Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Nggak Perlu Bingung Lagi, Ini Perbedaan Abaya, Kaftan, dan Gamis!

Andalan OOTD stylish yang tetap syar’i

Ardelia Karisa

Sekarang pilihan pakaian syar'i semakin beragam dan menarik dengan banyaknya gaya dan siluet yang memenuhi kebutuhan dan personal style para hijabers. Namun, nggak jarang banyak yang masih bingung dengan jenis pakaian yang populer seperti abaya, kaftan, dan gamis.

Secara garis besar, abaya memiliki potongan longgar, tertutup, dan dulu hanya tersedia warna hitam saja. Abaya jadi pilihan utama untuk bisa tampil elegan dan syar'i. Sementara itu, kaftan menawarkan sentuhan yang lebih santai dengan hiasan berbagai motif dan warna-warni yang cerah. Kaftan biasanya dikenakan untuk momen yang lebih santai atau acara semi-formal. Nah, perbedaannya dengan gamis adalah variasi potongannya. Gamis saat ini makin populer karena punya pilihan-pilihan potongan yang menunjang untuk bisa tampil modis. Mulai dari yang sederhana hingga yang lebih berornamen, dengan berbagai variasi detail seperti lipatan atau kerut.

1. Abaya itu seperti apa, sih?

instagram.com/najnuura

Jika ingin tampil modis tapi tidak menonjolkan bentuk tubuh, baju abaya akan jadi andalanmu. Dikenal juga dengan istilah “jubah arab”, baju abaya memiliki potongan longgar dan sebenarnya identik dengan warna-warna gelap, seperti hitam. Selain supaya tidak menarik perhatian, warna-warna gelap tersebut juga membuat hiasan manik atau bordir sederhana jadi lebih terlihat.

2. Perbedaan abaya dengan kaftan

instagram.com/widyapngsti

Sekilas abaya dan kaftan memang terlihat mirip. Tapi, sebenarnya ada perbedaan menonjol antar keduanya lho, Bela. Desain abaya memiliki potongan lurus yang cenderung lebih sederhana dibandingkan dengan kaftan yang memiliki lengan batwing. Namun seiring perkembangan zaman, model-model abaya dan kaftan banyak ragamnya. Nggak heran jika keduanya sekarang makin sulit untuk dibedakan.

3. Momen-momen yang cocok untuk mengenakan kaftan

instagram.com/neelofa

Berkat ciri khas model lengan batwing dan bahannya yang flowy, kaftan sering kali dikenakan untuk acara-acara semi-formal. Berkat siluetnya, kaftan jadi pilihan untuk para hijabers yang ingin memberikan kesan anggun pada penampilan. Di Indonesia, kaftan jadi favorit untuk padu-padan kembaran dengan keluarga saat momen lebaran. Kaftan sekarang juga populer untuk dikenakan pada acara-acara formal seperti saat wisuda dan kondangan.

4. Baju gamis yang nggak lagi membosankan

instagram.com/maryam.wardaa

Istilah gamis disematkan pada dress panjang yang menutup hingga pergelangan tangan dan kaki. Dahulu kala, jarang yang menjadikan gamis sebagai pilihan utama karena desainnya yang kurang bervariasi dan membosankan. Namun sekarang kamu bisa menemukan banyak gamis dengan model kekinian dan warna-warni cerah yang playful.

5. Berbagai variasi kain buat gamis yang trendi

instagram.com/maryam.wardaa

Gamis yang dibuat dengan kain linen jadi favorit karena cocok dengan cuaca panas di Indonesia. Selain itu, gamis berbahan linen juga versatile untuk dikenakan dalam gaya kasual maupun formal. Bahan jersey, katun, rayon, hingga silk yang memiliki kesan mewah pun juga bisa jadi pilihan untuk tampil dengan gamis.

IDN Channels

Latest from Style & Trends