Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini Kesalahan dalam Memakai Toner Eksfoliasi

Penggunaan berlebihan hingga lupa pakai pelembap

Aulia Fitria

Apakah kamu rutin melakukan eksfoliasi kulit? Seperti yang kamu tahu, prosedur perawatan kulit dengan menggunakan produk eksfoliasi seperti toner eksfoliasi ini memiliki banyak manfaat yakni mengangkat sel kulit mati, mempercepat penyerapan produk skincare yang kamu aplikasikan, mencegah timbulnya jerawat, serta mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Tapi, pernahkah kamu khawatir rutinitas perawatan kulit satu ini yang kamu terapkan untuk perawatan malah akan menyebabkan iritasi kulit? Hal tersebut wajar kamu khawatirkan terlebih ini merupakan kali pertama kamu melakukan eksfoliasi dan Popbela akan memberi tahu kesalahan dalam memakai toner eksfoliasi agar kulitmu tidak mengalami iritasi. Yuk, simak informasinya di bawah ini!

1. Penggunaan toner eksfoliasi berlebihan

freepik.com

Ya, toner eksfoliasi memang bisa mengangkat sel-sel kulit mati, namun bukan berarti kamu bisa menggunakannya secara berlebihan untuk memperoleh hasil yang optimal. Aplikasikan toner eksfoliasi sesuai kebutuhan kulitmu saja. Apabila kulitmu cenderung sensitif dan kering, kamu bisa aplikasikan satu hingga dua kali dalam seminggu.

Namun, apabila kulitmu berminyak serta berjerawat, kamu bisa aplikasikan tiga hingga empat kali dalam seminggu. Di samping frekuensi penggunaannya, kamu juga tak perlu menuangnya ke kapas secara berlebihan lantaran dikhawatirkan bisa mengiritasi kulit.

2. Tidak mengaplikasikan tabir surya di pagi hari

freepik.com/freepik

Saat mengaplikasikan toner eksfoliasi kamu disarankan untuk menggunakan tabir surya saat pagi hari. Pasalnya, kulitmu cenderung lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari setelah menggunakan toner eksfoliasi. Kamu bisa aplikasikan tabir surya dengan minimal SPF 30, namun apabila ingin memperoleh perlindungan yang optimal kamu bisa menggunakan SPF 50.

3. Menggunakan toner eksfoliasi saat kulit tengah iritasi

Freepik

Ada hal lain yang perlu kamu perhatikan ketika ingin mengaplikasikan toner eksfoliasi yakni hindari menggunakan toner eksfoliasi saat kulit tengah iritasi, pasalnya penggunaan toner eksfoliasi ketika kulit tengah bermasalah bisa menambah masalah lain pada kulit. Ya, kulitmu malah semakin iritasi. 

Untuk itu, perhatikan kondisi kulitmu sebelum mengaplikasikan toner eksfoliasi, pasalnya toner eksfoliasi ini kaya akan bahan-bahan aktif yang mana apabila penggunaannya tidak diperhatikan bisa merusak kulit.

4. Mengaplikasikan toner di area kulit yang sensitif

freepik.com

Selain mengaplikasikan toner saat kulit tengah iritasi, mengaplikasikan toner eksfoliasi di area kulit yang cenderung sensitif seperti mata dan bibir, untuk itu kamu tidak disarankan mengaplikasikan toner eksfoliasi di area-area tersebut. Apabila ingin mengaplikasikan toner eksfoliasi di area tersebut, kamu bisa gunakan toner yang dirancang untuk kulit sensitif.

5. Tidak mengaplikasikan pelembap

freepik.com

Mengeksfoliasi kulit ini memang bisa membuat kulitmu cenderung kering. Untuk itu, penting bagi kamu mengaplikasikan pelembap setelah selesai mengeksfoliasi kulit. Pasalnya ketika kulit tidak diaplikasikan pelembap setelah eksfoliasi kulit bisa menjadi kering, terasa kesat, dan juga iritasi.

Itulah lima kesalahan mengaplikasikan toner eksfoliasi yang perlu kamu hindari agar kulit tidak iritasi bahkan mengalami kerusakan. Saat ingin mengaplikasikan toner eksfoliasi, tak hanya kecocokan produknya sama terhadap kulitmu yang perlu kamu perhatikan tetapi juga kondisi kulitmu saat ingin menggunakannya. Semoga informasinya bermanfaat untukmu, ya, Bela!

IDN Channels

Latest from Skin