Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

APR dan Guru Fashion Perkenalkan Viscose-Rayon di Jogja Fashion Week

Wujud komitmen mendukung sustainable fashion di Indonesia

Amelia Shinta Larasati

Produsen serat viscose-rayon, Asia Pacific Rayon (APR), memperkuat komitmennya untuk mendukung sustainable fashion di Indonesia dengan berkolaborasi bersama desainer lokal yang juga seorang guru fashion, Indra Gunawan, pada perhelatan Jogja Fashion Week pada 22 Agustus 2024.

Sebagai produsen material rayon, fokus utama APR yakni memajukan sustainable fashion dengan mempromosikan penggunaan produk dalam negeri atau 'Everything Indonesia' melalui berbagai kolaborasi.

'Kolaborasi kali ini semakin menguatkan komitmen APR dalam mendorong fesyen berkelanjutan di Indonesia, khususnya di Yogyakarta yang memiliki potensi besar. Kami berharap kolaborasi ini juga menginspirasi institusi dan pengajar fesyen untuk terus memperkenalkan sustainable fashion kepada para siswa, terutama dalam menggunakan bahan berkelanjutan seperti viscose-rayon' ungkap Reviana Surya selaku Communications Lead for APRIL and APR.

1. Asia Pacific Rayon menggandeng Indra Gunawan, desainer lokal sekaligus guru fashion di SMK Negeri 1 Pandak, Yogyakarta untuk memperkenalkan bahan viscose-rayon di perhelatan Jogja Fashion Week 2024.

dok. APR

2. Pada gelaran fashion show, Indra Gunawan menampilkan 10 koleksi bertajuk 'Pelesir' dengan material viscose-rayon APR sebagai bahan utama. Koleksi ini menampilkan ragam pakaian kasual untuk liburan ke berbagai tempat dengan teknik kristik atau sulaman tangan yang memberi sentuhan unik dan artistik. Sebagai seorang guru, Indra Gunawan juga mengajak siswanya untuk terlibat dalam koleksi ini termasuk dalam pembuatan sulaman kristik.

dok. APR

3. Bahan viscose-rayon APR bersifat lembut dan breathable sehingga nyaman ketika diaplikasikan pada pakaian sehari-hari. Sifat material viscose-rayon yang adem menjadi kelebihan terbesar dalam menerjemahkan koleksi yang bertema Pelesir.

dok. APR

4. Untuk mendukung sustainable fashion, viscose-rayon menjadi pilihan bahan yang tepat karena sifatnya mudah terurai dan renewable. Material ini sesuai untuk mendukung gaya hidup berkelanjutan, terutama para Gen Z yang kini semakin memiliki kesadaran akan pentingnya sustainability.

dok. APR

5. Kolaborasi Indra Gunawan dengan APR memberikan edukasi tentang pengaplikasian viscose rayon yang dapat digabungkan dengan teknik tradisional seperti sulaman atau kristik. Penggunaan material viscose rayon yang berbahan dasar alami ini tentunya semakin mendukung gerakan fashion yang berkelanjutan di Indonesia.

dok. APR

IDN Channels

Latest from Style & Trends