Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tips Mengatasi Makeup Patchy yang Bisa Coba  

Caranya sederhana, kok, Bela!

Aulia Fitria

Memakai riasan wajah rasanya sudah menjadi rutinitas yang tidak mungkin dilewatkan oleh setiap perempuan. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang mengaplikasikan kembali riasannya ketika riasan sudah mulai luntur dan wajah sudah tidak lagi terlihat fresh. Tetapi, pernahkah kamu dihadapkan oleh kondisi riasan yang tidak merata?

Hal ini bisa terjadi lantaran kulit kering, pengaplikasikan riasan yang tidak rata, kulit bertekstur hingga suhu. Namun, kamu tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengatasi makeup patchy atau tidak rata. Simak caranya di bawah ini, ya, Bela!

1. Aplikasikan pelembap

freepik.com

Salah satu kunci agar riasan tahan lama dan tidak patchy adalah kulit yang lembap dan untuk memperoleh kulit yang lembap, kamu bisa mengaplikasikan pelembap terlebih dahulu. Ketika kulit lembap, maka riasan juga akan menempel pada wajah dengan maksimal.

Agar kulit benar-benar terhidrasi dengan baik, pilih pelembap dengan tekstur yang lebih tebal. Namun, kamu juga tidak disarankan untuk menggunakannya secara berlebihan.

2. Gunakan primer

freepik.com

Primer bekerja meratakan warna dan tekstur kulit sehingga apabila kamu ingin riasan terlihat flawless, maka aplikasikan primer setelah menggunakan pelembap. Namun, pastikan primer yang kamu gunakan cocok untuk jenis kulitmu, ya. 

Lebih dari itu, kamu juga tidak perlu mengaplikasikan primer terlalu banyak. Cukup aplikasikan satu hingga dua pump primer untuk keseluruhan wajah. Ketika kamu memakai primer terlalu banyak pori-pori malah bisa tersumbat, riasan sulit diaplikasikan, dan warna riasan jadi berubah.

3. Pilih foundation dengan tekstur cair

freepik.com/freepik

Selanjutnya, pemilihan foundation juga jadi kunci hasil riasan kamu. Pasalnya, ketika kamu salah memilih foundation, riasan yang kamu gunakan bisa patchy. Selain memilih foundation yang sesuai dengan jenis kulit, kamu bisa pertimbangkan untuk memilih foundation dengan tekstur yang cair.

Foundation dengan tekstur yang cair ini mudah untuk diratakan ke seluruh wajah. Di samping itu, foundation dengan tekstur yang cair umumnya lebih ringan sehingga nyaman di kulit dan yang terpenting tetap membuat kulit lembap.

4. Gunakan kuas atau beauty blender untuk meratakan foundation

Freepik

Untuk tata cara pengaplikasikan foundation ini tidak bisa sembarangan, Bela. Alih-alih mengaplikasikannya dengan jari, kamu bisa gunakan kuas atau beauty blender agar hasilnya merata dengan sempurna dan bebas dari makeup patchy.

Kamu juga bisa membasahi beauty blender-mu dengan sedikit air, kemudian diperas, dan tuangkan foundation pada beauty blender-mu sedikit demi sedikit untuk hasil yang lebih optimal.

5. Akhiri dengan aplikasikan bedak

freepik.com

Terakhir, setelah selesai mengaplikasikan riasan secara keseluruhan, kamu bisa set riasanmu dengan bedak. Bedak ini tidak hanya membuat riasanmu menjadi lebih apik saja tetapi juga membuat riasanmu menjadi tahan lama dan bisa mencegah transfer.

Itulah kelima tips mengatasi makeup patchy yang bisa kamu coba agar riasan selalu sempurna. Selamat mencoba!

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Make Up