Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Tempat Wisata Hits di Kuningan, Salah Satu Spot Punya Vibes Jepang

Tertarik untuk melancong ke Kuningan?

Ajenk Rama

Berjarak 230 kilometer dari Jakarta, Kuningan merupakan sebuah kabupaten kecil di Jawa Barat yang memiliki beragam tempat wisata hits baru. Bahkan, salah satu spot wisatanya ada yang bernuansa Jepang. Sejumlah tempat wisata hits di Kuningan memiliki daya tarik tersendiri. Apalagi, bujetnya juga terjangkau. 

Provinsi yang dijuluki Kota Kuda ini memang menawarkan tempat wisata kece dan eksotis untuk wisatawan. Mulai dari kawasan wisata di bawah kaki Gunung Ciremai, kebun bunga dengan tempat foto estetik, hingga cagar budaya yang memesona. 

Butuh tempat wisata asyik dengan suasana syahdu? Ini rekomendasi tempat wisata di kuningan yang lagi hits!

1. Joglo Arunika

Instagram.com/arunika_eatery

Belum kesampaian liburan ke Negeri Sakura? Kamu bisa mampir ke Joglo Arunika, yang vibes wisatanya mirip Jepang. Tempat wisata di kuningan yang lagi hits ini berlokasi di Jalan Cigugur, Palutungan, Desa Cisantana, Kuningan - Jawa Barat.

View di Joglo Arunika ini langsung menghadap ke Gunung Ciremai. Suasana sejuk khas Kuningan terasa banget saat berada di atas puncak. Tempat wisata tersebut buka setiap hari, yaitu weekday jam 10.00 - 21.00 WIB dan weekend jam 08.00 - 21.00 WIB.

Joglo Arunika cocok dikunjungi bersama keluarga. Di sini, kamu bisa menyantap kuliner a la Nusantara seraya memandangi hamparan pepohonan di sekitar Gunung. Ada juga Sky Walk, jembatan kaca yang dapat dilewati dengan sendal khusus. Biaya tiket jembatan kaca ini sebesar Rp20 ribu per orang. 

2. Woodland

Instagram.com/woodlandkuningan

Dikenal sebagai Orchid Forest-nya Kuningan, Woodland menjadi tempat wisata hits di Kuningan yang wajib dikunjungi. Destinasi wisata satu ini memberikan ketenangan dan spot favorit anak-anak, sebab Woodland memiliki aneka rekreasi menyenangkan. 

Woodland terlihat mirip dengan tempat wisata yang ada di Cikole, Bandung. Di sini, ada perosotan pelangi, kolam renang, outbond, flying fox, panahan, hingga forest adventure. Tiket masuknya relatif murah sekitar Rp15 ribu untuk hari biasa.

Sedangkan, hari libur atau tanggal merah sebesar Rp20 ribu dan biaya parkir sekitar Rp3 ribu. Sambil nungguin anak bermain, kamu bisa piknik di sekitaran area Woodland, lho.

3. Kukupu Panenjoan

Instagram.com/kukupupanenjoan

Butuh tempat wisata hits a la anak muda kekinian? Tenang, Kuningan punya segalanya. Di Kukupu Panenjoan, kamu bisa nongkrong sambil menikmati angin sepoi-sepoi. Lokasinya terletak di Desa Kawahmanuk, Kecamatan Darma, Kuningan. Nggak jauh dari kaki Gunung Ciremai, lho. 

Sejauh mata memandang, kamu akan disuguhkan dengan pepohonan yang rindang, bukit yang hijau, taman dengan hiasan kupu-kupu untuk foto cantik, serta playground buat anak-anak bermain. 

Jam buka Kukupu Panenjoan dari jam 07.00 - 17.00 WIB. Tiketnya masuknya sekitar Rp10 ribu per orang dewasa dan anak-anak sebesar Rp5 ribu. Untuk karcis parkir berkisar antara Rp3 - 5ribu per kendaraan. Dijamin liburan makin betah!

4. Embun Sangga Langit

Instagram.com/sanggakopibuhun

Tempat wisata di kuningan yang lagi hits berikutnya masih dari kawasan kaki Gunung Ciremai. Ada tempat wisata hits dengan panorama alam yang memikat mata bernama Embun Sangga Langit. Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Dano, Palutungan, Cisantana, Cigugur, Kuningan - Jawa Barat. 

