Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Popbela's Playlist: Great Expectations

Tetap semangat jalani Juli-mu!

Nindi Widya Wati

Saat kita telah memilih jalan karier dalam hidup, maka melakukan tiap hal secara maksimal adalah usaha yang patut kita upayakan. Kalaupun nanti tidak sesuai dengan hasil yang kita inginkan, harus diingat bahwa tidak semua hal bisa berjalan sesuai dengan keinginan.

Kiranya, hal tersebut serupa dengan kawan musisi kita yaitu Pamungkas, Aruma & Raim Laode, Virtual Jukebox & Basboi, serta Charita Utami yang telah berusaha menuangkan ide bermusiknya lewat karya terbaru. Karya single hingga album ini dibuat berdasarkan pengalaman hidup mereka, serta keinginan untuk memberikan lagu terbaik bagi para penikmat musiknya. 

Penasaran? Kira-kira apa saja karya terbaru dari Pamungkas, Aruma, Basboi, dan Charita Utami yang bisa kita nikmati tahun ini? Mari simak informasinya berikut ini, Bela.

Pamungkas

Dok. LIVE Birdy (South East Asia Tour) - Pamungkas

Maspam Company dan CloutSound kali ini menuangkan karya baru lewat perilisan album LIVE Birdy (South East Asia Tour). Adanya album ini, menjadi sebuah dokumentasi musik live yang menangkap energi penampilan memukau selama tur Pamungkas: Birdy Tour. 

LIVE kiranya menghadirkan kembali pengalaman saat Pamungkas melakukan tour monumentalnya di negara-negara Asia Tenggara. Perilisan lagu-lagu di album LIVE, bertujuan agar penggemar bisa menikmati dan mengapresiasi kedalaman talenta dari Pamungkas. Lagu-lagu tersebut dibangun dengan aransemen musik spesial bersama The PeoplePeople dan chamber orchestra.

Menurut rencana, album LIVE merilis tiga lagu tiap minggunya dengan waktu rilis selama 10 minggu berturut-turut. Dimulai pada tanggal 1 Juni 2023 dengan merilis "Closure". Sejauh ini, sudah ada 12 lagu yang menghiasi playlist album LIVE di platform musik Spotify.

Album ini tak hanya bisa dinikmati audionya, namun juga dibarengi dengan peluncuran klip di Youtube. LIVE memungkinkan penggemar bernostalgia kembali dalam kegembiraan Birdy Tour yang menampilkan lebih dari 30 lagu. Kita dapat mendengarkan "To The Bone", "One Only", "Closure", hingga “Purple Sigh”.

Selain itu, pendengar dapat menikmati aransemen musik dan orkestrasi yang megah. Karena, pertunjukan live ini juga menampilkan string dan brass section, yang memberikan pengalaman konser musik ke tingkat yang berbeda. 

Aruma & Raim Laode

Dok. Ekspektasi - Aruma & Raim Laode

Sejak menyita perhatian publik dengan single "Muak", kiranya awal karier yang dimulai Nidewi Aruma terlihat makin bersinar. Namun tak cukup di sana, sekarang penyanyi yang lebih akrab disapa Aruma ini baru saja merilis single kedua bertajuk "Ekspektasi" yang duet dengan Raim Laode, pada 30 Juni 2023 lalu. 

"Ekspektasi" masih menjadi single kedua Aruma yang ditulis oleh Aditya Sahid bersama Raim Laode. Aruma mengaku ada tantangan tersendiri dibandingkan saat mengerjakan lagu pertamanya. 

"Berbeda dengan “Muak” yang aku nyanyikan dari perspektifku sendiri, di lagu ini, aku harus bisa menyampaikan dengan baik dua sudut pandang yang berbeda. Kami harus menghasilkan nada yang harmonis dengan lirik yang padu sehingga makna lagu ini sampai ke para pendengarnya,” jelas Aruma.

Lagu ini, bercerita tentang realita yang sering terjadi pada manusia sekarang, bersahabat dengan ekspektasi dan akrab dengan sakit hati. "Ekspektasi" masih mengusung genre pop-folk yang sama dengan single Aruma sebelumnya. Hanya saja, di bagian akhir tempo lagu ini lebih upbeat meski tetap tidak menghilangkan rasa kesedihannya.

Virtual Jukebox & Basboi

Dok. Virtual Jukebox & Basboi

Kembali menyapa penggemar lewat karya teranyar, kali ini Basboi bersama Virtual Jukebox secara spesial merilis "Big City Cash". Di mana, lagu tersebut untuk mengisi Original Soundtrack serial terbaru MD Entertainment berjudul Mozachiko. 

Bersama MD Musik Indonesia dan Dominion Records, “Big City Cash” menjadi lagu R&B yang menggambarkan sebuah kota di mana seseorang bisa mendapat peluang hidup jauh lebih sukses. Namun, di balik itu semua ada harga besar yang harus dibayar, bahkan terdapat persaingan sangat ketat, stress level tinggi, hingga merasa sendiri. 

"Big City Cash” jadi karya pertama untuk Basboi membawakan sebuah soundtrack. Basboi juga menulis liriknya sendiri di waktu rekaman berlangsung, dengan bermodalkan sinopsis dari series. 

Selain dapat didengarkan lewat series Mozachiko yang tayang di WeTV Indonesia, "Big City Cash" juga sudah dapat diputar di seluruh platform musik sejak tanggal 30 Juni 2023 lalu. 

Charita Utami

Dok. Omahati - Charita Utami

Usai sukses dengan single solo bertajuk "Toreh" pada akhir tahun lalu, akhirnya Charita Utami kembali berkarya lewat mini album "Omahati". Mini album dengan tiga lagu ini berdurasi 20 menit, memiliki sebuah ambient track di bagian akhir berjudul sama yakni, “Omahati”.

EP “Omahati” menjadi karya yang sangat personal buat Tami. Lantaran, tak hanya menjadi debut mini album sebagai solois, namun juga berisikan pesan sebagai bentuk reaksi terhadap apa yang ia alami di kehidupannya.

“EP ini mewakili semua perjalanan hidup yang saya rasakan, sempat merasakan titik terendah, marah, sedih sampai pada akhirnya menerima semua duka juga naik turunnya kehidupan dan menjadikan semua rasa tersebut sebagai pembelajaran hidup untuk sembuh dan tumbuh menjadi insan yang lebih baik,” ujar Tami.

Dalam mengerjakan mini album yang telah rilis di platform musik sejak 30 Juni 2023 itu, Tami banyak bekerja dengan Ammir Gita. Ia adalah komposer pada lagu “Collide” serta ikut menggarap “Omahati (Heart Chakra)”.

Ammir mampu menerjemahkan cerita yang Tami bawa ke dalam sebuah komposisi musik yang menenangkan. Sesuai dengan salah satu harapan Tami, ia ingin para pendengarnya bisa berdamai dan mendapatkan ketenangan diri lewat mini album "Omahati" ini.  

Kira-kira yang mana kesukaanmu, Bela? 

IDN Channels

Latest from Inspiration