Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Ini Bisa Cegah Rambut Kering Saat Cuaca Panas

Gunakan shampo yang melembapkan hingga minum air yang cukup.

Aulia Fitria

Ada beberapa faktor yang menyebabkan rambut rentan mengalami kerusakan, salah satunya adalah kerap terpapar oleh panas matahari. Ya, matahari yang nyatanya memiliki segudang manfaat ini bisa memberi dampak yang buruk apabila seseorang terpapar oleh sinarnya dalam waktu yang lama. Terlebih saat ini hampir setiap hari cuaca selalu panas. 

Agar rambut terlindungi dari kerusakan paparan sinar matahari, kamu bisa memakai topi dan payung sebagai pelindung. Namun, hal ini sebenarnya tidak cukup untuk menjaga rambutmu agar tetap lembap saat cuaca panas. Lantas, apa saja yang perlu kamu lakukan agar rambut tidak kering saat cuaca panas?  

1. Gunakan shampo yang bisa melembapkan rambut

pexels.com

Setiap shampo memiliki fungsi yang berbeda-beda untuk rambut. Ada yang diperuntukkan bagi rambut rontok, ada pula yang diperuntukkan bagi kamu yang ingin rambutnya tetap lembap. Apabila kamu ingin rambut tetap lembap saat cuaca panas, pilihlah shampo yang bisa melembapkan rambut.

2. Lakukan deep conditioning

pexels.com

Bela, apakah kamu familiar dengan istilah deep conditioning? Deep conditioning adalah rutinitas perawatan rambut dengan mengaplikasikan produk perawatan rambut yang kaya akan nutrisi. Langkah ini umumnya dilakukan untuk mengembalikan kelembapan rambut.

Deep conditioning juga dipercaya mampu memperkuat akar rambutmu. Agar rambut lembap dengan maksimal, pilih produk deep conditioning yang berfungsi melembapkan rambut seperti minyak alpukat, zaitun, dan almond.

3. Hindari penggunaan alat styling

pexels.com

Alat styling ini kerap dipilih oleh perempuan untuk membuat rambut mereka tertata dengan sempurna. Namun, penggunaan alat styling secara berlebihan dapat merusak rambutmu yang sehat itu, terlebih saat cuaca tengah terik-teriknya.

Sebab, panas berlebih dapat menghilangkan minyak alami pada rambut sehingga menyebabkan rambut mengalami kekeringan. Namun, apabila kamu sangat membutuhkan alat styling karena alasan tertentu, jangan lupa untuk mengaplikasikan heat protectant spray terlebih dahulu.

4. Sisir dengan hati-hati

pexels.com

Meski terdengar sepele,nyatanya kamu tidak boleh asal menyisir rambut, lho, Bela. Sebab, apabila dilakukan dengan tidak hati-hati, rambutmu malah rusak. Alih-alih memakai sisir biasa, kamu bisa gunakan sisir yang mampu mengatasi rambut kusut.

Apabila dilakukan dengan benar, rutinitas yang kamu anggap biasa ini nantinya akan memberi manfaat yang besar pada rambutmu, terlebih di cuaca yang panas ini. Sebab, tujuan menyisir rambut ini adalah mendistribusikan kelembapan ke seluruh helai rambut.

5. Mengonsumsi air putih yang cukup

Image by pressfoto on Freepik

Seperti yang kamu ketahui, air putih berperan besar dalam hidrasi tubuh. Begitu pula dengan hidrasi kulit dan rambut. Ketika tengah berada di cuaca yang panas, mengonsumsi air putih yang cukup menjadi hal yang tidak boleh kamu lupakan. Kamu bisa minum air putih sebanyak dua liter setiap harinya.

IDN Channels

Latest from Hair