Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Klarifikasi Baim Wong tentang Perceraiannya dengan Paula Verhoeven

Ada isu orang ketiga

Natasha Cecilia Anandita

Isu keretakan rumah tangga Baim Wong dan Paula Verhoeven sudah banyak diperbincangkan sejak pertengahan tahun 2024 ini. Netizen memperhatikan kalau keduanya sudah jarang mengunggah kebersamaan di media sosial mereka. Muncul juga beberapa potongan video yang memperlihatkan sikap-sikap Baim Wong yang dianggap 'red flag' oleh netizen kepada Paula Verhoeven.

Bahkan, beberapa waktu lalu Baim mengungkapkan kalau Paula pergi ibadah ke Tanah Suci tanpa minta izin darinya. Setelah banyak spekulasi tentang kondisi rumah tangganya, akhirnya Baim Wong mengajukan gugatan cerai ke sang istri setelah 6 tahun pernikahannya. Ia juga menggelar jumpa pers untuk memberikan pernyataan terkait gugatan cerainya. 

Dicurigai ada perselingkuhan, ini 5 poin klarifikasi Baim Wong tentang perceraiannya dengan Paula Verhoeven.

1. Layangkan cerai talak ke pengadilan

instagram.com/paula_verhoeven

Pada Selasa (8/10/2024), Baim Wong melayangkan cerai talak untuk istrinya, Paula Verhoeven, ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Permohonan talak cerai Baim Wong terdaftar dalam nomor perkara 3477/Pdt.G/2024/PA.JS yang bisa dilihat dari Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PA Jaksel.

Permohonan tersebut atas nama pemohon Muhammad Ibrahim bin Johnny Djaelani dan termohon Paula Verhoeven binti Eddy Verhoeven dan diajukan oleh kuasa hukum Baim Wong, M. Fachmi Bachmid, secara online.

2. Adanya dugaan perselingkuhan selama setahun terakhir

instagram.com/paula_verhoeven

Baim mengajukan cerai terhadap istrinya, Paula Verhoeven, karena ia menduga adanya perselingkuhan yang dilakukan Paula dengan teman dekatnya sendiri. Aktor tersebut merasa dikhianati dua orang terkasihnya itu. 

Baim kemudian menjelaskan bahwa dirinya sempat memaafkan dan menindak Paula dengan caranya sendiri. Akan tetapi, kejadian tersebut berulang lagi. Baim memendam konflik rumah tangganya itu selama setahun terakhir dan mengaku masih tidak percaya atas apa yang menimpanya.

"Saya sebenarnya nggak nyangka ada di momen ini. Jadi, saya tuh sebenarnya menghindari. Posisi saya itu sulit. Saya memang bisa dibilang dikhianati sama dua orang terdekat saya.

Dari pihak perempuan sama laki-laki. Yang laki-lakinya itu adalah teman saya sendiri. Sebenernya pas kejadian itu hari pertama itu saya sudah memaafkan, tapi pakai cara-cara sayalah," ungkap Baim Wong saat ditemui media bersama kuasa hukumnya, Fahmi Bachmid, di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.

Selama ini Baim Wong sangat percaya pada Paula, sehingga tak pernah memeriksa isi ponselnya. Bahkan saat kabar dugaan perselingkuhan itu disampaikan kepadanya, Baim tetap tidak memeriksa ponsel sang istri.

"Saya itu nggak pernah ngecek handphone istri saya, karena saya sangat percaya sama dia. Sekali pun saya nggak pernah," ujar Baim Wong.

"Ketika berita itu ada yang datangnya dari asisten pribadinya, saya nggak ngecek ya, dikasih lihat saya, terus saya mau ngomong apa? Tapi saya nggak akan menjabarkan di sini semuanya," sambung Baim Wong.