Embun Sangga Langit tidak memungut biaya masuk, tetapi pengunjung bisa menikmati keindahan alam dan cita rasa kuliner khas Sunda di sini. Buka dari jam 08.00 - 22.00 WIB, kamu dapat merasakan pengalaman wisata memetik sayuran langsung dari ladang. 

5. DH Garden

Instagram.com/dhgarden.official

Berada di ketinggian 1.100 MDPL, DH Garden kerap menjadi buruan para pelancong yang berwisata ke Kuningan. Tempat wisata yang berlokasi di Desa Setiamegata, Kecamatan Cilimus adalah restoran dan kafe, namun menawarkan wisata alam super lengkap. 

DH Garden dilengkapi dengan kolam renang, permainan anak, spot foto artistik, taman, hingga hamparan kebun cengkih. Dari sini, kamu bisa melihat pemandangan alam hutan sekitar, serta perairan pantai Utara wilayah Cirebon Timur. 

Untuk sekadar melepas penat, kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp15 ribu buat orang dewasa dan Rp10 ribu per anak. Segelas kopi robusta, semangkuk tahu lada garam, tak lupa view sejuk khas Kuningan. Bikin liburan terasa nikmat, bukan?

6. Saraelands

Instagram.com/saraelandseatery

Ingin berwisata seperti di Santorini? Kamu tidak perlu menempuh penerbangan selama 21 jam untuk ke Pulau Yunani. Sebab, ada Saraelands yang memiliki pesona mirip Santorini, tepatnya di Jalan Palutungan, Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kuningan - Jawa Barat. 

Saraelands menjadi tempat wisata di kuningan yang lagi hits, karena menghadirkan kolam renang dengan pesona alam Gunung Ciremaim serta tidak mematok harga tinggi. Cukup order makanan atau minuman minimal Rp25 ribu, kamu sudah leluasa menikmati fasilitas yang ada. 

Harga tersebut sudah termasuk akses untuk berenang di kolam renang bawah dan kalau ingin menikmati fasilitas lebih premium, bisa memesan seharga Rp50 ribu per orang. Sekadar ngopi atau ngemil cantik, kamu sudah mendapatkan panorama yang menyegarkan mata. 

7. Telaga Biru Cicerem

Instagram.com/telagabiruciceremofficial

Telaga Biru Cicerem masih menjadi tempat wisata hits di Kuningan, Jawa Barat. Telaga ini menawarkan pemandangan air memesona, dengan gradasi warna hijau toska dan biru. Air di Telaga Biru tersebut sangat jernih apabila dilihat dari jarak dekat.

Tempat wisata yang berlokasi di Desa Kaduela, Pesawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat ini mempunyai spot favorit, yaitu ayunan gantung berlatar telaga. Ini menjadi tempat ikonik untuk pengunjung berswafoto. 

Selain ayunan, kamu bisa mengeksplorasi keelokan Telaga Biru Cicerem. Banyak pose dan sudut pandang yang memikat di tempat tersebut. Biaya masuknya cukup merogoh kocek sebesar Rp20 ribu per orang. 

8. Pondok Pinus Palutungan

Instagram.com/pondokcaipinusofficial

Ingin nostalgia dengan rumah balon terbang Up? Mampirlah ke Pondok Pinus Palutungan yang berada di Jalan Pejambon-Sagara Hiang, Cisantana, Kec. Cigugur. Hanya memakan waktu 20 - 30 menit dari pusat kota Kuningan, Jawa Barat.

Tempat wisata yang mengajak kamu bersantai dengan segala fasilitas dati taman, rumah balon terbang, istana, rumah hobbit, hingga set bangunan bergaya Eropa. Selain berfoto, Pondok Pinus Palutungan juga menawarkan sajian kuliner ditemani lansekap alam. 

Di sini, ada beberapa wahana yang dapat kamu coba, salah satunya Sky Bike. Menu yang disuguhkan bervariasi dengan harga bersahabat. Tiket masuknya sekitar Rp20 ribu, sudah termasuk voucher makan. Kamu bebas menikmati fasilitas di dalam Pondok Pinus dari jam buka 08.00 - 20.00 WIB. 

Itulah rekomendasi tempat wisata di kuningan yang lagi hits. Saatnya eksplorasi keindahan alam Nusantara, ya!

IDN Channels

Latest from Travel