Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Fahrul Rochman Manfaatkan Seni Untuk Tunjukkan Rasa Cinta Negeri

Fahrul Rochman produksi video bahas cerita rakyat

Aisyah Banowati

Konten kreator Fahrul Rochman punya cara menarik untuk menunjukkan rasa cinta terhadap Tanah Air yang kaya akan budaya, cerita rakyat, mitos, dan legenda ini. Lewat balutan format video, Fahrul bersama timnya memproduksi konten yang isinya mengisahkan tentang cerita rakyat terkenal. 

Saat hadir pada sesi talkshow bertajuk "Blending Art and Social Media for Creative Expression" di hari kedua BFA Bandung 2024, lulusan ISBI Bandung ini mengungkapkan tujuannya membuat konten video yang membahas cerita rakyat Indonesia. 

Fahrul Rochman buat video yang mengisahkan cerita rakyat terkenal

Dok. IDN Media

Baru-baru ini, lewat akun YouTube Fahrul Rochman, selain mengunggah vlog, ia juga membuat konten video yang menceritakan cerita rakyat terkenal di Indonesia. Bukan dengan gaya membacakan cerita seperti podcast, Fahrul memproduksinya dalam bentuk film pendek.

"Karena Fahrul lulusan kampus seni, jadi point utamanya Fahrul. Makanya Fahrul suka bikin konten tentang seni kayak cerita rakyat itu aku bikin ke YouTube, terus juga Instagram aku bikin tentang Nyi Roro Kidul, terus bikin Bawang Merah Bawang putih, yang terakhir itu juga bikin Sangkuriang."

Latar belakang seni jadi point yang menonjol dari Fahrul Rochman

Dok. IDN Media

Menurut Fahrul Rochman, saat ini banyak anak muda yang tidak mengetahui cerita rakyat dari Indonesia. Ia pun mengemas cerita rakyat dalam bentuk konten video agar anak-anak muda tahu dan kembali mengingat cerita rakyat yang beragam. 

"Jadi, ada beberapa orang yang nggak tahu ceritanya, kan, maksudnya Gen Z. Makanya Fahrul bikin konten itu lagi biar orang-orang juga tau kayak, 'oh, ceritanya tuh gini'. Makanya lagi bikin konten kisah cerita rakyat Indonesia, sih."

Ke depannya, Fahrul Rochman berencana untuk terus memproduksi video serupa. Ia pun tak segan membocorkan next project yang sedang dikerjakannya. 

"Aku mau bikin konten Ronggeng, sih, dari penari menjadi setan," ungkapnya.

Wah, akan seperti apa, ya, hasil produksinya? Kalau kamu penasaran, pantengin terus YouTube milik Fahrul Rochman, ya, Bela!

IDN Channels

Latest from Inspiration