Dalam pernyataannya, sutradara fiilm Lembayung itu menjelaskan kalau perselingkuhan sang istri terungkap ketika dirinya tahu ada riwayat telepon antara Paula dengan teman dekatnya. Kontak teman Baim tersebut juga disebut sengaja diganti.

"Saya nggak nyangkanya ketika saya mengetahui ada telepon laki-laki itu diganti sama pihak perempuan. Ya, kalian semua kalau ada di posisi itu berat sekali karena maaf saya tidak tahu mereka itu ngapain. Saya juga tidak mau suuzan," kata Baim.

"Ini udah satu tahun ketidakjujuran itu ada. Saya sendiri juga kadang-kadang suka nggak percaya, jangankan kalian, saya juga nggak percaya apa yang terjadi sama saya karena saya selama ini cuman menahan semuanya selama satu tahun," jelasnya dengan wajah yang tak sanggup membendung air mata. 

3. Perbedaan sifat juga jadi alasan

instagram.com/paula_verhoeven

Selain adanya isu perselingkuhan, Baim mengaku sempat berada pada titik tidak kuat meneruskan rumah tangganya karena sifat Paula. Keduanya sering bertengkar karena perbedaan pendapat.

"Saya waktu itu udah nggak kuat, tapi bukan masalah ini, tapi masalah sifat. Saya sayang ke orang tua dia dan saya bilang kalau saya itu sudah tidak bisa," aku Baim.

Kala itu, Baim masih menaruh harap rumah tangganya dengan Paula masih dapat terselamatkan. Nyatanya, kini Baim justru merasa dikhianati oleh orang-orang terdekatnya dan sepertinya tak sanggup untuk melanjutkannya lagi.

"Saya coba lagi, bilang sama dia, terakhir ya terakhir. Ya setelah terakhir itu, tiba-tiba ya begini," ucap Baim Wong.

4. Bantah pelit pada Paula

instagram.com/paula_verhoeven

Selain mengungkap adanya dugaan perselingkuhan serta perbedaan sifat, Baim Wong juga membantah tudingan kalau dirinya pelit pada Paula. Aktor berusia 43 tahun ini mengaku bingung dengan tuduhan pelit yang dilontarkan pada dirinya.

Menurutnya, selama menjalin rumah tangga sejak 2018 lalu, Baim kerap memberikan uang bulanan kepada orang tua Paula. Ia juga mengaku nominal uang bulanan yang dikirim ke orang tua Paula lebih besar dari uang bulanan yang dikirim ke orang tuanya sendiri.

"Saya jujur selama hidup saya, saya itu baru dibilang pelit sama satu orang, yaitu istri saya sendiri, saya juga sampai bingung. Saya nggak pernah dibilang pelit sama orang selama hidup saya. Kalau saya pelit, bagaimana mungkin saya menafkahi keluarga dia? Tanggungannya itu ada di saya. Orang tuanya pun setiap bulan saya kasih melebihi dengan orang tua saya," kata Baim Wong.

Baim juga turut membantu adik-adik Paula dengan mempekerjakannya. Ia mengaku tulus membantu adik-adik iparnya itu dan tidak berharap keuntungan secara materi. Selain itu, Baim menegaskan dirinya tidak pernah sepeser pun mengambil uang Paula.

"Adiknya dipekerjakan di sini, adiknya yang satu lagi juga saya menyiasati untuk YouTube tanpa saya ambil uangnya sama sekali'," kata Baim.

"Kalau kalian mau tahu semuanya di sini, uang saya itu masuk ke perusahaan, tapi uangnya Paula itu punyanya dia, saya nggak ambil satu rupiah pun uangnya dia," tegasnya.

5. Sudah 7 bulan pisah rumah

instagram.com/paula_verhoeven

Beberapa waktu lalu Baim Wong mengaku kalau sang istri pergi ibadah ke Tanah Suci tanpa seizinnya. Bahkan, ia sendiri pun tak tahu akan hal tersebut. Tentu netizen menjadi curiga apakah pasangan yang dikaruniai dua anak itu sudah berpisah rumah. 

