Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Hal yang Tak Boleh Kamu Lakukan Saat Pertama Pilates 

Penting bagi kamu yang berencana melakukan pilates, nih!

Aulia Fitria

Mengonsumsi makanan yang bergizi saja tidak cukup untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Ada cara lain yang bisa diterapkan agar tubuh terlihat proporsional, yakni dengan melakukan pilates. Lebih dari itu, pilates juga mampu memperbaiki postur tubuh, meningkatkan keseimbangan serta fleksibilitas serta meredakan gejala nyeri di area punggung.

Namun, tidak seperti kelihatannya pilates bukan olahraga yang mudah. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terlebih ini baru pertama kali kamu melakukan pilates. Lantas, apa saja hal yang tak boleh kamu lakukan saat pertama kali melakukan pilates?

1. Tidak memakai kaos kaki khusus pilates

pinterest

Mungkin hal ini terkesan sepele, namun memakai kaos kaki khusus pilates merupakan langkah yang tak boleh kamu lewatkan saat ingin melakukan pilates. Langkah ini perlu dilakukan lantaran kaos kaki membantu memberikan cengkraman sehingga kamu bisa berlatih pilates dengan aman dan nyaman.

Hal tersebut tentunya juga berpengaruh terhadap keseimbangan dan stabilitas kamu saat tengah berlatih. Di samping itu, kaos kaki yang dirancang untuk pilates juga bisa melindungi kamu dari gesekan yang bisa membuat kaki luka terlebih saat kamu melakukan latihan pilates di atas matras.

2. Memilih kelas yang diperuntukkan bagi yang mahir

byrdie.com

Tahukah kamu bahwa tidak semua kelas pilates yang tersedia cocok untuk diambil oleh pemula? Hal ini tentu penting menjadi perhatian, pasalnya, kelas pilates yang tersedia di berbagai studio pilates beragam dan tidak semuanya aman dilakukan oleh pemula.

Oleh karena itu, sebelum mulai mengambil kelas tertentu kamu bisa bertanya apakah kelas yang ingin kamu ambil memang diperuntukkan bagi semua level atau hanya bagi yang sudah mahir saja? Pasalnya, mengambil kelas mahir ketika kamu masih pemula akan menyulitkanmu saat tengah latihan.

3. Melewatkan pemanasan

pexels.com/Dejan Krstevski

Sama seperti olahraga lain, kamu butuh melakukan pemanasan saat ingin melakukan pilates. Pemanasan dalam pilates tak hanya berfungsi mengurangi resiko cedera saja, tetapi juga bisa mengaktifkan otot inti, menyiapkan sistem saraf, memperbaiki keseimbangan, hingga meningkatkan aliran darah serta suplai oksigen.

4. Postur yang salah

phitosophy.com

Tahukah kamu menerapkan postur yang tepat saat pilates berpengaruh terhadap efektivitas latihan? Tidak hanya itu, postur yang salah juga berpotensi membuat kamu cedera. Hal ini bisa menyebabkan otot bekerja secara berlebihan dan akhirnya membuat kamu nyeri di area tertentu.

Apabila ini kali pertama kamu melakukan pilates, sebaiknya saat tengah melihat instruktur memberikan contoh tak hanya gerakannya saja yang kamu perhatikan tetapi juga bagaimana instruktur memposisikan tubuhnya.

5. Menggunakan beban berlebih

gqindia.com

Menggunakan beban berlebih saat pertama kali melakukan pilates juga tidak disarankan. Selain belum terbiasa, langkah ini juga bisa menyebabkan cedera sendi dan otot, kesalahan dalam teknik pilates, otot menjadi tidak seimbang, hingga rasa sakit dan juga kaku.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, pasalnya instruktur akan bertanya kepada kamu apakah ini pertama kali kamu melakukan pilates atau bukan. Apabila instruktur tidak bertanya kepadamu, kamu bisa memberi tahunya lebih dulu agar terdapat penyesuaian oleh instruktur nantinya.

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Health