Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Apa Saja Urutan Lip Care yang Bisa Kamu Terapkan Setiap Hari? 

Lakukan ini apabila ingin bibir lembap sepanjang hari!

Aulia Fitria

Selain rutin mengaplikasikan produk perawatan kulit di area wajah, penting juga bagi kamu untuk merawat bibir agar tetap lembap sepanjang hari. Ya, apabila kamu ingin punya bibir yang sehat nan lembap selain minum air putih yang banyak, kamu juga perlu melakukan lip care atau perawatan bibir.

Merawat bibir juga bukan hal yang sulit sehingga kamu tak perlu khawatir. Kamu hanya butuh pelembap bibir serta produk yang bekerja mengeksfoliasi bibirmu. Lantas, apa saja urutan lip care yang bisa kamu terapkan setiap hari? Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Aplikasikan pelembap bibir setiap hari

pexels.com

Langkah pertama dalam melakukan lip care tentunya mengaplikasikan pelembap bibir setiap hari. Langkah ini tak hanya mencegah terjadinya bibir pecah-pecah, tetapi juga bisa melembutkan serta menyamarkan garis-garis pada bibir. Lip balm tertentu bahkan bisa memberi warna pada bibir.

Namun, lip balm yang dilengkapi oleh berbagai warna bisa jadi tidak begitu melembapkan seperti lip balm pada umumnya. Apabila tujuanmu hanya melembapkan bibir saja, maka aplikasikan lip balm tanpa warna saja atau kamu bisa menimpanya dengan pewarna bibir setelahnya.

2. Gunakan pelembap bibir yang bisa melindungimu dari sinar matahari

freepik.com

Tak hanya kulit saja yang perlu kamu lindungi dari bahaya paparan sinar matahari, bibir juga butuh perlindungan ini. Pasalnya, bibir merupakan salah satu indera yang cenderung sensitif dan lebih tipis jika dibandingkan dengan yang lain. Namun, kini kamu tak perlu khawatir lantaran kini pelembap bibir sudah dilengkapi oleh SPF.

Untuk perlindungan yang efektif, kamu bisa menggunakan pelembap bibir yang dilengkapi dengan SPF minimal 15. Sama seperti penggunaan tabir surya, kamu juga bisa mengaplikasikan ulang pelembap bibir yang dilengkapi oleh SPF tersebut.

3. Bersihkan dengan pembersih makeup yang lembut

Shutterstock/Maridav

Mengaplikasikan riasan rasanya tak mungkin dilewatkan oleh hampir setiap perempuan. Meski tidak mengenakan riasan secara penuh, kamu mungkin mengenakan pewarna bibir. Setelah seharian beraktivitas, kamu tentu perlu menghapusnya, terlebih saat ingin tidur.

Hal tersebut dilakukan demi menjaga kesehatan bibirmu. Tidak berhenti sampai di sana, kamu juga perlu memakai pembersih makeup yang lembut dan aman di bibirmu seperti cleansing oil atau cleansing balm misalnya.

4. Eksfoliasi bibir

marthastewart.com

Tak hanya kulit saja yang perlu kamu eksfoliasi, mengeksfoliasi bibir juga tak kalah penting. Pasalnya, eksfoliasi bibir ini mampu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga bibir tampak halus dan lebih cerah. Eksfoliasi bibir juga dipercaya bisa meningkatkan proses penyerapan produk yang kamu aplikasikan ke permukaan bibir. Tidak berhenti sampai di sana saja, eksfoliasi bibir juga dapat membuat riasan bibir menjadi tahan lama, lho.

Namun, kamu tidak boleh sembarangan dalam mengeksfoliasi bibir, sebab ketika kamu terlalu keras melakukannya, bibir perlahan-lahan akan menjadi iritasi, pecah-pecah bahkan bisa berubah warna.

5. Sempurnakan perawatan bibirmu dengan lip mask

pexels.com

Setelah itu, kamu bisa melanjutkan perawatan bibir dengan menggunakan lip mask. Lip mask ini tak hanya berfungsi melembapkan bibir secara mendalam saja, tetap juga bisa mencerahkan bibir, regenerasi hingga mengurangi garis-garis halus pada bibir kamu. Lantas, kapan saja kamu bisa memakai lip mask?

Kamu bisa menggunakan lip mask sesaat sebelum tidur, saat bibir begitu kering atau saat bibir kamu butuh perawatan lebih. Menggunakannya dua hingga tiga kali dalam seminggu juga sudah cukup, kok, Bela.

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Skin