Dalam jumpa pers pada Selasa (8/10/2024) kemarin, Baim akhirnya mengakui kalau ia dan Paula telah tinggal terpisah selama 7 bulan. Baim sendiri yang memilih pergi dari rumah yang mereka tinggali. 

"Iya saya sudah pisah rumah dan saya memilih untuk pergi dari rumah tersebut," ungkap Baim Wong.

6. Minta hak asuh anak

instagram.com/paula_verhoeven

Dalam gugatan cerainya, selain memohon izin untuk bercerai, Baim juga meminta hak asuh untuk kedua anaknya yang masih kecil, Kiano dan Kenzo. Sementara untuk harta gono-gini tak termasuk dalam poin gugatan tersebut.

"Mengajukan gugatan cerai talak dan hak asuh anak. Pemohon untuk diberikan izin mengucap talak kepada istrinya. Pemohon juga meminta untuk menjadi pengasuh anak dari termohon," ungkap Taslimah, Humas Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

"Pemohon meminta kepada pengadilan agar ditunjuk sebagai pengasuh dan pemelihara dari anak tersebut berada di dalam asuhan dari pemohon. Anaknya-anaknya. Yang terdaftar di kepaniteraan Pengadilan Agama Jakarta Selatan, untuk perkara tersebut hanya untuk minta diberi izin cerai serta meminta ditunjuk sebagai pengasuh dari 2 anak pemohon dengan termohon tersebut. Selain itu nggak ada,” jelasnya.

7. Sidang pertama 23 Oktober 2024 mendatang

instagram.com/paula_verhoeven

Menurut pernyataan Taslimah, sidang perdana perceraian Baim dan Paula akan berlangsung pada 23 Oktober 2024 mendatang. Agendanya berupa mediasi dan kedua belah pihak diwajibkan untuk hadir.

"Untuk agenda sidang perdana sudah terjadwal. Sidang akan digelar pada 23 Oktober 2024," ujar Taslimah.

Dikonfirmasi langsung oleh kuasa hukum Baim, Fahmi Bachmid, ia mengonfirmasi pihaknya bakal hadir dalam sidang cerai perdana.

"Wajib datang karena berdasarkan UU Peradilan Agama, berdasarkan Mahkamah Agung wajib dihadirkan pihak prinsipal, baik perkara cerai maupun perkara yang lain," kata Fahmi.

"InsyaAllah dia (Baim) hadir," lanjutnya.

"Iya, insyaAllah (hadir)," timpal Baim Wong.

8. Sempat diskusi dengan sang ayah sebelum ajukan cerai

instagram.com/paula_verhoeven

Meski diakui masih tak percaya dan bertanya-tanya apakah yang ia lakukan ini adalah hal yang benar, Baim memastikan bahwa keputusannya ini sudah dipertimbangkan dengan matang. Keputusan menalak cerai Paula Verhoeven tak diambil secara mendadak, melainkan dipikirkan secara matang dan sudah berkonsultasi ke keluarga.

Aktor kelahiran 1981 itu juga menanyakan kepada sang ayah tentang keputusan yang harus ditempuhnya. Keluarganya berpendapat kalau masalah tersebut harus diselesaikan.

"Saya tanya 'Harus gimana, ini begini?', mereka bilang 'Selesaikan'. Saya juga bertanya ke ayah saya. Kunci kehidupan saya dalam hidup, saya selalu bertanya ke orang tua. Putusan dia adalah putusan saya. Ibu saya udah nggak ada, ayah saya bilang, 'Selesaikan. Mau bukti apa lagi, Baim?' Akhirnya saya datang ke dia (Paula)," cerita Baim.

Itulah 8 poin klarifikasi Baim Wong tentang perceraiannya dengan Paula Verhoeven. Bagaimana menurutmu, Bela?

IDN Channels

Latest from Married