Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Makanan Khas Jerman yang Terkesan Meriah

Surga untuk pencinta daging

Audia Natasha Putri

Jerman adalah salah satu negara Eropa Barat yang terkenal akan produksi otomotif dan mesin, teknologi IT dan bahan kimia. Kalau kamu ingin memantapkan karier di bidang tersebut, maka Jerman adalah negara tepat untukmu merajut profesionalisme.

Terlepas dari kemahsyuran, negara dengan Ibu Kota Berlin ini terkenal akan wisata kulinernya yang khas dan menggiurkan. Representasi makanan khas Jerman yang variatif mencerminkan keragaman wilayah serta tradisi di negara tersebut.

Makanan ini meliputi roti, sayur mayur, aneka olahan daging, serta kudapan seperti kue dan cookies. Banyak sumber memberikan ulasan mengenai kuliner Jerman dan berikut pilihan terbaik yang sudah Popbela seleksi. Apa saja ?

1. Bratwurst

Food Network

Sajian sosis daging khas Jerman ini punya cita rasa gurih. Dibuat dari campuran daging sapi muda, daging babi yang dimasak dengan aneka rempah, bratwurst biasa disantap sebagai menu sarapan di Jerman dengan cara dipanggang secara utuh.

Untuk melahirkan cita rasa yang lebih utuh , bratwurt disajikan bersama mustard dan sauerkraut sebagai pelengkap.

2. Sauerkraut

The Spruce Eats

Makanan khas Jerman  berikutnya adalah Sauerkraut, merupakan salad kubis yang di"masak" dengan cara fermentasi untuk memberikan rasa asam serta renyah. Pelengkap ini juga berfungsi untuk menetralisir minyak dan lemak yang terkadang meninggalkan rasa kurang nyaman di perut. Sama seperti kimchi, saurkraut biasa dihidangkan bersama lauk khas Jerman lainnya.

Informasi dari The Kitchn menjelaskan bahwa kamu bisa membuat sauerkraut sendiri di rumah dengan mencampurkan irisan kol dan garam laut. Nantinya, gabungan kedua bahan ini akan menghasilkan air yang berperan dalam proses fermentasi yang dapat menghidupkan bakteri baik. 

3. Wiener schnitzel

Instagram.com/bestfoodcake

Bagi kamu yang belajar bahasa Jerman di Duolingo, pasti sudah tak asing dengan kosa kata "Schnitzel" dalam bab Makanan dan Restoran. Mirip dengan dengan katsu, Schnitzel terbuat dari irisan tipis daging sapi muda yang sudah dibumbui dan dibalur adonan tepung roti. Setelahnya, Schnitzel digoreng hingga keemasan. Rasanya gurih dan punya perpaduan tekstur yang harmonis, dengan kulit tepung renyah serta daging lembut di dalamnya.

4. Kartoffelsalat

Cookido

Kalau ini adalah salad kentang tradisional Jerman yang punya rasa gurih dan tekstur lembut saat digigit. Menariknya, setiap wilayah di Jerman punya versi kartoffelsalatnya sendiri. Bisa disajikan hangat maupun dingin, kartoffelsalat merupakan makanan pendamping yang akan selalu ada sepanjang tahun. Kamu bisa menyantapnya bersama saus asam atau krim gurih.

5. Rouladen

Day of Jay

Pasti kamu agak familiar dengan makanan ini. Rouladen menjadi bukti bahwa Jerman mampu menunjukan bakat gastronominya dalam mengubah bahan sederhana menjadi mahakarya. Makanan khas Jerman ini terdiri daging sapi iris tipis yang digulung dengan mustard, bacon, bawang, serta acar. Dari perkawinan aneka bahan itu, dihasilkan cita rasa gurih dan sedikit asam dari acar dan mustard yang sempurna.

6. Schwarzwälder Kirschtorte

Bake to the roots

Kalau kesulitan membaca makanan, kamu bisa menyebutnya sebagai Black Forest. Dessert populer khas Jerman ini seringkali menjadi pilihan favorit kue bagi yang sedang berulang tahun. Tersusun dari kue sponge cokelat yang dibasahi dengan rum dan isian selai cari. Untuk menambah estetika, Schwarzwälder Kirschtorte dihiasi dengan whipped cream dan buah ceri segar di atasnya.

7. Falscher hase

Unsplash.com

Makanan khas Jerman berikutnya mirip dengan steak. Bedanya, falscher hase merupakan olahan daging cincang (meatloaf) yang diadoni dengan telur, tepung, dan bawang. Campuran daging tadi dibentuk seperti gulungan besar dan padat, kemudian dagingnya disajikan dengan cara diiris pipih dan diberi bumbu saus di atasnya. Makanan ini paling enak disantap dengan kentang dan saus jamur layaknya steak pada umumnya.

8. Gulaschuppe

Gaumenfreundin

Walau ada kata "gula", hidangan ini bukanlah manisan. Melainkan sup kuah kental berwarna merah dan berisikan potongan daging sapi atau daging babi sebagai bahan utama. Disajikan sebagai lauk dan bersanding dengan roti, Gulaschuppe mengingatkan kita akan semur daging.

9. Apfelstrudel

The Daring Gourmet

Dessert kering dengan nama lain Apple Strudel ini punya rasa manis yang legit dari buah apel. Bentuknya bulat dan teksturnya lembut di dalam, tapi kulit renyah di luar. Apfelstrudel dibuat dari kulit berbahan dasar tepung terigu yang di dalamnya berisi campuran remah roti manis dan kismis.

Ciri khas kuliner ini terletak pada aroma rum dan cinnamon yang kuat serta bisa disajikan selagi hangat maupun dingin.

10. Lebkuchen

BBC

Camilan manis khas Jerman ini cocok dimakan saat sedang bersantai sembari nonton film favorit atau drama kesayanganmu. Berbahan dasar dari campuran tepung, madu, telur dan diberi aneka isian berupa kacang-kacangan dan buah. Untuk pilihan kacangnya sendiri bisa memakai kacang walnut, kacang hazelnut, kacang badam. Sedangkan untuk buahnya bisa pakai irisan jeruk, potongan buah lemon, dan marzipan.

Rasanya manis dan hangat, karena Lebkuchen dipanggang bersama rempah-rempah seperti jahe, adas manis, ketumbar, pimento, dan kapulaga.

Nah, itulah 10 makanan khas Jerman yang lezat dan menggiurkan. Tertarik untuk mencicipinya, Bela?

IDN Channels

Latest from Food