Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati, Jangan Panik!

Lakukan deteksi dini untuk mengetahui kerusakan

Zikra Mulia Irawati

Cuaca sedang panas-panasnya, tetapi kipas angin di rumah kamu mendadak mati total? Ditambah lagi, kamu tidak tahu cara memperbaikinya? Duh, gawat banget, nih!

Eits, tak perlu heboh dengan langsung memanggil jasa service untuk memperbaikinya. Kamu bisa melakukan 7 langkah awal ini untuk mendeteksi masalah apa yang mungkin terjadi pada kipas anginmu.

1. Tetap tenang

Pexels/Andrea Piacquadio

Popbela paham betul bahwa suhu udara yang panas dapat membuat kamu panik. Namun, tetap tenang adalah sikap utama untuk menghadapi keadaan tak terduga ini. Siapa tahu, kipasmu tidak benar-benar rusak, bukan?

2. Cek kondisi kabel

Pexels/cottonbro

Sebelum lebih jauh, cobalah untuk mengecek kondisi kabel yang ada di kipas angin. Apakah kabelnya mengalami kerusakan, sobek, atau putus di bagian tertentu?

Tak lupa, periksa juga lubang sumber aliran listriknya. Makin lama pemakaian hariannya, bagian ini berpotensi menjadi lebih longgar dari kondisi aslinya, lho! Jika keadaannya demikian, segera ganti agar steker kipas tak mudah lepas.

3. Cek pemutus sirkuit

Pexels/Erick MUFASA

Kipas yang telah lama digunakan biasanya menggunakan daya listrik lebih banyak. Jika kipas mendadak mati, waspadai kemungkinan pemutus sirkuit listrik mengalami gangguan yang disebabkan oleh kipas tua tersebut.

Jika sudah seperti itu, kamu harus mulai mempertimbangkan untuk membeli kipas baru. Ada bahaya arus pendek listrik yang dapat menyebabkan kebakaran kalau kamu tetap mempertahankan kipas lamamu. Tentu nggak mau, dong, skenario terburuk itu terjadi?

4. Cek kondisi sekring

shopee.co.id

Sesuatu yang berlebihan memang tak pernah baik. Kipas jika dialiri terlalu banyak listrik juga lama-kelamaan akan rusak, lho, Bela! Kipas akan menjadi panas sehingga aliran dan sambungan listrik ke kipas angin akan terputus.

Jika kamu masih cukup berani untuk membongkar bagian dalam kipas, cobalah untuk memeriksa sekringnya. Bagian ini memang tidak dimiliki oleh semua kipas. Namun, jika ada dan ternyata rusak, kamu bisa membeli sekring baru agar kipas dapat berputar lagi.

5. Periksa kabel dalam

hoo-tronik.com

Jika semua bagian sudah kamu periksa, tetapi kipas masih tak kunjung menyala, kamu perlu mengecek bagian dalam kabel. Kamu bisa membawa kabel kipasmu ke tukang kabel untuk memilihkan kabel baru dengan jenis yang sesuai.

6. Beri pelumas pada mesin

Pexels/cottonbro

Ada kasus kipas angin bisa menyala, tetapi baling-balingnya enggan berputar. Biasanya, hal tersebut disebabkan oleh roda gigi pada mesin kipas yang tersendat. Solusinya cukup mudah, kok! Ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Siapkan pelumas dalam sebuah wadah dengan lubang yang tidak terlalu lebar
  2. Lepaskan penutup tengah kipas angin
  3. Arahkan pelumas ke bagian tengah, pada roda gigi dan kenop kopling
  4. Lakukan sembari memutar bilah dengan tangan agar pemulas menyebar secara merata

7. Bersihkan kipas angin

Pexels/Julen Garces

Mencegah lebih baik daripada memperbaiki kerusakan. Agar kipas lancar jaya setiap hari, kamu juga perlu melawan kemalasan untuk membersihkannya. Hilangkan debu-debu yang menempel agar tak mengganggu kinerja mesin. Bisa lebih hemat juga, deh!

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Inspiration