Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami Tanpa Deodoran

Bau berkurang

Nafi' Khoiriyah

Ketiak yang bau bisa menjadi masalah serius, apalagi jika bau yang muncul tak kunjung hilang. Bau ketiak muncul karena keringat berinteraksi dengan bakteri pada kulit. 

Namun, ada banyak faktor lainnya yang bisa menyebabkan bau badan. Jika mengalami bau ketiak, kepercayaan diri seseorang pun bisa menjadi menurun.  

Maka dari itu, cara menghilangkan bau ketiak secara alami berikut ini bisa jadi alternatif untuk mengatasinya. 

1. Baking soda

Freepik.com/Racool_studio

Baking soda merupakan bahan penyerap alami yang bisa digunakan untuk mengatasi bau ketiak. Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan dua sendok makan air untuk membuat antiperspirant alami. Pastikan untuk menggunakannya teratur untuk menghilangkan bau tak sedap, ya. 

2. Cuka apel

pexels.com/Rosana Solis

Cara menghilangkan bau ketiak secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka apel. Bahan ini merupakan deodoran alami yang bekerja membunuh bakteri penyebab bau badan.

Cara menggunakannya, tambahkan dua sendok makan cuka sari apel ke dalam air lalu diamkan selama 5 menit. Setelah itu, oleskan larutan ke ketiak secara merata, tunggu 20 menit lalu bilas. 

3. Tea tree oil

pexels.com/Dominika Roseclay

Penggunaan tea tree oil secara teratur akan memudarkan bau, termasuk bau ketiak. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan di ketiak lalu biarkan selama 30 menit.

Setelah itu, bilas dengan air dingin lalu keringkan. Perlu diperhatikan, penggunaan tea tree oil ini perlu dilakukan secara teratur selama kurang lebih 2 minggu supaya bau ketiak memudar. 

4. Air mawar

pexels.com/Og Mpango

Air mawar bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau ketiak secara alami. Bahan ini merupakan deodoran alami yang manjur yang juga menyegarkan.

Selain bisa digunakan sebagai penghilang bau ketiak, air mawar juga banyak dimanfaatkan untuk toner atau parfum yang menyegarkan. 

5. Salt block

freepik.com/freepik

Garam merupakan deodoran alami yang bisa digunakan untuk merawat ketiak secara efektif. Caranya, oleskan salt block ke ketiak saat malam hari dan biarkan selama 20-30 menit sebelum dibilas dengan air. Ulangi penggunaannya dua kali dalam seminggu. 

6. Essential oil

freepik.com/freepik

Ada beberapa jenis essential oil yang bisa menjadi cara menghilangkan bau ketiak secara alami. Essential oil tersebut bisa dicampurkan dengan minyak kelapa untuk menjaga area ketiak bebas bau. Namun, perhatikan untuk menjaga area tetap bersih dan kering supaya bakteri tidak berkembang biak. 

7. Air perasan lemon

unsplash.com/eggbank

Kalau kamu punya lemon di rumah, buah ini bisa menjadi bahan alami untuk menghilangkan bau ketiak. Cukup peras lemon dan oleskan ke ketiak selama 10 menit atau tambahkan irisan lemon saat mandi.

Hal itu akan membantu menghilangkan keringat dan bakteri dari tubuh. Kulit pun akan tetap bersih dan bebas racun supaya menghindari bau tak sedap. 

8. Minyak kelapa

pexels.com/pixabay

Cara menghilangkan bau ketiak secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Caranya, oleskan minyak kelapa ke ketiak dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan sabun sebelum dibiarkan. 

9. Garam epsom

freepik.com/8photo

Terakhir, garam epsom atau dikenal dengan garam inggris merupakan bahan yang bagus untuk mendetoksifikasi tubuh dan membuang racun.

Caranya adalah dengan menambahkan garam epsom ke dalam bak mandi dan berendam selama 10 menit. Setelah itu, mandi dengan larutan tersebut sekali atau dua kali dalam seminggu untuk menghilangkan bakteri dari area ketiak. 

Demikian cara menghilangkan bau ketiak secara alami yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Namun, jangan lupa lakukan secara teratur supaya bau benar-benar hilang, ya!

IDN Channels

Latest from Skin