Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Pantai Balongan Indah, Wisata Pasir Hitam Eksotis di Indramayu

Pesona tropis khas Bali yang mempesona

Ajenk Rama

Pantai Balongan Indah, destinasi wisata di Indramayu yang menawarkan pesona tropis ala Bali. Pantai ini seringkali disebut-sebut sebagai Bali 2 dengan keindahan alamnya yang eksotis. 

Suasana tentram dan sunyi menjadi tempat ideal buat pelisiran. Yuk, berpetualang daring ke Pantai Balongan Indah di Indramayu yang siap memanjakan hati dan mata kamu di sini.

Sejarah dibalik penamaan Pantai Bali 2

Instagram.com/pantai_bali2

Penasaran nggak, sih, kenapa Pantai Balongan Indah itu dikenal dengan nama Bali 2? Jadi, Bali 2 itu singkatan dari nama Balongan Indah. Kalau angka 2-nya berasal dari keindahan pantainnya yang mirip dengan Pulau Dewata, Bali. 

Area pantai Balongan Indah juga dipercantik dengan dekorasi khas Bali. Kebayang gimana indahnya, kan. Ukuran pantai yang kecil membuat Balongan Indah disukai oleh wisatawan, apalagi pantai ini menyandang predikat pantai terbersih. Kamu bisa berjalan santai tanpa terusik oleh sampah yang berhamburan. 

Daya tarik Pantai Balongan Indah di Indramayu

Instagram.com/putu.agung.353

Lagi berlibur ke Indramayu? Coba melipir sejenak ke Pantai Balongan Indah. Di sini, kamu bakal menemukan pantai eksotis dengan pasir hitamnya. Kawasan Pantai Balongan punya pasir hitam yang halus dan nyaman banget untuk diinjak oleh wisatawan tanpa alas kaki.

Pantai Balongan Indah terbentuk dari tanah timbul atau pasir dari bangunan pemecah ombak. Sebelum adanya pemecah ombak, pantai ini adalah kawasan yang terimbas abrasi dan selalu ramai wisatawan di hari biasa atau akhir pekan. Pantai Balongan Indah sering digunakan olahraga air, yaitu berlayar pada periode tertentu. 

Alamat, jam buka, tiket masuk, dan harga parkir

Instagram.com/pantai_bali2

Alamat: Jalan Raya Balongan, Balongan, Kec. Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45217 (dari pusat kota hanya memakan waktu kurang lebih 1 jam)

Jam buka: Setiap hari selama 24 jam (non stop)

Harga tiket masuk: Rp10.000 (anak-anak) - Rp12.500 (dewasa)

Harga parkir: Rp3.000 (sepeda motor) - Rp5.000 (mobil)

Rute menuju Pantai Balongan Indah

Instagram.com/pantai_bali2

Lokasi Pantai Balongan Indah itu tidak jauh dari pusat kota Indramayu, hanya sekitar 10 kilometer saja. Rute menuju wisata pasir hitam sangat mudah dengan memakai mobil atau motor. 

Dari alun-alun kota Indramayu, kamu membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk sampai di Pantai Bali 2. Ada banyak papan petunjuk arah untuk memudahkan pengunjung. Dari arah Tegalasari-Terisi ke Jalan Larangan-Lelea, berlanjut ke Jalan Raya Pantura. 

Setelah itu, melewati jalur Lohbener-Cirebon hingga sampai di Jalan Soekarno-Hatta. Di situ, kamu akan bertemu Jalan Indramayu-Cirebon. Jika sudah bertemu jalan itu, kamu tinggal arahkan kendaraan ke Pantai Balongan Indah. 

Aktivitas menghibur di Pantai Balongan Indah

Instagram.com/pantai_bali2

Pantai Balongan Indah selalu menjadi tempat wisata favorit pelancong saat berlibur ke Indramayu. Banyak pilihan yang bisa kamu lakukan bersama orang terkasih atau keluarga di sini. 

  • Berenang dan bermain pasir

Suka berenang? Pantai Balongan Indah pas banget untuk memanjakan kamu yang senang berenang atau bermain pasir. Segarnya air di pantai bisa membuat pikiran dan raga kamu lebih rileks. Ada jasa sewa pelampung juga seharga Rp5.000 buat kamu yang belum mahir berenang, tapi mau main air. Jadi, liburan tetap aman dan nyaman. 

  • Menikmati pemandangan

Lagi banyak masalah tak teruraikan? Hei, lepasin saja penatmu di Pantai Indah Balongan sambil menikmati pemandangan matahari terbenam. Panorama dengan hamparan laut Jawa yang membentang luas di depan mata. Ugh, cantik, bukan? Belum lagi, suara desiran ombak bikin kamu melupakan masalah sesaat. 

  • Piknik di pasir hitam Balongan Indah

Udah nggak zaman piknik cuma di kebun atau di taman. Di Pantai Balongan Indah sambil ditemani deburan ombak, dong. Yup, kamu bisa berpiknik ria bersama keluarga di sini atau bisa bersantap santai di warung sekitar pantai dengan hidangan laut segar. Mantap, kan!.

  • Menjajal wahana permainan Pantai Balongan Indah

Di sekitar pantai, ada wahana permainan yang bisa kamu jajal seperti banana boat, naik perahu, odong-odong, atau kereta mini. Buat anak-anak, tersedia ruang bermain terbuka di kawasan Pantai Balongan Indah. 

Berkunjung ke Pantai Balongan Indah dijamin nggak bakal membosankan. Saatnya, susun rencana dan liburan bareng, Bela!

IDN Channels

Latest from Travel