Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mengenal Vow Renewal, Cara Unik Merayakan Ulang Tahun Pernikahan

Satukan kembali tujuan rumah tanggamu

Puspita Ramadhani

Vow renewal atau memperbarui sumpah pernikahan merupakan sebuah perayaan di mana pasangan yang sudah menikah, menegaskan kembali komitmen mereka satu sama lain. Biasanya, sumpah pembaruan ini dilakukan saat pernikahan berusia 10, 25, atau 50 tahun.

Hal ini menjadi penting karena setelah sekian lama kamu dan pasangan berumah tangga, kalian bisa melupakan apa tujuan awal pernikahan itu dilaksanakan.

Untuk kamu yang baru tahu dan tertarik melakukan vow renewal atau memperbarui sumpah pernikahan ini, simak tipsnya di sini.

1. Melakukan evaluasi bersama

pexels.com/jonathan-borba

Hal terpenting dalam melakukan pembaruan sumpah pernikahan adalah untuk mengetahui seberapa jauh kamu dan pasangan masih ingin bersama. Kendati demikian, tak bisa dipungkiri pula bila selama pernikahan kalian telah banyak terjadi perbedaan.

Itulah mengapa penting melakukan evaluasi sebelum memperbarui janji pernikahanmu. Cari tahu apa saja yang menjadi 'ganjalan' padamu dan pasanganmu. Kemudian, pikirkanlah bagaimana kalian ingin memperbaiki situasi tersebut.

Apabila evaluasi dan rencana ke depannya telah dilakukan, maka kamu bisa melakukan tahap vow renewal selanjutnya.

2. Tentukan bagaimana situasinya

pexels.com/elina-fairytale

Vow renewal tidaklah seformal pernikahan yang harus dibarengi dengan sebuah pesta. Seperti apa acara pembaruan perjanjian pernikahanmu, bisa turut kamu diskusikan bersama pasangan. Apakah kamu hanya ingin melakukannya bersama keluarga kecilmu, atau tetap melakukan pesta dan mengundang keluarga besar hingga kerabat.

3. Pilih tanggal dan lokasi

pexels.com/gustavo-fring

Biasanya, pasangan yang melakukan vow renewal akan memilih tanggal pernikahannya. Kamu bisa lakukan hal serupa atau memilih tanggal penting lainnya.

Selanjutnya, pilihlah lokasi terbaik. Mungkin, kamu ingin melakukan vow renewal di tempat bersejarah bagi hubunganmu bersama suami. Tempat yang penuh sejarah bagi kalian adalah pilihan terbaiknya.

4. Gunakan pakaian yang kamu inginkan

pexels.com/ana-williamson

Kamu tidak memerlukan gaun pengantin dan setelan tuksedo. Sebaliknya, kamu bisa memilih dan memakai pakaian apa pun yang kamu sukai dan tampillah secara maksimal. Dengan begitu, pasanganmu bisa kembali jatuh cinta dan merasakan kegugupan yang sama bak pernikahanmu puluhan tahun silam.

5. Undang saksi

pexels.com/gustavo-fring

Layaknya pernikahan, kamu membutuhkan seorang saksi untuk menyaksikan sumpah pernikahan yang kalian ucapkan. Meskipun perjanjian pernikahan itu sejatinya dilakukan antara kamu dan Tuhan, namun dengan kehadiran seorang saksi, kamu akan merasa bahwa setiap kata dalam perjanjian pernikahanmu memang perlu dipertanggungjawabkan.

6. Sewa fotografer

pexels.com/mikhail-nilov

Setiap momen, perlu diabadikan! Walaupun umur kamu dan pasangan tak lagi muda, tapi tak ada salahnya bersenang-senang seperti pasangan muda saat ini.

Kamu perlu menyewa seorang fotografer untuk mengabadikan sepanjang momen vow renewal. Selain itu, kamu juga harus memperbarui foto-foto di masa pernikahanmu. Kenangan manis ini harus dibagikan untuk cucu-cucumu kelak!

Vow renewal atau pembaruan sumpah pernikahan terlihat mudah dilakukan dan sering hanya dianggap remeh. Padahal, di dalam vow renewal itu ada visi misi yang kembali menyatu.

IDN Channels

Latest from Married