Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Skin Prep: Langkah Awal Makeup Flawless dan Tahan Lama

Kulit siap untuk di makeup

Shavira Annisa

Dapatkan complexion tampak flawless ternyata tidak hanya dari perpaduan makeup yang digunakan, tetapi ada juga persiapan kulit sebelum menggunakan makeup. Penting untuk mempersiapkan kulit sebelum gunakan complexion, karena kondisi kulit yang baik juga menghasilkan makeup yang smooth dan tahan lebih lama. Untuk itu, kamu perlu lakukan skin preparation atau skin prep. 

Apa itu skin prep?

pinterest.com/Skin prep

Skin preparation atau skin prep merupakan langkah awal dalam mempersiapkan kulit sebelum mengaplikasikan makeup, sehingga membuat hasil riasan tahan lebih lama dan mendapatkan tampilan kulit yang sehat. Untuk itu, skin prep penting untuk dilakukan agar seluruh riasan tampak semakin flawless. 

Mengapa skin prep itu penting?

clinikally.com/Skin prep

Meski sering diabaikan, skin prep memegang peranan penting untuk memastikan hasil riasan kamu terlihat flawless. Skin prep membuat tekstur kulit menjadi lebih halus, juga menjaga kesehatan kulit sekaligus menjaga keseimbangan kulit.

Paling penting, langkah-langkah skin prep membuat riasan tahan lebih lama karena produk makeup akan menyatu dengan kulit jika dalam keadaan sehat. Jadi tentu saja, skin prep penting sekali dilakukan. 

Langkah-langkah skin prep yang tepat

mixedmakeup.com/Skin prep

Sebelum menggunakan makeup, kamu bisa lakukan langkah-langkah skin prep dibawah ini agar hasil makeup makin flawless

  1. Cleansing 
    Langkah pertama dan paling mendasar dalam skin prep adalah pembersihan. Membersihkan wajah dari kotoran, minyak, dan sisa-sisa makeup sangat penting untuk mencegah penyumbatan pori-pori. Pilih pembersih yang sesuai dengan jenis kulit kamu, dan cuci wajah dengan lembut untuk mencegah terjadinya iritasi. 
  2. Exfoliating 
    Eksfoliasi berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan tekstur kasar dan kulit kusam. Kamu bisa pilih antara dua jenis eksfoliator, yakni scrub atau chemical peeling. Untuk menghindari iritasi, sebaiknya dilakukan 1-2 kali dalam seminggu.
  3. Toning 
    Toner berfungsi untuk mengembalikan pH alami kulit yang seimbang setelah melakukan cleansing dan exfoliating, serta membantu menyiapkan kondisi kulit untuk perawatan selanjutnya. Pilih toner yang bebas alkohol sekaligus memberikan rasa segar pada kulit, ya. 
  4. Serum 
    Serum mengandung konsentrasi yang tinggi bahan aktif, sehingga lebih efektif mengatasi berbagai masalah kulit seperti hiperpigmentasi, kerutan, atau jerawat. Gunakan serum yang sesuai dengan kondisi kulit kamu agar hasil lebih maksimal. 
  5. Moisturizing 
    Langkah ini sangat penting untuk skin prep. Pelembap berfungsi menjaga elastisitas kulit dan menjaga kelembapan. Jika kamu memiliki kulit berminyak, bisa pilih pelembap dengan tekstur lotion yang ringan, sedangkan kulit kering gunakan produk yang lebih thick. 
  6. Sunscreen
    Sunscreen adalah langkah terakhir namun tidak kalah penting dalam skin prep. Paparan sinar UV dapat merusak kulit dan mempercepat penuaan, sehingga kamu wajib gunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih. Aplikasikan sunscreen secara merata sebelum beraktivitas dan re-apply setiap dua jam sekali jika berada di bawah sinar matahari. 

Skin prep menjadi langkah sederhana namun penting untuk mendapatkan kulit sehat dan hasil makeup yang sempurna. Dengan mengiktui langkah-langkah skin prep, riasan kamu terlihat lebih flawless dan tahan lama. Yuk, langsung cobain, dan rasakan perbedannya! 

IDN Channels

Latest from Skin