Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Kabupaten Purworejo

Dari berkunjung ke museum hingga menikmati pemandangan alam

Ainuni Rahmita

Mendengar kata Jawa Tengah mungkin banyak orang yang langsung terpikirkan kota Yogyakarta dan Magelang. Padahal, Jawa Tengah juga memiliki Kabupaten Purworejo dengan keindahan alam yang memukau.

Di bidang pariwisata, Purworejo banyak mengandalkan wisata air seperti pantai dan curug. Kabupaten yang dibatasi oleh Pegunungan Serayu Selatan dan Gunung Sumbing ini juga memiliki sejumlah goa, museum dan wisata lainnya. Penasaran? Check this out, Bela!

1. Alun-Alun Purworejo berada di pusat Kabupaten Purworejo. Sekeliling alun-alun terdapat pohon beringin kembar, playground, alat fitness, dan area papan catur sebagai lambang permainan yang digemari warga Purworejo.

instagram.com/gilanganggipradanaa

2. Curug Siklothok berada di Desa Wisata Kaligono. Trekking di curug ini cukup tertata baik dan tidak terjal. Sehingga masih bisa dijangkau oleh para pemula.

instagram.com/tirtaperwitasari

3. Gunung Kunir terletak di Desa Benowo. Gunung ini menawarkan panorama yang indah dari ketinggian sekitar 950 meter di atas permukaan air laut. Banyak pendaki yang mengunjungi Gunung Kunir untuk menikmati pemandangan sunset dan sunrise.

instagram.com/iamhirman_

4. Puncak Khayangan Sigendol wajib dikunjungi bagi wisatawan yang sedang mencari spot apik di Purworejo untuk diunggak ke media sosial. Dengan ketinggian sekitar 1000 Mdpl, pengunjung bisa menikmati pemandangan hamparan perbukitan dan lembah hijau.

instagram.com/kunherawati

5. Tak lengkap rasanya jika ke Purworejo tetapi tidak mengunjungi Goa Seplawan. Berada di kawasan Pegunungan Menoreh, Goa Seplawan merupakan goa basah yang masih terdapat aliran air di dalamnya.

instagram.com/rakhmatdwiputra

6. Pantai Glagah Indah berbatasan langsung dengan Kabupaten Purworejo. Pantai ini memiliki tetrapod yang bukan hanya menjadi batasan daratan dengan laut, tapi juga spot foto yang digemari banyak orang.

instagram.com/neswerpus

7. Curug Lumbung jadi salah satu destinasi terfavorit di Purworejo, karena memiliki pesona bebatuan tebing yang indah. Pengunjung dapat bermain air yang masih asri dan jernih.

instagram.com/indra_lg

8. Museum Tosan Aji merupakan bangunan bekas pengadilan pada masa Belanda. Pengunjung akan mendapatkan edukasi tentang sejarah Purworejo hingga melihat koleksi keris, pedang, cundrik, tombak dan lain-lain yang digunakan oleh warga Purworejo saat puluhan tahun yang lalu.

instagram.com/plesirpurworejo

9. Di Purworejo terdapat wisata bertemakan hutan pinus yang dinamai Bukit Sikepel. Berada di Dusun Kembang Kidul, tempat ini menyuguhkan banyak spot selfie yang kekinian.

instagram.com/wegpranata_

10. Taman Sidandang dikelilingi pegunungan yang indah dengan pemandangan tiga curug. Di antara ketiga curug tersebut, Curug Kedung Dandang menjadi primadona dan paling banyak dikunjungi. Bagi yang ingin berkunjung, Taman Sidandang terletak di Dusun Kedungrante.

instagram.com/ariwyo

Dari ke-10 tempat wisata di Purworejo, mana yang paling ingin kamu kunjungi, Bela?

IDN Channels

Latest from Travel