Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Atasi Puffy Eyes yang Bisa Kamu Terapkan 

Kompres es batu hingga penuhi kebutuhan cairan

Aulia Fitria

Puffy eyes atau mata bengkak merupakan kondisi yang sangat umum dan bisa dialami oleh siapa saja. Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya mata bengkak, mulai dari kelelahan, reaksi alergi, pertambahan usia, perubahan hormon, konsumsi alkohol hingga faktor genetik. 

Namun, kamu tak perlu khawatir soal masalah mata bengkak ini. Pasalnya, mata bengkak bisa diatasi dengan berbagai cara mulai dari mengompres dengan es batu, kompres dengan kantung teh, menggunakan krim mata, memberi tetes mata, hingga memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Untuk mencari tahu informasi tentang cara atasi puffy eyes, simak artikel di bawah ini, ya!

1. Kompres dengan es batu

Homebuddy.store

Langkah pertama yang sederhana yang bisa kamu lakukan ketika mata tengah bengkak adalah dengan mengompres matamu dengan air dingin. Perlu kamu ketahui bahwa suhu dari air dingin ini membantu meringankan kelebihan cairan yang terdapat di bawah mata. 

Namun, kamu tidak disarankan untuk langsung menempelkan es batu di area mata yang bengkak, ya. Pertama-tama, balut es batu dengan handuk kemudian tempelkan es batu yang sudah dibalut itu dengan handuk ke area mata yang bengkak dan diamkan selama beberapa menit.

2. Kompres dengan kantung teh

Well+Good

Selain dengan es batu, kamu juga bisa kompres mata bengkakmu dengan kantung teh. Usut punya usut, kandungan kafein serta antioksidan yang tinggi di dalam teh diketahui dapat mengurangi peradangan dan penyempitan yang terjadi pada pembuluh darah.

Lantas, teh apa yang bisa kamu gunakan untuk mengompres mata yang bengkak? Kamu bisa gunakan teh hijau atau teh hitam untuk mengompres mata yang bengkak itu, ya, Bela!

3. Aplikasikan krim mata

freepik.com/valuavitaly

Selain mengompres dengan es batu dan kantung teh, kamu bisa mengurangi mata bengkak dengan krim mata. Kamu bisa gunakan krim mata yang dilengkapi dengan kandungan yang mampu mengatasi permasalahan kulit khususnya peradangan. 

Di samping itu, cara kamu mengaplikasikan krim mata juga berperan besar dalam dampak yang diberikan oleh krim mata tersebut sehingga aplikasikanlah dengan cara yang tepat.

4. Beri obat tetes mata

Healthline.com

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan obat tetes mata untuk mengatasi mata yang bengkak. Namun, cara ini akan efektif apabila kamu tahu penyebab di balik mata bengkakmu itu. 

Pasalnya, setiap obat tetes mata memiliki fungsi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, apabila mata bengkak tidak segera mereda meski kamu sudah mencoba berbagai hal, segera lakukan konsultasi dengan dokter agar kamu mendapat penanganan yang tepat.

5. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

freepik.com

Tahukah kamu bahwa dehidrasi bisa membuat mata menjadi bengkak? Itulah mengapa memenuhi kebutuhan cairan tubuh merupakan hal yang tidak boleh kamu sepelekan. Apabila ingin mata kamu sehat dan tidak bengkak, kamu bisa konsumsi air putih sebanyak dua liter setiap harinya.

Namun, kamu juga tidak disarankan untuk mengonsumsi air putih dalam jumlah yang berlebihan. Pasalnya, kelebihan konsumsi air putih kamu akan mengalami overhidrasi. Jadi, konsumsi air putih secukupnya saja.

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Skin