Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Potret Badai Milton yang Menerjang Florida, Amerika Serikat

Apa itu fenomena badai Milton?

Nindi Widya Wati

Badai Milton memporak-porandakan wilayah Florida, Amerika Serikat, pada Selasa (8/10/2024) pagi waktu setempat. Bencana itu membuat pemerintah Amerika Serikat mengeluarkan peringatan darurat, bahwa fenomena tersebut sebagai badai terburuk dalam kurun waktu lebih dari 100 tahun yang menerjang kawasan selatan Negeri Paman Sam.

Apa itu badai Milton?

Dok. NPR

Bila menyoroti fenomena Milton selalu menjadi bencana serius di beberapa negara yang mengalaminya. Melansir dari NBC, badai ini bermula sebagai badai yang sangat kecil yang berasal dari Samudra Pasifik bagian timur. 

Terdapat penjelasan dari Chris Slocum, seorang ilmuwan fisika di Pusat Aplikasi Satelit Badan Kelautan dan Atmosfer Nasional AS topan membesar saat melintasi teluk.

"Keterisolasian dari badai petir lain itulah yang memungkinkan tekanan bertambah dalam dan angin bertiup kencang," kata Slocum. Milton mulai menarik udara ke pusat badai dan mengeluarkan energi dari lautan yang hangat," jelasnya, dikutip dari NBC News.

Lantas, seperti apa fenomena badai Milton yang menerjang Florida? Mari simak informasinya berikut ini, Bela! 

1. Pusat Hurikan Nasional dan Pusat Hurikan Pasifik Tengah (NHC NOAA) Amerika Serikat mencatat badai melanda 35 distrik di Florida.

Dok. NPR

2. Pemerintah Florida mengeluarkan perintah evakuasi dan peringatan kepada warga agar segera pergi dari wilayah yang tertimpa bencana alam tersebut.

Dok. NPR

3. Badai Milton terjadi di teluk dengan mencapai suhu yang tinggi dan kecepatannya hingga 92 mph dalam waktu sekitar 24 jam.

Dok. NPR

4. Perubahan iklim turut berimbas pada kecepatan angin badai 11% yang lebih kuat, serta menyebabkan curah hujan menjadi lebih tinggi.

Dok. NPR

5. NASA mendokumentasikan badai Milton yang terlihat pada 8 Oktober 2024 di Teluk Meksiko, Pantai Yucatan.

Dok. NPR

6. Angin ngamuk yang disebabkan badai Milton hingga membuat perahu-perahu terdampar di daerah Punta Gorda, Florida.

Dok. NPR

7. Usai fenomena badai Milton, lewat pantauan udara terlihat wilayah Punta Gorda di Florida direndam banjir tinggi.

Dok. NPR

8. Masih lewat pantauan udara, badai Milton membuat hancur atap Tropicana Field yang berada di pusat kota St. Petersburg, Florida.

Dok. NPR

9. Fenomena badai Milton turut mengganggu jadwal penerbangan United Airlines yang terlihat sepi di Bandara Internasional Orlando.

Dok. NPR

10. Angkatan Darat Florida memeriksa penduduk yang masih mengais reruntuhan rumah mereka di wilayah Bradenton Beach.

Dok. NPR

Itulah, 10 potret badai Milton yang menerjang wilayah Florida, Amerika Serikat. Kalau ada informasi lain yang kamu tahu, bisa tulis lewat kolom komentar, Bela! 

IDN Channels

Latest from News