Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Manfaat Kemiri untuk Wajah, Kulit Sehat dan Cerah

Nggak hanya bahan dapur saja, lho

Shavira Annisa

Kemiri atau aleurites moluccanus adalah salah satu bahan alami yang dikenal memiliki berbagai manfaat, terutama dalam perawatan kecantikan. Minyak yang diekstraksi dari biji kemiri telah digunakan secara tradisional sejak dulu kala untuk merawat kulit dan rambut. Nah, tapi nggak banyak yang tahu, kalau kemiri juga punya manfaat untuk wajah, lho. Apa saja? Yuk, simak baik-baik!

1. Melembapkan kulit kering

embassyofbeauty.co.uk

Kulit yang kering seringkali menyebabkan ketidaknyamanan, bahkan bisa menyebabkan kulit terlihat kusam. Minyak kemiri bekerja dengan sangat baik untuk melembapkan kulit karena sifatnya yang kaya akan asam lemak esensial. Jika digunakan secara rutin, maka dapat membantu menjaga kelembapan dan membuat kulit menjadi lebih halus. 

2. Mengurangi peradangan dan iritasi

byrdie.com

Bagi kamu yang memiliki masalah kulit sensitif, kemiri bisa menjadi solusi alami. Kandungan anti-inflamasi pada minyak kemiri dapat membantu meredakan peradangan dan iritasi pada kulit, lho. Minyak kemiri cocok digunakan pada kulit yang rentan mengalami jerawat atau eksim.

3. Mengatasi jerawat

goodvibemedical.com

Salah satu penyebab jerawat adalah penyumbatan pori-pori dan bakteri. Minyak kemiri, dengan sifat anti-bakterinya, dapat membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi pembentukan jerawat. Rutin mengaplikasikan minyak kemiri dapat membantu mengendalikan produksi minyak berlebih yang sering menjadi penyebab jerawat. Jadi jangan lupa dicobain, ya. 

4. Mencegah penuaan dini

byrdie.com

Seiring bertambahnya usia, kulit kita akan mulai kehilangan elastisitasnya, yang menyebabkan munculnya kerutan dan garis halus. Kandungan vitamin E dan antioksidan dalam minyak kemiri membantu melawan tanda-tanda penuaan dengan cara meningkatkan produksi kolagen dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

5. Memudarkan bekas jerawat dan noda hitam

vogue.com

Bekas jerawat dan hiperpigmentasi dapat mengurangi kepercayaan diri. Salah satu manfaat dari minyak kemiri adalah mampu memudarkan noda hitam dan bekas jerawat. Kandungan nutrisi di dalamnya membantu regenerasi sel kulit baru, sehingga kulit tampak lebih cerah dan bebas dari bekas luka. 

6. Merawat kulit sensitive

freioel.com

Untuk kamu yang memiliki kulit sensitive, bisa menjadikan minyak kemiri sebagai toner karena memiliki sifat astringents, lho. Selain itu, karena dari bahan-bahan alami dan tidak mengandung alkohol, minyak kemiri tidak membuat kulit sensitive kamu mudah iritasi. Aplikasikan pada pagi dan malam hari untuk hasil maksimal, ya. 

7. Membantu mencerahkan kulit

eonline.com

Jika kamu ingin memiliki kulit yang lebih cerah, minyak kemiri adalah pilihan yang tepat. Dengan kandungan nutrisi yang dapat menutrisi kulit dari dalam, minyak ini membantu kulit tampak lebih cerah dan bercahaya. 

Ternyata kemiri bukan hanya bahan dapur, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit wajah. Penasaran untuk mencobanya, Bela? 

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Skin