Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Roda Nona Spill Cara Bangun Kepercayaan Diri saat Mulai Karier Baru

Memercayai diri sendiri dan dukungan lingkungan

Natasha Cecilia Anandita

Saat memulai sesuatu yang baru tentu perlu keberanian, kepercayaan diri, dan adaptasi. Termasuk saat mau memulai karier yang baru, apalagi karier tersebut mungkin 180 derajat berbeda dari sebelumnya. Kepercayaan diri adalah modal utama agar karier yang baru tak menjadi penyesalan belaka. 

Nah, dalam sesi talkshow "From Office to Open Road: The Journey Behind Roda Nona" di BFA Bandung 2024 pada Jumat (16/8/2024), content creator Roda Nona memberikan tips untuk membangun kepercayaan diri saat memulai karier yang baru. Penasaran caranya? Simak penjelasannya berikut ini, ya!

1. Transisi melahirkan hal yang baru

Dok. IDN Media

Dalam memulai karier yang baru, rasa insecure mungkin ada, tak sesekali mungkin kamu jadi overthinking. Transisi bisa membuat seseorang harus beradaptasi lagi dengan hal baru. Namun, Roda Nona mengatakan kalau transisi itu bisa melahirkan hal yang baru, lho, Bela yang membuat kamu jadi lebih percaya diri.

"Hal menumbuhkan rasa percaya diri ini dari transisi tadi, sebenarnya ngomongin apa ya, kan kalau misalnya dulu kita masih kerja kantoran atau apa, kita masih punya batasan-batasan, nih.

Semua transisi untuk memulai hal baru tuh, itu kayak melahirkan diri kita yang baru gitu, lho. Kayak memperlihatkan sebenarnya mau apa, sukanya apa, mau ngapain, mau ke mana, disitulah momen kita menentukan hidup gitu," kata Roda Nona.

2. Kepercayaan diri ada dalam diri sendiri

Dok. IDN Media

Roda Nona juga mengatakan nggak ada yang bisa menumbuhkan kepercayaan diri selain dirimu sendiri. Saat kamu mulai menanamkan dalam diri bahwa kamu akan melangkah, kamu tahu apa maumu, di situlah kepercayaan dirimu akan bertambah.

"Jadi momen tentang percaya diri tuh memang nggak ada lagi sih, itu cuma diri kita sendiri yang bisa bikin kita lebih percaya diri. Makanya di situ kayak, 'oke kita mau melakukan ini, oke kita mau ke sana, mau ke sini', itu tuh benar-benar ditangani ke diri sendiri, rasanya tuh jadi lebih percaya diri, apalagi saat lebih direspons baik sama sekitar," lanjutnya lagi.

3. Dukungan orang-orang sekitar

Dok. IDN Media

Kepercayaan diri juga bisa terbangun dari respons sekitar. Oleh karenanya, saat kamu berada di lingkungan yang sehat dan suportif, kepercayaan diri akan semakin bertambah. Hal itu juga yang dirasakan para anggota Roda Nona.

Punya tujuan yang sama, saling terbuka, mendukung, dan memberi saran, kepercayaan diri satu sama lain pun akan saling bertumbuh yang membuat apa yang mereka kerjakan jadi lebih baik lagi.

"Terus kita juga saling menguji satu sama lain, saat-saat bikin konten, itu juga yang menumbuhkan percaya diri. Dan selalu kayak memberi saran, misalnya kayak aku punya kekurangan apa atau mereka.

Kita biasanya suka share, 'eh, kayaknya nggak cocok deh kalau pake baju gini, ini kan gini', jadi, kita nggak sakit hati. Tapi, karena kita baik lagi, kita tuh sama-sama, kita tahu mana yang bagus untuk masing-masing," tambahnya lagi.

Itulah cara membangun kepercayaan diri saat memulai karier baru dari Roda Nona

IDN Channels

Latest from Inspiration