Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Jelang Mudik Lebaran, Ini 7 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Tetap jaga kebugaran tubuhmu selama mudik ya, Bela

Mila Fitri Chairunisa

Mudik menjadi tradisi tahunan di Indonesia saat menjelang \Lebaran yang paling ditunggu-tunggu. Tradisi ini dilakukan untuk bertemu kembali dengan keluarga dan sanak saudara. Biasanya, perjalanan jauh dan perubahan pola hidup selama mudik dapat menimbulkan risiko kesehatan.

Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk mempersiapkan diri dengan baik selama perjalanan mudik. Kali ini, Popbela akan memberikan tujuh cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat dan bugar. Simak artikel ini ya, Bela!

1. Jaga asupan cairan dengan cukup

freepik.com/stefamerpik

Hal yang penting untuk diingat selama perjalan mudik adalah menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Saat menempuh perjalanan yang jauh, sangat memungkinkan tubuh mengalami dehidrasi karena udara yang kering dan paparan sinar matahari. Pastikan untuk membawa air minum yang cukup dan konsumsilah secara teratur selama di perjalanan.

2. Beristirahat sejenak

freepik.com

Perjalanan mudik Lebaran yang panjang dan menempuh jarak jauh, tentunya membuat tubuh menjadi lelah. Oleh karena itu, penting untuk memberikan tubuh beristirahat yang cukup agar tetap segar dan bugar selama perjalanan. Terutama untuk kamu yang mengemudi, pastikan untuk melakukan istirahat setiap beberapa jam untuk merelaksasi mata dan tubuh.

3. Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi

freepik.com

Makanan yang sehat dan bergizi tak kalah penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Cobalah untuk membawa bekal dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seperti buah-buahan, oatmeal, atau camilan rendah lemak saat sahur dan berbuka puasa.

4. Lakukan peregangan tubuh

freepik.com

Meskipun perjalanan mudik ditempuh dalam waktu yang lama di dalam kendaraan, sebisa mungkin tetaplah aktif. Sebagai langkah kecil untuk solusi, kamu bisa berjalan-jalan di sekitar rest area saat berhenti atau lakukan sedikit peregangan. Aktivitas fisik yang ringan seperti ini dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi risiko kram otot atau tubuh yang kaku.

5. Sediakan vitamin dan suplemen

freepik.com

Kondisi perjalanan mudik dan perubahan pola makan selama mudik, dapat memengaruhi asupan nutrisi tubuh. Untuk memastikan tubuh tetap sehat, pertimbangkan untuk sedia dan mengonsumsi vitamin atau suplemen tambahan. Cobalah untuk konsumsi vitamin C, magnesium, dan zinc, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi rasa kelelahan. 

6. Batasi minuman manis dan bersoda

freepik.com/ViDIstudio

Minuman manis dan bersoda mengandung gula tambahan, yang dapat menyebabkan lonjakan energi yang cepat dan penurunan energi secara drastis. Selama perjalanan mudik, minuman manis akan membuat tubuh menjadi dehidrasi. Untuk itu, cobalah untuk mengonsumsi air putih atau minuman less sugar yang lebih sehat.

7. Siapkan obat-obatan pribadi

freepik.com/rawpixel.com

Selama perjalanan mudik, tubuh akan mengalami berbagai masalah kesehatan ringan seperti sakit kepala, masuk angin, atau gangguan pencernaan. Sebagai antisipasi, selalu siapkan dan membawa obat-obatan pribadi, termasuk obat sakit kepala atau obat anti mual. Jika kamu memiliki penyakit tertentu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat.

Nah, itulah tujuh cara menjaga kesehatan tubuh saat menjelang mudik Lebaran. Yuk, persiapkan diri dengan baik untuk perjalanan mudik yang sehat. Semoga kamu sampai di tujuan dengan selamat dan tubuh tetap bugar ya, Bela!

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Health