Castle: Jalan Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583.

10. Studio Alam Gamplong

google.com/maps/Gamplong Studio Alam

Destinasi wisata terakhir adalah Studio Alam Gamplong yang banyak dipakai sebagai latar film. Tempat ini memang dibangun untuk menjadi latar film dari sutradara Hanung Bramantyo. Beberapa judul filmnya antara lain adalah Bumi Manusia dan Sultan Agung. 

Meski film sudah tayang, tetapi set yang sudah berdiri dijadikan sebagai tempat wisata baru. Banyak pengunjung yang datang untuk mengabadikan foto dengan latar bangunan set film tersebut. 

Lokasi Studio Alam Gamplong: Gamplong 1, Dukuh, Sumberrahayu, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55563. 

10 tempat wisata di Jogja untuk keluarga tersebut akan membuat liburanmu jadi makin berkesan. Setelah Jogja, mana lagi destinasi liburan yang ingin kamu kunjungi, Bela? 

IDN Channels

Latest from Travel